Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Cara Mengatasi Saluran Air Kamar Mandi yang Mampet

    7 Cara Mengatasi Saluran Air Kamar Mandi yang Mampet

    Kamar mandi sering mengalami masalah saluran air yang mampet. Cari tahu cara mengatasinya di sini agar bebas dari problem tersebut.

    News.OLX – Ketika saluran air kamar mandi mampet, ini jelas sangat mengganggu aktivitas kamu. Selain itu, biasanya juga menimbulkan aroma yang kurang sedap.

    Penyebab masalah kamar mandi yang satu ini sebetulnya cukup beragam. Misalnya seperti ada sampah yang tersangkut atau gumpalan rambut yang menyumbat. Supaya kembali lancar, kamu bisa coba beberapa tips di bawah ini!

    kamar mandi (4)

    1. Gunakan Tangan untuk Mengambil Barang yang Menyumbat

    Tips pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi saluran air kamar mandi mampet adalah dengan menggunakan tangan. Terkadang, ada beberapa kotoran yang masih menyangkut di bagian atas.

    Bila seperti ini, kamu bisa ambil saja langsung dengan menggunakan tangan. Namun, sebelum mengambilnya, sebaiknya kamu gunakan sarung tangan lebih dulu. Selain menggunakan tangan langsung, kamu juga bisa menggunakan hanger untuk mengambilnya.

    2. Tuangkan Air Panas

    Seringkali, kotoran yang menyumbat ini berupa endapan sabun atau lemak di bagian bawah. Untuk kasus seperti ini, tentu kamu tidak bisa membersihkannya hanya dengan tangan kosong.

    Kamu bisa tuangkan air panas ke lubang saluran untuk menghancurkan endapan lemak yang mengendap di bagian bawah. Pastikan kamu menuangnya dengan hati-hati agar tidak terkena percikan air panas.

    3. Masukkan Campuran Baking Soda dan Cuka 

    Bila air panas belum cukup ampuh, kamu bisa coba campuran baking soda dan cuka. Sifat basa dari baking soda dan asam dari cuka ini bisa menghancurkan endapan kotoran pada saluran air.

    Cukup buat campuran dari keduanya. Lalu, masukkan campuran tersebut ke dalam saluran dan biarkan untuk beberapa saat. Setelah itu, siram air panas ke dalamnya untuk meluruhkan sisa-sisa kotoran yang menempel.

    4. Gunakan Campuran Baking Soda dan Lemon 

    Kalau kamu tidak memiliki cuka masak di rumah, kamu bisa gunakan lemon sebagai penghasil asam. Cara kerjanya sama seperti poin sebelumnya, kamu hanya perlu mencampurkan keduanya dengan perbandingan 1:1.

    Setelah itu, masukkan campuran tersebut ke lubang dan biarkan untuk beberapa jam. Jika sudah, kamu bisa menyiramnya dengan air panas. Agar hasil lebih maksimal, lakukanlah tahapan ini beberapa kali.

    5. Masukkan Soda Api ke Lubang Air 

    Terkadang, ada beberapa jenis kotoran yang memang sulit kamu luruhkan. Untuk kotoran yang sangat membandel, coba gunakan soda api.

    Namun, soda api ini sedikit berbahaya kalau langsung terkena tangan. Untuk itu, gunakanlah sarung tangan yang tebal dan aman. Selain itu, gunakan juga air panas untuk membantu meluruhkan kotoran yang mengendap.

    6. Tuangkan Cairan Pembersih Khusus 

    Selain soda api, kamu juga bisa gunakan cairan pembersih khusus untuk meluruhkan kotoran yang cukup sulit dibersihkan. Kamu hanya perlu menuangkannya ke lubang dan tunggu beberapa saat.

    Ada banyak merek yang bisa kamu pilih seperti Green Gobbler, ACE dan sebagainya. Cairan ini bisa kamu temukan secara online dengan harga yang beragam. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

    7. Ambil Kotoran dengan Drain Auger 

    Cara terakhir untuk atasi saluran air kamar mandi mampet adalah dengan menggunakan drain auger. Ini merupakan alat yang memang khusus untuk membersihkan pipa atau saluran.

    Bentuknya sendiri berupa kabel dengan pengait di bagian ujungnya. Kamu bisa masukkan alat ini ke lubang dan ambil kotoran yang ada seperti gumpalan rambut. Lakukan terus hingga saluran bersih.

    Ketujuh tips di atas bisa kamu coba satu per satu untuk menyelesaikan masalah saluran air di kamar mandi. Namun, pastikan kamu sudah gunakan sarung tangan lebih dulu.

    Jika kamu ingin mencari peralatan untuk membersihkan kamar mandi, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait