Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Berita400 Unit Chery OMODA E5 Selesai Dirakit Januari 2024, Konsumen Terima Unit...

    400 Unit Chery OMODA E5 Selesai Dirakit Januari 2024, Konsumen Terima Unit di Kuartal Pertama

    “Kesiapan produksi perdana Chery OMODA E5 ini kami sampaikan secara langsung kepada Pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.”

    News.OLX – Setahun Chery masuk ke Indonesia, perkembangannya terbilang cukup luar biasa. Dari sisi penjualan, merek mobil ini sudah berhasil bertengger di peringkat 9 merek mobil dengan penjualan terbanyak menurut data GAIKINDO.

    Saat ini Chery Sales Indonesia (CIS) telah mengumumkan rencananya untuk merakit kendaraannya di Indonesia pada bulan Desember tahun ini. 

    Rencana ini diketahui setelah pertemuan antara Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada akhir November kemarin.

    PT Handal Indonesia Motor (HIM) menjadi pihak yang dipercaya oleh Chery untuk merakit produk-produknya, termasuk kendaraan listrik pertama Chery yang sudah siap dipasarkan di Tanah Air, Chery OMODA E5 dengan jaminan kualitas produk yang sesuai standar global Chery.

    “Kesiapan produksi perdana Chery OMODA E5 ini kami sampaikan secara langsung kepada Pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers.

    Sementara itu, Rifki Setiawan, Marketing General Manager PT Chery Sales Indonesia mengaku kendaraan listrik Chery yang dirakit di Indonesia akan diterima konsumen di kuartal pertama tahun depan. 

    “Sekitar 400 unit Chery OMODA E5 akan diproduksi sampai bulan Januari nanti, dan pada kuartal pertama tahun depan unit sudah bisa kami delivery ke konsumen,” tegas Rifki Setiawan saat hadir di acara diskusi bersama FORWOT, Minggu (3/12/2023) di The Pelangi Hotels & Resort, Bogor, Jawa Barat.

    Sebagai awalan, Rifki mengaku masih menggandeng pihak Handal Indonesia Motor dalam merakit produk unggulan Chery yang dijual di Indonesia, hingga nanti Chery memiliki pabrik sendiri di Tanah Air. 

    “Siapapun bisa bergabung sebagai local assembly Chery, tapi kita tidak punya rencana untuk mempermanenkan kerjasama tersebut, karena kedepannya kita akan punya fasilitas produksi sendiri,” lanjutnya. 

    Komitmen Chery ini sudah jelas setelah kedatangan Yin Tongyue​​, founder Chery ke Indonesia dan sudah menandatangani MoU dengan Menteri Perindustrian terkait soal investasi. 

    Nantinya, pabrik Chery di Indonesia ini sendiri tidak hanya memproduksi mobil Chery untuk menutupi kebutuhan pasar domestik saja, tapi juga untuk diekspor ke berbagai negara, khususnya di kawasan South East Asia.

    “Kita punya opportunity kesana, karena kita bakal menjadi basis produksi mobil Chery dengan setir kanan serta basis produksi untuk kawasan South East Asia,” yakinnya. 

    Handal Indonesia Motors sendiri merupakan perusahaan assembly mobil yang fasilitas produksinya sendiri berada di daerah Pondok Ungu, Bekasi dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per bulan.

    Ini merupakan kali pertama Chery melakukan produksi CKD di Indonesia dan untuk selanjutnya merek mobil asal Tiongkok ini siap menciptakan market di negara Australia dan Thailand karena demand sudah ada dari kedua negara tersebut. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait