Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBagaimana Cara Mencegah Dinding Rumah Rembes?

    Bagaimana Cara Mencegah Dinding Rumah Rembes?

    Dinding rumah bisa mengalami rembes dan rusak ketika hujan deras. Ikuti cara ini untuk mencegah!

    News.OLX – Ketika hujan deras tiba, seringkali dinding rumah mengalami rembes. Biasanya ini akibat ada celah dari atap atau kualitas dinding yang kurang baik. Alhasil, dinding jadi lembab dan muncul noda serta retak.

    Bila kamu biarkan, lama-kelamaan jelas akan merusak tembok rumah. Agar tidak rusak, kamu bisa simak cara cegah dinding rumah rembes berikut ini.

    1. Buat Saluran Air

    Salah satu penyebab dinding rumah mengalami rembes ketika hujan, adalah karena tidak ada saluran air di atap rumah. Alhasil, air menggenang dan rembes ke tembok rumah kamu.

    Agar tidak menggenang, kamu bisa buat saluran air di atas. Sehingga, air hujan yang jatuh bisa langsung mengalir ke bawah dan tidak membuat genangan di atap.

    Karena kalau sudah menggenang dan rembes, tembok rumah bisa-bisa mengalami kerusakan dan tidak sekokoh dulu lagi.

    2. Cat Ulang Dinding Rumah

    Biasanya, tembok yang rembes ini juga bisa terjadi akibat ada retak rambut. Nah, kalau sudah seperti ini, kamu masih bisa atasi dengan mengecat ulang tembok rumah kamu.

    Namun, tentunya sebelum itu kamu harus menghilangkan cat lama dan mengamplasnya hingga bersih. Jika sudah, kamu bisa cat dengan super cement lebih dulu untuk mengisi retak rambut tadi.

    Kamu bisa lakukan ini hingga retakan sudah tertutupi, ya. Bila sudah, barulah kamu cat dengan warna yang senada.

    dinding rumah (1)

    3. Pastikan Sirkulasi Udara Ruangan Baik

    Kalau kamu tidak mau dinding rumah rembes, kamu juga harus memastikan sirkulasi udara di ruangan baik. Sinar matahari masih bisa masuk ke kamar dan pertukaran udaranya baik.

    Hal ini lantaran tembok yang rembes juga terjadi akibat kurangnya sirkulasi udara di kamar dan tidak adanya sinar matahari yang masuk. Alhasil, ruangan jadi lembab dan tembok mudah rembes.

    4. Berikan Lapisan Waterproof

    Selain mengecat ulang dengan cara yang sudah disebutkan, kamu juga bisa cegah terjadinya rembesan dengan lapisan waterproof. Cairan waterproof akan melapisi dinding kamu, sehingga tidak ada air yang bisa masuk ke pori-pori.

    Untuk menggunakannya sendiri cukup mudah. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada tembok yang sudah kering sebanyak dua kali agar tidak rembes.

    5. Coba Lakukan Pengacian Ulang

    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk cegah dinding rembes adalah dengan melakukan pengacian ulang. Seperti yang sudah disebutkan, rembesan pada dinding itu bisa saja terjadi karena tembok yang retak atau pori-pori yang besar.

    Karena itu, kamu bisa tutupi ini dengan lakukan pengacian ulang pada tembok luar rumah. Setelah itu, pastikan pula kamu lapisi tembok dengan cairan waterproof agar tidak ada air yang merembes ke dalam.

    Pastikan pula, acian ini sudah kering dengan baik, sebelum kamu aplikasikan cairan waterproof, ya.

    Nah, sekian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dinding rumah rembes. 

    Jika kamu ingin mencari tukang renovasi untuk memperbaiki tembok yang rusak akibat rembes, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait