Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Bedanya Oli Mesin dan Oli Gardan pada Motor Matic?

    Apa Bedanya Oli Mesin dan Oli Gardan pada Motor Matic?

    Oli mesin dan oli gardan punya fungsi berbeda. Namun, perbedaan di antara keduanya juga mencakup zat kandungan.

    News.OLX – Pada dasarnya, motor matic memiliki sistem transmisi otomatis yang mencakup komponen gardan atau differential, serupa dengan kendaraan bermotor modern lainnya. Oleh karena itu, motor matic biasanya membutuhkan dua jenis oli yang berbeda, yaitu oli mesin dan oli gardan.

    Hal yang normal kalau kamu tidak mengetahui perbedaan oli mesin dan oli gardan. Namun, pengetahuan tentang jenis oli dan perawatan kendaraan termasuk nilai plus. Dengan begitu, kamu jadi tahu jenis oli mana yang harus kamu gunakan dan kapan sebaiknya mengganti oli.

    Apa Itu Oli Mesin?

    Oli mesin, atau pelumas mesin, adalah jenis minyak atau cairan pelumas yang berguna melumasi dan melindungi berbagai komponen mesin.

    Pelumas mesin penting untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin yang bergerak satu sama lain, mengurangi keausan, dan mendinginkan mesin dengan mengangkut panas yang dihasilkan selama operasi.

    Penggantian pelumas mesin secara berkala penting untuk menjaga kesehatan mesin. Kalau motor matic digunakan dalam kondisi berat, seperti sering mengangkut beban berat atau mengemudi dalam lalu lintas kota yang padat, maka pelumas mesin harus diganti lebih sering.

    Jika tidak, maka dapat cepat menyebabkan keausan, memanaskan mesin, dan menyebabkan korosi pada komponen mesin.

    oli mesin (3) (1)

    Apa Itu Oli Gardan?

    Sebaliknya, oli gardan merupakan jenis pelumas khusus untuk sistem gardan. Gardan sendiri sebetulnya bagian dari sistem penggerak pada roda belakang. Fungsi utamanya yakni untuk memungkinkan roda-roda berputar pada kecepatan yang berbeda saat kendaraan berbelok.

    Pada dasarnya, oli gardan bekerja dalam melumasi dan melindungi komponen-komponen dalam gardan, seperti gigi, bearing, dan bagian-bagian lainnya. Dengan begitu, komponen-komponen ini dapat beroperasi dengan baik dan tahan terhadap tekanan dan gesekan yang terjadi selama kendaraan bergerak.

    Seperti halnya oli mesin, oli gardan juga perlu pemantauan untuk menentukan apa perlu melakukan penggantian secara berkala.

    Apa Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan?

    Oli mesin dan oli gardan memiliki perbedaan utama dalam fungsi dan lokasi aplikasinya di dalam motor matic.

    Pertama-tama, oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi komponen mesin seperti piston, camshaft, dan crankshaft. Sesuai namanya, pelumas ini terdapat di dalam bagian mesin kendaraan. Sebaliknya, oli gardan melumasi komponen-komponen dalam gardan dan terdapat di dalam differential atau gearbox.

    Tidak hanya itu, perbedaan oli mesin dan oli gardan lainnya terletak pada komposisi dan aditif yang terkandung dalam keduanya. Ini karena masing-masing berguna untuk melumasi dan melindungi komponen yang berbeda pada motor matic.

    Oli mesin terbuat dari base oil. Kemudian, terdapat tambahan aditif lainnya, seperti:

    • Antiwear melindungi permukaan logam dari karat
    • Antioxidant mencegah oksidasi minyak mesin yang dapat terjadi karena paparan panas dan oksigen
    • Anti-foaming mengurangi pembentukan busa
    • Viscosity index improver menjaga stabilitas viskositas oli pada suhu berbeda
    • Friction modifier mengurangi gesekan antara komponen mesin
    • Extreme pressure (EP) melindungi gigi-gigi mesin dari keausan akibat tekanan ekstrem
    • Anti-corrosion melindungi komponen logam dari korosi

    Sementara itu, oli gandar juga terbuat dari base oil dan zat-zat aditif di atas, namun dengan tambahan sealing conditioner yang menjaga elastisitas dan kesehatan seal-seal gardan untuk mencegah kebocoran.

    Tidak hanya itu, untuk membersihkan endapan, lumpur, dan kotoran yang terbentuk selama operasi mesin, oli mesin juga mengandung dispergensi.

    Nah, itulah perbedaan antara pelumas untuk mesin dan gardan. Sekarang karena kamu sudah paham, kamu akan bisa memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan motor matic-mu. Dengan begitu, kinerja dan umur pakai kendaraan semakin optimal.

    Siap untuk upgrade motor? Temukan penawaran terbaik di OLX! Beli sekarang, caranya dengan download aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk terhubung ke penjual-penjual terverifikasi di mana pun dan kapan pun.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait