Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAki Soak, Mending Mana Cas Aki Mobil atau Beli Baru?

    Aki Soak, Mending Mana Cas Aki Mobil atau Beli Baru?

    Aki mobil soak? Tidak bisa distarter, padahal lagi buru-buru? Simak yuk apakah mending cas aki mobil atau beli baru!

    News.OLX – Aki mobil soak terjadi ketika aki tidak lagi mampu menyimpan dan menyuplai daya listrik. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor, seperti undercharging, overcharging, korsleting, dan lain-lain. Saat menghadapi situasi ini, pemilik kendaraan sering dihadapkan pada dua opsi: cas aki mobil atau ganti aki baru.

    Di antara dua pilihan tersebut, manakah yang lebih disarankan?

    Bolehkah Cas Aki Mobil Soak? Ini Faktanya

    Pada prinsipnya, aki mobil bisa kamu isi ulang.

    Namun, perlu dicatat bahwa ada persyaratan tertentu yang harus terpenuhi agar aki mobil dapat dicas, yaitu ketika daya aki melemah. Keadaan ini umumnya terjadi ketika kamu tidak menggunakan kendaraan dalam jangka waktu yang lama, atau apabila mobil mengalami masalah mesin.

    Jika aki mobil soak atau rusak karena telah melewati batas umur normalnya, maka cas aki mobil tidak akan memungkinkan. Penyebabnya adalah karena aki tersebut sudah tidak mampu lagi menyimpan energi listrik, yang biang keladinya adalah kerusakan pada komponen internal aki.

    Pada kasus aki mobil yang rusak parah, metode cas aki mobil tidak disarankan. Dengan begitu, opsi terbaik adalah mengganti aki dengan yang baru untuk memastikan kembali kinerja yang andal.

    cas aki mobil (1)

    Ciri-Ciri Aki Soak

    Tidak sulit untuk mengenali aki soak. Beberapa ciri-ciri umum aki soak di antaranya:

    1. Mesin mobil sulit menyala
    2. Lampu redup, berkedip, atau bahkan mati saat mesin dihidupkan
    3. Terdengar suara “klik-klik” saat mencoba menyalakan mesin
    4. Ada bau asam atau bau yang tidak biasa dari aki
    5. Casing aki membengkak atau menyusut

    Aki kendaraan yang lebih sering dalam keadaan tidak aktif justru dapat mengalami “penuaan” lebih cepat. Dalam kondisi ini, aki mobil rata-rata memiliki usia pemakaian sekitar 3-5 tahun.

    Sementara itu, pada kendaraan yang rutin digunakan dan dicas, aki justru lebih panjang umur. Aki dapat bertahan antara 4 hingga 6 tahun atau lebih. Namun, ini juga tergantung pada kualitas aki, kondisi charging, dan pemeliharaan yang baik.

    Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Cepat Soak

    Aki mobil tentu akan lebih awet apabila kamu rajin merawatnya. Sebetulnya, cara merawat aki tidaklah sulit, tetapi perlu kecermatan.

    1. Panaskan Mesin Hanya saat Diperlukan

    Berbeda dari anggapan umum, untuk menghindari aki mobil tekor sebaiknya jangan memanaskan mobil setiap hari. Trik ini sebenarnya justru bisa merugikan. Akan tetapi, kalau itu hanya untuk beberapa saat, maka hal ini dapat membantu memulai proses pengisian ulang aki, apalagi dalam kondisi cuaca dingin.

    2. Pilih Aki sesuai Kendaraan

    Pemilihan aki yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kendaraan sangat penting. Pastikan untuk menggunakan aki dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan mesin dan sistem listrik kendaraan. Tak kalah penting, pertimbangkan juga tipe aki (maintenance-free atau aki yang dapat di-charge), ukuran, dan jenis teknologi aki.

    3. Bersihkan Aki Secara Rutin

    Untuk mencegah penumpukan kotoran, karat, atau endapan yang dapat menghambat aliran listrik hingga mengakibatkan korsleting, maka jangan lupa untuk membersihkan aki secara rutin. Bersihkan terminal positif dan negatif aki dengan sikat aki khusus. Selain itu, periksa apakah terminal terhubung dengan kuat.

    4. Pilih Air Aki yang Sesuai

    Kalau kamu menggunakan aki yang bisa dicas, ingat untuk memilih air aki yang sesuai. Dengan kata lain, gunakan air aki bebas mineral atau air destilasi untuk mengisi sel aki. Sebaliknya, jangan asal menggunakan air keran karena dapat berisiko merusak sel aki.

    Jadi, cas aki mobil sebenarnya cuma efektif untuk aki kering. Apabila aki mobil terlanjur rusak, lebih bijaksana untuk langsung menggantinya.

    Bagaimanapun juga, prinsip “mencegah lebih baik daripada mengobati” tetap berlaku. Oleh karena itu, berikan perawatan aki terbaik untuk menghindari biaya yang tidak perlu demi beli yang baru.

    Cari onderdil berkualitas? Cek OLX, gudangnya semua kebutuhan otomotif. Aplikasi OLX bikin belanja suku cadang mobil makin simpel, kapanpun dan dimanapun kamu berada. Yuk, segera download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait