Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & Trik3 Cara Aman Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-jari

    3 Cara Aman Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-jari

    Ban tubeless bisa dipasang pada velg jari-jari, asal dilakukan dengan cara yang tepar!

    News.OLX – Ban tubeless atau yang dikenal dengan sebutan tubles, adalah jenis ban yang saat ini banyak digunakan kendaraan bermotor. Tidak hanya memiliki daya tahan lebih baik pada kebocoran, ban jenis ini juga dinilai lebih nyaman digunakan.

    Sebelum itu, kamu wajib memahami cara aman pasang ban tubeless untuk kendaraan. Cara aman pasang ban tubless di velg jari-jari tentu menjadi solusi bagi para biker yang gemar tampil kinclong pada kendaraannya.

    Namun, hal tersebut belum banyak diketahui lantaran ban tubeless lebih cocok dipasang dengan velg tipe racing. Sebagai informasi, ban tubeless di velg jari-jari masih menyisakan rongga.

    Sehingga, udara dalam ban akan lebih mudah keluar saat digunakan. Oleh karena itu, kamu  perlu mengetahui tips aman pasang ban tubeless di velg jari-jari yang aman dan mudah.

    1. Menggunakan manset

    Manset merupakan karet khusus untuk menutup jeruji dibalik velg jari-jari atau sebagai penutup celah pada bagian yang sudah berkarat. Manset ini bisa didapatkan di toko ban dengan harga yang cukup murah, hanya sekitar Rp 20.000 saja.

    Penggunaan manset sendiri diaplikasikan di bagian dalam velg. Sehingga, velg jari-jari bisa menggunakan ban tubeless dengan baik tanpa ada kebocoran.

    2. Menggunakan sealant

    Untuk penggunaan sealant sendiri kamu perlu lem silikon, aplikator, dan hair dryer untuk proses pengeringannya nanti. Caranya cukup mudah, oleskan lem silikon di bagian tengah velg jari-jari dan pastikan lubang pentil tidak tertutup lem.

    Keringkan dengan hair dryer, kemudian pasang ban tubeless ke velg tersebut. Untuk memastikan tidak ada kebocoran, gunakan cairan anti bocor di bagian dalam untuk berjaga-jaga bilamana ada lem yang terkelupas.

    Ban Tubeless (1)

    3. Menggunakan dan dalam

    Cara aman pasang ban tubeless untuk kendaraan selanjutnya adalah dengan menggunakan ban dalam. Ban bisa menggunakan ukuran 14 inci untuk motor matic atau menyesuaikan untuk kendaraan lain, karena ukuran ini dapat menguatkan ban dengan velgnya.

    Potong bagian tengah ban dalam, kemudian masukkan ke velg jari-jari. Lubang-lubang di jari-jari velg akan tertutup karena ban dalam lebih kecil.

    Pasang ban luar dengan membiarkan ban dalam matic yang dipasang sebelumnya keluar bagian velg, sehingga berfungsi sebagai penyegel.

    Itulah ketiga cara aman pasang ban tubeless untuk kendaraan. Sebenarnya jika kamu ragu-ragu untuk melakukannya sendiri, kamu lebih disarankan untuk membawanya langsung ke bengkel terpercaya.

    Namun jika memang ingin dicoba sendiri, pastikan cermat dan pahami risikonya ya! Melalui artikel ini, tentu kamu bisa pasang ban tubeless dengan lebih mudah dan aman bukan?

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait