Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    MobilAwas Ketuker, Ini Bedanya Civic Turbo dan Type R

    Awas Ketuker, Ini Bedanya Civic Turbo dan Type R

    Jika kamu membeli Civic Type R di Indonesia bakal mendapatkan nomor seri unik, lho!

    News.OLX – Kira-kira apa ya perbedaan antara Honda Civic Turbo dan dan Type R. Secara jika dilihat dari namanya, kedua jenis sedan ini sama-sama memancarkan aura sporty.

    Sebagai informasi, All New Honda Civic Type R adalah mobil sedan produksi masal Honda yang terkencang dan termahal saat ini yang dipasarkan di Indonesia.

    Harga barunya saat ini mencapai dua kali lipat dari Honda Civic Turbo RS yang saat ini dipasarkan.

    Beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya mencakup asal produksi, emblem logo, warna, tampilan eksterior, velg, interior, nomor seri unik, desain head unit dan MID, transmisi, mesin, suspensi, teknologi keamanan, mode berkendara, dan tentu saja perbedaan harga. Untuk lebih detil, berikut perbedaannya.

    Asal negara impor

    Pertama-tama, All New Honda Civic Type R diimpor langsung dari Jepang, sementara Honda Civic Turbo RS diimpor dari Thailand. 

    Emblem

    Seiring dengan asal produksi, perbedaan emblem logo juga terlihat, dengan Type R menampilkan logo Honda berwarna merah yang umumnya terlihat pada mobil balap Honda, sementara Turbo RS mengusung makna “Everyday Sport” sebagai mobil sporty yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Warna

    Perbedaan warna juga mencolok, dengan Type R memiliki warna eksklusif Championship White yang diambil dari mobil balap F1 Honda, sedangkan Turbo RS menampilkan warna Ignite Red Metallic sebagai andalannya.

    civic turbo (2)

    Eksterior

    Tampilan eksterior Type R jauh lebih agresif dengan fender depan, spoiler, dan Triple Outlet Exhaust di tengah, sementara Turbo RS memiliki desain yang lebih umum.

    Velg

    Detail velg juga menjadi pembeda, pada Type R menggunakan Alloy Wheel 19 inci, sementara Turbo RS memakai velg Alloy 17 inci. 

    Interior

    Interior All New Honda Civic Type R menarik perhatian dengan kursi dan karpet berwarna merah yang mewah dan nyaman, bahkan hingga ke kursi belakang. Dominasi warna hitam dan merah pada area kokpit memberikan kesan elegan. 

    Desain jok Type R menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red, sementara desain roda kemudi menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah. Di sisi lain, Honda Civic Turbo RS menggunakan jok dan tuas kemudi dari kulit yang tampak umum.

    Dapat nomor seri unik 

    Jika kamu membeli All New Honda Civic Type R di Indonesia bakal mendapatkan nomor seri unik yang diurus langsung dari dealer.

    Desain head unit 

    Desain head unit dan MID Type R juga lebih eksklusif dengan layar 10,2” TFT dan twin-meter kuning, G-Meter, dan lap time recorder.

    Adapun Honda Civic Turbo RS memakai layar MID 10,5 inci serta head unit bergaya floating dengan layar 9 inci.

    Transmisi

    Berbeda dengan Turbo RS yang menggunakan transmisi otomatis CVT, Type R hanya tersedia dengan transmisi manual.

    Mesin

    Mesin Type R bertenaga 2.0 liter VTEC Turbocharged, menghasilkan 319 PS dan torsi 420 Nm. 

    Adapun Honda Civic RS 2022 menyajikan tenaga puncak 178 PS. Tenaga ini diperoleh dari mesin 4-silinder 1.500 cc berteknologi DOHC dan dibekali Turbo. 

    Mobil tersebut mampu melontarkan daya maksimal hingga 175,5 HP atau 178 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 240 Nm pada 4.500 rpm.

    Harga

    Semua perbedaan ini memberikan dampak pada harga, dengan All New Honda Civic Type R dibanderol seharga Rp1,399 miliar, dua kali lebih mahal daripada Honda Civic Turbo RS yang dijual seharga Rp609,5 juta. Bagaimana? Kamu lebih tertarik Civic Type R atau Civic Turbo RS, nih? Apapun pilihanmu, pastikan sesuai dengan kebutuhan, ya!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait