Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    MobilAwas Ketuker, Ini Perbedaan Datsun GO dan Datsun GO+

    Awas Ketuker, Ini Perbedaan Datsun GO dan Datsun GO+

    Biar nggak ketuker, yuk ketahui perbedaan Datsun GO dan Datsun GO+!

    News.OLX – Bagi calon pembeli mobil, perbandingan antara Datsun Go dan Datsun Go+ menarik perhatian. Hal ini tentu karena keduanya memiliki penampilan serupa.

    Lebih kagi, kedua produk mobil yang diluncurkan pada tahun 2014 ini mencerminkan kebangkitan merek Datsun di Indonesia sesuai dengan regulasi program Mobil Hijau Murah dan Ramah Lingkungan (LCGC). Meskipun keduanya tidak lagi diproduksi sejak tahun 2019.

    Secara estetika, Datsun Go hatchback menonjolkan desain kompak untuk kegesitan dan penampilan stylish, sementara Go+ lebih unggul dalam akomodasi dan kenyamanan berkendara keluarga.

    Mesin keduanya sama, dengan kapasitas 1,200 cc dan mencapai efisiensi bahan bakar hingga 20 km/liter. Lantas, apalagi perbedaan dari kedua mobil pabrikan Jepang ini? Untuk mengetahuinya secara detail, yuk simak penjelasan berikut ini.

    Perbedaan dimensi

    Pertama-tama, mari bahas perbedaan antara Datsun Go dan Datsun Go+ terutama pada dimensi yang mereka tawarkan.

    Go+ lebih panjang, ditujukan untuk segmen mobil MPV LCGC, sementara Go ditargetkan untuk segmen hatchback, khususnya mobil kota LCGC. Perbedaan ini berpengaruh pada ruang kaki, ruang kepala, dan ruang kargo.

    Datsun Go+ memiliki panjang 3.995 mm, lebih panjang sekitar 200 mm dari Go hatchback yang hanya 3.785 mm. Perbedaan ini signifikan karena Go+ menyediakan satu baris tambahan kursi, dapat menampung hingga 7 penumpang.

    Go+ menampung lebih banyak penumpang

    Dalam hal kapasitas penumpang, perbedaan utama antara Datsun Go dan Datsun Go+ terletak pada dimensi. Go Plus lebih panjang 200 mm daripada saudaranya itu.

    Sebagai hasilnya, Go Plus dapat memenuhi kebutuhan mobil keluarga, sangat dicari oleh konsumen di Indonesia, sementara kapasitas penumpang Go hatchback terbatas hingga 5 penumpang.

    Namun, perlu dicatat bahwa kursi paling belakang atau baris ketiga mungkin kurang cocok untuk penumpang dewasa, namun sudah cukup untuk anak-anak.

    datsun go (1)

    Perbedaan eksterior

    Perbedaan selanjutnya antara Datsun Go dan Datsun Go+ terdapat pada desain eksterior. Meskipun produsen membuat perbedaan minimal antara keduanya, Datsun Go Plus tidak dilengkapi dengan body kit yang menampilkan aura sporty seperti yang tersedia di Datsun Go hatchback.

    Ini sesuai dengan target pasar, dimana Datsun Go+ ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan mobil keluarga dengan penampilan yang elegan, sementara Go hatchback lebih ditujukan pada konsumen muda atau keluarga muda dengan desain yang lebih sporty.

    Desain knalpot yang berbeda

    Terlihat perbedaan pada desain knalpot antara Datsun Go dan Datsun Go+. Knalpot pada Datsun Go hatchback memiliki bentuk lurus dan tubuh mobil yang terstruktur dengan ruang khusus untuk menempatkan knalpot.

    Di sisi lain, knalpot pada Datsun Go Plus dirancang dengan kesengajaan untuk agak tersembunyi ke dalam, tanpa adanya rongga tambahan di tubuh mobil.

    Hal ini menciptakan tampilan yang elegan, dengan bentuk yang tajam dan melengkung ke arah bawah. Perbedaan gaya knalpot ini menambah kesan estetis yang menarik pada keduanya.

    Perbedaan harga

    Perbedaan harga antara Datsun Go dan Datsun Go+ tergolong kecil. Datsun Go dibanderol antara Rp 112,09 juta hingga Rp 160,49 juta, sedangkan Datsun Go+ dijual antara Rp 120,27 juta dan Rp 157,91 juta.

    Meski terjangkau, saat ini tidak ada mobil baru yang tersedia, sehingga pembeli bisa mempertimbangkan opsi mobil bekas.

    Harga mobil bekas Datsun Go+ rata-rata Rp 65 juta hingga Rp 98 juta, sementara Datsun Go hatchback dijual dengan harga antara Rp 50 juta hingga Rp 75 juta.

    Seiring berjalannya waktu, harga kemungkinan semakin terjangkau, sementara transmisi CVT mungkin lebih mahal dibandingkan manual. Mesin keduanya serupa, dengan kapasitas 1.200 cc, daya 86 hp, dan torsi 107 Nm, ideal untuk mobil LCGC.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait