Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Tips Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan

    5 Tips Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan

    “Fastwax hadir memberikan tips merawat bodi mobil di musim hujan agar dapat terus menjaga, merawat dan mempertahankan penampilan terbaiknya,” ujar Reeza.

    News.OLX – Musim hujan jangan sampai jadi penghalang aktivitas harian. Tetap ngantor, pergi kuliah, meeting dengan client, semua tetap harus dijalani seperti biasanya.

    Bagi pemilik kendaraan, motor maupun mobil, musim hujan seperti saat ini kadang menjadi sebuah batu sandungan untuk beraktivitas.

    Bukan soal hujannya yang dipermasalahkan, akan tetapi urusan penampilan kendaraan yang dikhawatirkan. Karena gak mau mobil atau motor kelihatan kotor karena terkena cipratan air saat di jalan, akhirnya banyak diantaranya yang mager.

    Memang sih, mobil dan kendaraan lainnya sangat rentan dengan air hujan. Selain membuat mobil mudah kotor, kalau dibiarkan lama-lama, air hujan yang nempel di permukaan cat dan kaca mobil jadi penyebab utama tumbuhnya jamur. 

    Belum lagi kandungan zat asam dari air hujan yang dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan timbulnya karat.

    Intinya, kendaraan yang sering diguyur hujan dan pemiliknya malas untuk membersihkan, bisa memberikan dampak yang buruk.

    “Yang perlu kita ketahui bersama adalah bahwa Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil kita. Oleh karena itu, sebaiknya langsung dicuci dan dibersihkan karena zat asam membuat cat kusam dan berjamur,” saran Reeza Budhisurya, Director Optimo Indonesia.

    Optimo Indonesia sendiri mengaku punya solusi bagi pemilik kendaraan yang menginginkan permukaan body dan kaca mobil mereka tetap terjaga kelihatan kinclong.

    “Fastwax hadir memberikan solusi perawatan cat bodi mobil dan motor menyeluruh melalui produk-produk perawatan pembersih agar pelanggan dapat terus menjaga, merawat dan mempertahankan penampilan terbaiknya,” ujar Reeza.

    Tak hanya berusaha mempromosikan produk Fastwax, ia juga memberikan tips merawat bodi, khususnya cat kendaraan di musim hujan seperti sekarang.

    Berikut 5 tips merawat bodi kendaraan di musim hujan

    Cuci mobil setelah terkena air hujan

    Jangan anggap remeh air hujan dan jangan sampai dibiarkan mengering dengan sendirinya di permukaan bodi dan kaca mobil. Zat asam yang terkandung di air hujan memicu munculnya jamur dan juga karat. Sebaiknya mobil langsung dicuci dan dilap sampai kering. Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil.

    Cek bagian dalam mesin mobil

    Selanjutnya, lakukan pengecekan pada bagian dalam mesin mobil.  Sebab air hujan bisa saja masuk ke bagian celah-celah mobil yang sempit sekalipun seperti pada mesin dalam mobil. Oleh karena itu, jangan mengabaikan mesin mobil yang terkena air hujan. Bisa-bisa mobil dapat mogok atau mati mendadak.

    Gunakan karpet atau alas mobil

    Pada musim hujan biasanya lantai mobil cenderung akan basah ketika pengemudi atau penumpang masuk dengan alas kaki yang basah. Hal ini yang dapat menimbulkan jamur di lantai mobil. Untuk mencegah mobil menjadi kotor, lebih baik gunakan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil.

    Gunakan wax atau cairan pembersih

    Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus. Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif.

    Ketika menggunakan wax cair, Anda harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

    Fastwax hadir sebagai pelengkap perlindungan menyeluruh pada bodi kendaraan. Permukaan bodi mobil yang sudah dilapisi produk Fastwax akan aman karena air hujan yang menempel di bodi mobil akan langsung turun dan tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama.

    Lebih dari itu Fastwax dibuat dengan melalui penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun, diuji secara ekstensif dan aman untuk semua jenis cat termasuk clear coat modern, gel coat untuk kapal dan kendaraan dengan perlindungan cat duco.

    Bahkan Fastwax dapat membantu menghilangkan oksidasi dan mengembalikan cat yang pudar. Fastwax tidak mengandung alkohol dan Amonia, tidak mengandung Teflon atau CFC (chlorofluorocarbon) yang berbahaya bagi lingkungan.

    Parkir mobil di tempat yang tertutup

    Tips terakhir, adalah memarkir kendaraan di tempat yang tertutup. Dengan begitu, mobil yang sudah kering dan bersih tadi tidak akan kotor lagi. Kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, sebaiknya dilindungi dengan cover mobil.

    Nah, itulah tips dan trik sederhana menjaga kondisi mobil, khususnya pada bagian eksterior agar tetap terjaga meski harus setiap hari menemani aktivitas di musim hujan.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar tips dan trik otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait