Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBaru Pertama Kali Beli Rumah? Ini Tipsnya

    Baru Pertama Kali Beli Rumah? Ini Tipsnya

    Beli rumah pertama perlu banyak yang diperhatikan. Yuk, intip berbagai tipsnya di artikel ini!

    News.OLX – Zaman sekarang, semakin banyak pilihan untuk tempat tinggal seperti kos, kontrakan, apartemen dan rumah. Tetapi, meski sudah banyak pilihan tempat tinggal sewa, tetap saja masih banyak orang yang ingin beli rumah sendiri.

    Memang, memiliki rumah sendiri itu rasanya lebih nyaman dan tentunya lebih hemat untuk jangka panjang. Nah, bila kamu juga ingin membeli, sebaiknya ikuti beberapa tips pertama beli rumah berikut ini agar tidak merugi!

    1. Lihat Lokasi Rumah

    Ketika memilih rumah, ada baiknya kamu melihat lokasinya lebih dulu. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terkait dengan lokasi.

    Pertama, apakah lokasinya ini dekat dengan tempat kamu bekerja atau anak sekolah? Kedua, lihat juga akses serta fasilitas umum yang tersedia di sekitar sana. 

    Pikirkan juga tentang kemungkinan terkena banjir dan apakah akan ada kemungkinan pembangunan fasilitas umum di daerah tersebut. Ini penting jadi pertimbangan karena akan berkaitan dengan budget cost life kamu di masa depan.

    2. Cari Harga yang Sesuai Budget

    Selain melihat lokasi, tips pertama beli rumah lainnya yang bisa kamu ikuti adalah mencari harga yang sesuai budget. Bukan hanya saat pembelian, ya, melainkan juga budget kamu untuk mengisi rumah dan segala halnya.

    Kenapa kamu juga harus mempertimbangkan budget untuk mengisi rumah? Ketika kamu beli rumah, tentu kamu akan mengisinya dengan berbagai furniture, bukan?

    Belum lagi kalau ada bagian rumah yang harus kamu renovasi lebih dulu sebelum ditempati. Karena itu, carilah harga yang sesuai dengan budget pembelian dan juga segala perintilannya.

    beli rumah (1)

    3. Pertimbangkan Bentuk dan Kualitas Bangunan

    Selanjutnya, kamu juga harus mempertimbangkan bentuk dan kualitas bangunan tersebut. Mengapa begitu? Karena ini juga akan mempengaruhi pengeluaran kamu nantinya.

    Bentuk atau desain bangunan secara keseluruhan ini akan mempengaruhi kenyamanan rumah kamu. Misalnya seperti ceiling yang pendek, fasad rumah yang ergonomis dan sebagainya.

    Kualitas bangunan pun juga harus jadi pertimbangan, terutama bila kamu akan membeli bangunan bekas yang sudah lama. Bisa saja ada banyak bagian yang harus kamu ganti. Karena itu, pertimbangkan poin ini dengan baik, ya.  

    4. Pertimbangkan Beli Rumah dengan KPR atau Bayar Cash

    Poin ke-4 ini juga harus masuk dalam pertimbangan kamu ketika akan memutuskan untuk membeli hunian. Apakah kamu akan memilih KPR atau ingin membayar cash saja?

    Hal ini tentu harus kamu pertimbangkan berdasarkan dengan kemampuan finansial kamu. Kira-kira menyanggupi tidak kalau harus membayar cash?

    Bila tidak, pembayaran secara KPR pun tidak masalah sama sekali, kok. Meskipun memang bila ditotal, biayanya akan lebih besar. Namun, ini bisa jadi opsi terbaik bila kemampuan finansial kamu terbatas.

    5. Jangan Hanya Melihat Satu Perumahan

    Terakhir, saat memilih hunian, jangan hanya melihat satu perumahan, ya. Setidaknya, lihatlah lebih dari 10 atau 20 perumahan di kota tempat kamu tinggal.

    Nantinya, dari puluhan rumah yang sudah kamu lihat ini, kamu saring menjadi beberapa pilihan saja. Kenapa ini harus kamu lakukan?

    Ketika kamu hanya melihat satu perumahan, kamu tidak akan tahu kalau ternyata ada area lain yang harganya lebih rendah. Bisa jadi juga, area yang tidak kamu ketahui ini ternyata lebih sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan kamu.

    Nah, sekian beberapa tips pertama beli rumah yang bisa kamu ikuti. Ingat, ketika ingin membeli hunian, sebaiknya pertimbangkan lebih dulu dengan matang-matang.

    Kamu bisa mencarinya secara offline dengan berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, bisa juga secara online melalui OLX. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait