Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & Trik3 Penyebab Air Meluap dari Keramik

    3 Penyebab Air Meluap dari Keramik

    Keramik merembes bisa jadi masalah yang serius. Ketahui penyebab air meluap dari keramik!

    News.OLX – Keramik yang tiba-tiba mengalami rembesan bisa jadi adalah indikasi terjadi masalah cukup serius. Jika kamu tidak menemukan dan mengatasi masalahnya dengan cepat, kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan lantai.

    Masalah lainnya adalah kelembaban yang dapat menimbulkan jamur dan hama. Nah, Air merembes melalui lantai kayu, lantai basement, atau lantai beton dapat disebabkan oleh beberapa masalah berikut ini:

    1. Kebocoran Lantai

    Terkadang kebocoran terjadi bukan pada plafon melainkan pada lantai itu sendiri. Penyebab air rembes dari keramik bisa sangat sulit ditemukan tanpa peralatan yang tepat, namun jika kamu melihat air di permukaan, hal ini dapat mempermudah pekerjaan tersebut.

    Pipa bisa saja pecah karena korosi, pemasangan yang buruk dan kerusakan akibat suhu beku. Air yang keluar dari pipa yang rusak dapat naik melalui lantai dan masuk ke rumah kamu.

    Awasi meteran air kamu dan gunakan katup penghenti eksternal dan internal untuk menghentikan aliran air ke rumah kamu. Jika meteran kamu tidak bergerak, maka kemungkinan besar bahwa penyebabnya adalah pipa yang rusak atau pemanas di bawah lantai yang rusak. 

    Jika kamu menduga air yang keluar melalui keramik disebabkan oleh pipa yang pecah, kamu harus menghubungi ahli pendeteksi kebocoran sesegera mungkin.

    2. Permukaan Air Naik

    Meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan permukaan air dan menyebabkan tanah menjadi sangat jenuh dalam waktu lama. Hal ini dapat memberi tekanan pada pondasi rumah kamu dan menyebabkan air merembes melalui kerusakan apa pun.

    Sayangnya, beton pun bisa retak seiring berjalannya waktu karena pengendapan atau pergeseran tanah di bawah rumah kamu. Retakan ini mungkin berukuran sangat kecil, bahkan mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun masih memungkinkan air masuk.

    Jika kamu menduga ini adalah penyebab air rembes dari keramik, hubungi ahli perbaikan pondasi untuk menilai situasinya dan merekomendasikan solusi.

    keramik (2)

    3. Pemasangan Lantai Tidak Baik

    Keramik yang rusak atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan air merembes masuk. Lantai ubin dengan nat yang retak akan memungkinkan air merembes melalui celah-celah tersebut dan merusak lantai bawah.

    Untuk itu, tambal celah tersebut dengan semen atau perekat khusus yang beredar di toko bangunan. Kamu bisa melakukannya sendiri, atau meminta bantuan orang yang bisa mengerjakan pekerjaan bangunan tersebut.

    Air yang merembes melalui keramik dapat menimbulkan efek yang bervariasi. Jika air terus merembes melalui lantai, maka akan menyebabkan kerusakan pada material bangunan di bawahnya. Kerusakan struktural dapat berupa lempengan beton yang hancur, kayu yang membusuk atau logam yang berkarat. 

    Rembesan air juga dapat menciptakan lingkungan lembab yang kondusif bagi tumbuhnya jamur dan lumut. Jamur ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

    Mau tahu tempat cocok untuk mendapatkan alat untuk perawatan keramik terbaik? Kamu bisa menemukannya di OLX. Saatnya download aplikasi OLX lewat Play Store dan App Store, sekarang!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait