Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    InformasiAda Kode DOT pada Minyak Rem, Apa Artinya?

    Ada Kode DOT pada Minyak Rem, Apa Artinya?

    Ini perbedaan dari setiap kode DOT pada minyak rem.

    News.OLX – Kamu mungkin pernah melihat kode DOT di setiap kemasan minyak rem atau cairan rem.Kode tersebut ada yang tertulis DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.

    Kode-kode pada minyak rem ini sebenarnya memiliki arti khusus, dan dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaannya masing-masing.

    Apa itu DOT dan artinya?

    DOT adalah kepanjangan dari Department of Transportation atau Departemen Transportasi. Departemen ini di Amerika Serikat menetapkan standar untuk minyak rem, dan setiap angka di belakang kode DOT menunjukkan boiling point atau titik didihnya.

    Minyak rem DOT 3: sifat dan penggunaan

    Minyak rem DOT 3 memiliki titik didih sekitar 205°C dan menggunakan bahan dasar glikol eter. Karena titik didihnya yang tinggi, minyak rem ini memberikan performa yang aman dan konsisten pada tekanan pengereman tinggi. 

    Proteksinya terhadap korosi juga baik, menjadikannya pilihan ideal untuk kendaraan berat, motor, dan kendaraan penumpang 4WD.

    Minyak rem (1)

    Minyak rem DOT 4: performa dan keamanan

    Mirip dengan DOT 3, minyak rem DOT 4 menggunakan bahan dasar glikol eter, tetapi memiliki titik didih yang sedikit lebih tinggi, yakni sekitar 230°C. 

    Meskipun demikian, minyak rem DOT 4 lebih rentan menyerap air, dan pemilik kendaraan disarankan menggunakan minyak rem ini sesuai petunjuk pabrikan.

    Minyak rem DOT 5: khusus untuk rotor rem

    Minyak rem DOT 5 terbuat dari silikon dan memiliki titik didih tertinggi, yakni 260°C. Ideal untuk mobil dengan rotor rem yang kecil dan tipis, minyak rem ini tidak menyerap kelembapan dan tidak merusak cat. Kestabilannya pada suhu ekstrim membuatnya menjadi pilihan yang baik.

    Pemilihan minyak rem yang tepat

    Minyak rem DOT 4 dan 3 umumnya menjadi pilihan standar untuk mobil. Selain harganya yang terjangkau, keduanya memberikan performa yang baik dan aman untuk pengemudi yang tidak melakukan pengereman berlebihan. 

    Maka dari itu pastikan untuk memilih tipe minyak rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil kamu untuk menjaga sistem pengereman berfungsi dengan optimal.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait