Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dinding Rumah Makin Cantik!

    5 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dinding Rumah Makin Cantik!

    Tanaman rambat di dinding dapat jadi alternatif agar membuat tampilan rumah semakin cantik.

    News.OLX – Meskipun rumah terasa polos, memberikan sentuhan tanaman terkadang bisa mengubah tampilan menjadi luar biasa cantik, lho. Terutama kalau kamu menambahkan jenis tanaman rambat dinding.

    Kamu bisa menambahkan dedaunan maupun bunga rambat pada tembok rumah. Namun, tidak semua jenis bisa cocok untuk tembok rumah, ya. Agar tidak salah pilih, kamu bisa lihat beberapa rekomendasi di bawah ini!

    1. Tanaman Rambat Hias Morning Glory

    Morning Glory jadi salah satu jenis tanaman rambat dinding yang cukup banyak dipilih untuk mempercantik tembok rumah. Pasalnya, bunga yang satu ini memiliki warna yang cerah dan tidak terlalu padat.

    Nah, sesuai namanya, bunga yang satu ini hanya mekar saat matahari bersinar, yaitu di pagi sampai sore hari. 

    Menariknya, bunga rambat yang satu ini ternyata bisa melindungi tembok rumah kamu dari suhu panas dan air saat hujan, lho. Sayangnya, umur Morning Glory ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 1 tahun. 

    2. Star Jasmine

    Terkadang, menanam bunga yang aromatik di rumah bisa jadi salah satu terapi untuk kamu, lho. Nah, Star Jasmine adalah salah satu bunga rambat yang punya aroma manis dan menenangkan.

    Sama seperti Morning Glory, Star Jasmine ini sangat menyukai matahari. Bunga ini akan bertumbuh dengan baik ketika mendapatkan asupan sinar matahari yang berlimpah.

    Karena itu, Star Jasmine akan sangat cocok untuk menghiasi tembok rumah yang terpapar sinar matahari. Namun, pertumbuhan Star Jasmine untuk tampil cantik dan rimbun ini butuh waktu yang cukup lama. 

    3. Tanaman Hias Firecracker Vine

    Kalau kamu ingin mencari bunga yang menjuntai ke bawah dari atas tembok, Firecracker atau bunga Air Mancur jadi opsi terbaik. Sesuai namanya, bunga ini akan tumbuh dari atas dan turun menjuntai ke bawah seperti air mancur.

    Warnanya yang merah terang dengan bentuknya yang seperti tabung, membuat tampilan bunga yang satu ini semakin cantik. Ukuran bunganya pun tidak terlalu besar, hanya sekitar 3cm.

    Nah, menariknya, Firecracker tidak hanya membuat rumah jadi tampak cerah, melainkan juga bisa menyaring udara kotor dan menghasilkan O2. Perawatannya pun tidak sulit, cukup letakkan di area yang terkena sinar matahari dan siram sekali dalam sehari.

    tanaman1

    4. Virginia Creeper

    Jenis tanaman rambat dinding selanjutnya yang bisa kamu pelihara adalah Virginia Creeper. Berbeda dengan ketiga bunga di atas, tanaman yang satu ini lebih banyak menampilkan daun.

    Hal ini karena bunganya yang berukuran kecil dan berbentuk kuncup. Sehingga, ini akan sangat cocok buat kamu yang ingin suasana dedaunan di tembok. Selain itu, Virginia Creeper ini juga bisa kamu letakkan di tembok mana saja.

    Namun, sebagai catatan, tumbuhan yang satu ini tidak terlalu disarankan untuk kamu tanam di area dekat jendela atau talang air. Hal ini karena Virginia Creeper cenderung dapat merusak tembok dan mengikat benda dengan erat.

    5. Tanaman Hias String of Pearls

    Terakhir, ada tumbuhan String of Pearls yang cukup sering digunakan sebagai hiasan gantung di teras rumah. Tumbuhan dengan nama latin Senecio Rowleyanus ini memiliki bentuk daun yang kecil dan bulat, persis seperti mutiara.

    Warnanya yang hijau dan jumlahnya yang padat lalu jarang di bagian bawah membuatnya sangat cocok kamu letakkan di tembok rumah. Namun, perawatan String of Pearls ini butuh pengetahuan.

    Tumbuhan ini juga tidak menyukai matahari secara langsung karena bisa membuatnya kering. Karena itu juga, kamu tidak perlu menyiramnya terlalu sering, cukup satu atau dua kali dalam seminggu.

    Demikian beberapa rekomendasi tanaman rambat yang bisa kamu pelihara untuk mempercantik dinding rumah. Namun, kamu harus perhatikan karena tidak semua tumbuhan di atas bisa kamu tanam di tembok yang terkena sinar matahari.

    Kalau ingin mencari penyokong untuk tumbuhan rambat atau tukang kebun untuk menanamnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait