Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBagaimana Cara Screenshot di Laptop? Ini Caranya

    Bagaimana Cara Screenshot di Laptop? Ini Caranya

    Sudah tahu cara screenshot di laptop? Berikut ini beberapa caranya!

    News.OLX Screenshot sudah jadi bagian penting dari cara kita berkomunikasi di dunia digital. Baik itu untuk menyimpan meme lucu, informasi penting, atau menunjukkan masalah pada aplikasi. Untuk itu, kamu perlu tahu cara screenshot di laptop.

    Untungnya, ada banyak cara untuk melakukannya, masing-masing dengan kelebihannya sendiri. Di artikel ini, kita akan mempelajari beberapa cara screenshot di laptop baik di windows maupun MacOS.

    Menggunakan Shortcut Keyboard Dasar

    Salah satu cara screenshot di laptop tercepat dan termudah adalah menggunakan shortcut keyboard bawaan. Baik Windows maupun macOS menawarkan kombinasi tombol yang mudah digunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat.

    1. Windows:

    • Untuk mengambil gambar seluruh layar, tekan tombol “PrtScn” (Print Screen). Screenshot ini akan tersimpan di clipboard kamu.
    • Untuk mengambil gambar jendela yang sedang aktif saja, tekan “Alt + PrtScn.” Ini mengambil gambar jendela yang saat itu sedang kamu gunakan.
    • Kamu lalu bisa menempelkan screenshot ini ke aplikasi editing gambar (seperti Paint) atau langsung ke dalam email atau dokumen dengan menekan “Ctrl + V” setelah screenshot diambil.

    2. macOS:

    • Untuk mengambil screenshot seluruh layar, tekan “Command + Shift + 3.” Gambarnya akan tersimpan di desktop sebagai file .png.
    • Untuk mengambil gambar bagian tertentu di layar, tekan “Command + Shift + 4,” lalu tarik kursor untuk memilih area yang ingin disimpan. Lepaskan klik mouse, dan screenshot akan tersimpan ke desktop kamu.

    Snipping Tool (Windows) atau Snip & Sketch (Windows 10 ke atas)

    Windows menawarkan aplikasi khusus untuk cara screenshot di laptop, memberikan fitur lebih dari shortcut keyboard dasar.

    1. Snipping Tool (Windows):

    • Cari “Snipping Tool” di Start menu dan buka aplikasinya.
    • Klik “New” dan pilih jenis potongan gambar yang kamu mau (Bebas, Segiempat, Jendela, atau Penuh).
    • Setelah mengambil screenshot, kamu bisa memberi tanda atau menyimpannya langsung ke lokasi yang diinginkan.

    2. Snip & Sketch (Windows 10 ke atas):

    • Tekan “Windows + Shift + S” untuk membuka Snip & Sketch.
    • Pilih jenis potongan gambar yang kamu mau (Segiempat, Bebas, Jendela, atau Penuh).
    • Screenshot akan tersimpan di clipboard, dan kamu bisa menempelkannya di mana pun yang kamu butuhkan.

    screenshot 2

    Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

    Kalau kamu membutuhkan fitur yang lebih canggih seperti editing, memberi tanda, atau menyimpan ke cloud, aplikasi screenshot pihak ketiga bisa sangat berguna.

    1. Snagit

    Snagit adalah aplikasi screenshot populer yang tersedia untuk Windows and macOS. Aplikasi ini menawarkan kemampuan editing canggih, termasuk memberi tanda, efek, dan bahkan merekam video.

    2. Lightshot

    Lightshot adalah aplikasi screenshot ringan yang tersedia untuk Windows dan macOS. Kamu bisa menggunakannya untuk mengambil bagian mana pun dari layar, menambahkan tanda, dan membagikan screenshot secara online dengan mudah.

    3. Greenshot

    Greenshot adalah aplikasi screenshot open-source untuk Windows. Ia menawarkan fitur seperti mengambil gambar sebagian layar, jendela, atau seluruh layar. Kamu juga bisa langsung mengedit dan membagikan hasilnya.

    Menggunakan Extension Browser

    Kalau kamu sering perlu mengambil gambar halaman web atau bagian tertentu di dalam browser, extension browser bisa mempermudah prosesnya.

    1. Awesome Screenshot (Chrome/Firefox)

    Extension ini memperbolehkanmu untuk mengambil gambar seluruh halaman web, area yang dipilih, atau hanya bagian yang terlihat saja. Ia juga menawarkan fitur untuk memberi tanda dan kemampuan untuk menyimpan dan membagikan gambar langsung dari browser.

    2. Fireshot (Chrome/Firefox)

    Fireshot adalah extension screenshot powerful lainnya yang menawarkan kemampuan menangkap gambar, editing, memberi tanda, dan membagikan langsung dari browser.

    Mengetahui cara screenshot di laptop penting untuk komunikasi dan dokumentasi yang efektif di dunia digital saat ini. Baik kamu menyukai shortcut bawaan, perangkat lunak khusus, atau extension browser, ada banyak pilihan tersedia untuk memenuhi kebutuhanmu. Coba-coba cara-cara ini untuk menemukan yang paling cocok buat kamu!

    Kunjungi situs OLX atau download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terlengkap lainnya!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait