Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    MobilBanyak Detail Unik dan Lucu, BYD Atto 3 Memang Beda!

    Banyak Detail Unik dan Lucu, BYD Atto 3 Memang Beda!

    Test drive BYD Atto 3 Jakarta-Bandung kami banyak meng-highlight keunggulan yang ada di ruang kabinnya. Karena interior dari mobil SUV listrik buatan China ini benar-benar beda dan banyak detail-detail unik serta futuristik.

    News.OLX – Belum juga habis rasa kagum kami terhadap pesona BYD Dolphin selepas acara test drive minggu lalu, News.OLX kembali diajak untuk mencoba model BYD lainnya, yakni Atto 3.

    Sesi test drive yang digelar kali ini sedikit lebih advance karena tujuan perjalanannya menuju Kota Bandung dengan jarak tempuh kurang lebih hampir 200 kilometer. 

    Perjalanan dimulai dari dealer resmi BYD yang berada di kawasan Sunter, Jakarta melewati jalan tol serta mendapat pengawalan dari Polisi. 

    BYD Atto 3

    Hal ini menjadikan kami kurang bisa meng-eksplore kekuatan mobil listrik yang dibekali dengan baterai 60,48 kWh berteknologi Blade Battery dipadu dinamo listrik yang mampu menghasilkan tenaga 150 kW dan torsi puncak 310 Nm ini. 

    Namun hal ini sebenarnya tidak sedikitpun mengurangi rasa nyaman berkendara menggunakan Atto 3 yang karakter tenaganya memang enteng layaknya mobil listrik lainnya. 

    BYD Atto 3

    Oh iya, BYD Attor 3 tersedia dalam dua varian, yakni Standard dan Advanced. Di sesi ini semua unit yang digunakan adalah varian Advanced dengan daya jelajah hingga 480 km (NEDC).

    Sementara untuk varian Standard menggunakan baterai berkapasitas 49,92 kWh dengan daya jelajah maksimal 410 km (NEDC).

    Gambaran umum performa BYD Atto 3 memang tidak jauh beda dengan Dolphin, mudah bermanuver serta menawarkan tenaga berlimpah untuk menghadapi berbagai kondisi jalan.

    Konsep kabin BYD Atto 3 menohok, banyak detail yang unik

    BYD Atto 3  

    Di artikel ini mungkin kami tidak banyak membahas soal performa mobil, karena untuk mobil SUV listrik ini banyak hal menarik yang bisa kami ceritakan pada sektor interior.

    Yang patut kami highlight dari BYD Atto 3 ini adalah kabinnya yang super comfort serta mampu mengakomodasi kebutuhan kami untuk fun to drive dalam arti sebenar-benarnya.

    Pertama adalah jok depan yang berbentuk semi bucket terintegrasi dengan sandaran kepala. Menggemgam roda kemudi dengan posisi badan seakan terbenam dan dipeluk oleh jok, menghadirkan sensasi menyetir seperti di dalam mobil sport.

    Ini menjadi poin plus pertama kami saat berada di dalam kabin BYD Atto 3. 

    Beralih ke lingkar kemudinya, digenggamnya enak banget dengan material berbahan kulit. Desain setir juga ala-ala mobil balap, dimensi kecil dengan bagian bawahnya rata, tidak bulat penuh. 

    BYD Atto 3

    Istimewanya lagi, karena lingkar kemudi ini punya dua pilihan mode, comfort dan sport yang bisa disetting lewat head unit berukuran besar. Untuk mendapatkan kesan berkendara dengan setir yang enteng dan responsif, bisa memilih mode sport

    Poin plus berikutnya adalah konsep interiornya yang terinspirasi dari beberapa perlengkapan fitness.

    Mulai dari bagian dashboard berkonsep “Muscle Streamline” yang memunculkan kesan otot menyembul sepanjang door trim hingga konsol tengah. Kesan otot ini muncul dari garis-garis bergelombang yang dibuat dari bahan soft touch, ketika disentuh terasa sangat lembut.

    BYD Atto 3BYD Atto 3

    Inspirasi dari perangkat gym yang dituangkan ke dalam BYD Atto 3 juga nampak pada bagian tuas transmisi. Bentuknya yang seperti dumbbell membuatnya terlihat unik sekaligus futuristik.

    Mengoperasikan transmisi Drive, Netral dan Reverse tinggal putar atas-bawah dan Parking mode cukup dengan memencet tombol di bawah dumbbell

    Begitu juga dengan bagian armrest yang terinspirasi dari alat treadmill dengan bidang cukup lebar beraksen garis-garis. Armrest ini menjadi cover penutup untuk concole box tempat menyimpan barang atau mengisi daya hp lewat USB Port type A dan C.

    BYD Atto 3

    Selain inspirasi dari alat-alat nge-gym, di dalam kabin Atto 3 juga hadir detail-detail unik mengarah nyelenehGak percaya?

    Salah satunya adalah string bass berbahan karet yang ada di setiap pintu. Kami sempat mencobanya dan ini cukup ampuh memancing gelak tawa kami seisi mobil.

    BYD Atto 3

    Nilai plus dari detail atau lebih tepatnya kita sebut gimmick ini adalah bisa menjadi pembunuh sepi atau kejenuhan ketika perjalanan jauh. 

    Tapi menurut Bobby Bharata, Head of Product BYD Motor Indonesia, string bass karet ini bukan sekadar gimmick belaka, tapi juga ada fungsinya. “Jadi senar bass yang elastis tersebut merupakan bagian dari estetika desain di Atto 3 dengan fungsi untuk menahan botol minum,” jelasnya di Bandung, Selasa (29/1/2024). 

    Keunikan lain di SUV listrik buatan China ini adalah gagang pintu berbentuk bulat dengan sistem grip-style untuk membuka pintu dari bagian dalam. Desain gagang pintu ini sangat estetik terintegrasi dengan speaker yang kalau malam akan kelihatan makin meriah karena ada ambient lighting-nya.

    BYD Atto 3

    Bagi yang awam atau belum pernah masuk kabin Atto 3, dijamin gak bakal mengira kalau ini adalah gagang pintu dan bakal kebingungan untuk keluar. 

    Oh iya! Satu hal lagi yang perlu kami highlight, bahwa screen dengan sistem sentuh layar di seluruh model BYD, baik itu Dolphin, Atto 3 maupun SEAL sudah memiliki kemampuan rotasi, bisa diposisikan vertikal ataupun horizontal. Bedanya hanya di ukuran. Untuk monitor di Atto 3 ukurannya 15,6 inci, sedikit lebih besar dibanding monitor di Dolphin yang hanya berukuran 12,8 inci.

    Pilihan warna Cosmos Black cuma dijual di Indonesia

    BYD Atto 3 

    Nah, untuk soalan warna, BYD Atto 3 menawarkan pilihan kombinasi warna interior yang jauh berbeda dengan model Dolphin.

    BYD Dolphin yang menjadi model entry level BYD di Indonesia banyak menawarkan warna-warna interior ngejreng menjurus norak, sebaliknya warna interior di Atto 3 lebih cenderung bernuansa gelap.

    Untuk eksterior Atto 3 berwarna Ski White, Surf Blue dan Forest Green, kabinnya diberi perpaduan two tone color biru kombinasi abu-abu. Sedangkan untuk warna eksterior Boulder Grey dan Cosmos Black, dibekali warna interior biru kombinasi hitam. 

    Meski ini model global, yang artinya Atto 3 dijual juga di negara lainnya, tetapi khusus untuk pasar Indonesia model SUV ini berbeda di sektor pilihan warna eksterior.

    Pilihan warna Cosmos Black di BYD Atto 3 hanya tersedia untuk pasar Indonesia, tidak di negara lainnya, bahkan di pasar Tiongkok sekalipun warna ini tidak dijual. 

    “Jadi dua-tiga tahun sebelum masuk ke Indonesia kita sudah lakukan riset, sampai detail kecil serta basic juga kita pikirin. Awal pandemi, di China lock down, dan warna gelap dipercaya bikin stress. Sehingga mereka inisiatif bikin warna-warna yang fresh, jadinya colorful. Masuk ke Indonesia kita kasih masukan sekaligus feedback bahwa warna konvensional (gelap dan solid) lebih disukai disini,” jelas Bobby Bharata.

    Jadi BYD Atto 3 yang dijual di Tanah Air ini sudah benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

    Fitur berlimpah, bikin rasa berkendara di BYD Atto 3 semakin paripurna

    BYD Atto 3

    Kenyamanan mengendarai BYD Atto 3 semakin terasa paripurna berkat dukungan fitur-fitur yang boleh dibilang sangat berlimpah. Mulai dari NFC Card Key, Keyless Entry and Keyless Start/Stop Button, Panoramic Sunroof with Electric Slide and Anti-trap. 

    Kemudian ada Wireless Charging, Intelligent Voice Command, 360 View Monitor, Vehicle to Load, Regenerative Braking, 3 Drive Mode (Eco, Normal, Sport), ISOFIX. 

    Urusan keamanan dan keselamatan berkendara juga mendapat dukungan dari fitur ADAS (Advanced Drive Assistant System) yang didalamnya terdiri dari Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking Sytem, Blind Spot Detection. Termasuk mencakup Door Open Warning, Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Brake, Lane Departure Warning dan Lane Change Collision Warning.

    BYD Atto 3

    Model-model BYD rencananya akan kembali diperlihatkan di ajang IIMS 2024 pertengahan Februari mendatang meski belum dipastikan apakah harganya juga akan diumumkan oleh pihak BYD Indonesia.

    Satu hal yang pasti, BYD Atto 3 nantinya akan meramaikan segmen SUV bertenaga listrik dan siap menantang model pabrikan mobil listrik China lainnya, Chery OMODA E5 dan MG4 EV. Mana diantara ketiga mobil listrik tersebut yang akan meraih angka penjualan tertinggi, tentu sangat menarik untuk ditunggu update-nya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait