Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBegini Cara Cek Battery Health iPhone dan Tips Menghematnya

    Begini Cara Cek Battery Health iPhone dan Tips Menghematnya

    Battery health yang bagus itu penting! Ini dia cara mengecek sekaligus tips menjaga daya tahan baterai iPhone.

    News.OLX – Istilah “battery health” atau “kesehatan baterai” mengacu pada kondisi dan kinerja baterai. Dalam konteks iPhone, Battery Health sendiri merupakan fitur yang dirancang untuk menyajikan informasi terkait kondisi baterai perangkat dan sejauh mana performanya.

    Dengan fitur ini, kamu bisa memantau kesehatan baterai serta mengambil tindakan lanjutan untuk mengoptimalkan umur baterai.

    Cara Cek Battery Health iPhone

    Untuk cek kesehatan baterai iPhone tidaklah sulit. Ada sejumlah cara yang bisa kamu coba.

    1. Melalui Menu Pengaturan

    Tidak sulit untuk mengetahui battery health iPhone, yakni: 

    • Buka aplikasi Pengaturan 
    • Kemudian, pilih opsi Baterai
    • Lalu, tap Kesehatan Baterai & Pengisian Daya. Di sini, kamu akan menjumpai informasi tentang kapasitas baterai, kemampuan performa puncak, serta indikator seandainya kamu perlu mengganti baterai.

    2. Melalui Ikon Battery Health

    Sama mudahnya untuk cara yang kedua ini, kamu cukup melakukan beberapa langkah berikut: 

    • Tap ikon Battery Health di dekat pojok atas layar. 
    • Baris pertama dari fitur ini menampilkan kapasitas maksimum baterai relatif terhadap kondisi saat baru.
    • Jika baterai masih baru, maka kapasitas baterai seharusnya mencapai 100%. Namun, seiring berjalannya waktu, persentasenya akan mulai turun ke 90-an, 80-an, atau bahkan lebih rendah.

    3. Menggunakan Aplikasi

    Selain menggunakan built-in tool, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di App Store untuk mengecek battery health iPhone, seperti aplikasi gratis Clean Battery dan Battery Doctor.

    • Clean Battery

    Clean Battery menampilkan gambaran visual dari baterai perangkat dengan menunjukkan persentase pengisian saat ini dan jumlah jam tersisa dalam mode standby. Jadi, kamu bisa mengetahui berapa lama baterai akan bertahan saat sedang tidak menggunakan HP.

    Untuk mengetahui data lebih lanjut, tap panah di bagian kanan atas. Kemudian, layar akan berubah dan menunjukkan jumlah jam standby untuk penggunaan HP dalam berbagai mode, seperti akses 4G, akses WiFi, mendengarkan musik, atau menonton video.

    • Battery Doctor – Battery Saver

    Aplikasi rekomendasi lainnya adalah Battery Doctor – Battery Saver. Versi gratis aplikasi ini menampilkan informasi tentang tingkat pengisian baterai iPhone. Kamu bisa melihat riwayat charging dari waktu ke waktu secara cuma-cuma.

    Namun, untuk mengetahui history pengisian secara rinci, kamu harus upgrade ke versi premiumnya.

    iphone 2

    Tips Menghemat Baterai iPhone

    Salah satu cara bagus untuk mempertahankan battery health pada perangkat iPhone yaitu dengan menghemat penggunaan baterai. Ada bermacam-macam strategi yang bisa kamu terapkan, seperti:

    1. Aktifkan Auto Brightness

    Dengan fitur ini, iPhone akan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis dengan tingkat cahaya di sekitarnya. Jika pencahayaan rendah, kecerahan layar akan berkurang, sehingga dapat menghemat baterai.

    2. Gunakan WiFi

    Daripada menggunakan data seluler, terkoneksi ke WiFi lebih irit baterai. Ini karena iPhone tidak perlu mengonsumsi banyak daya demi mencari atau mempertahankan sinyal.

    3. Pilih Dark Mode

    Pada layar OLED, setiap piksel adalah lampu yang bisa menyala atau mati secara independen. Dalam Dark Mode, dengan background gelap, piksel-piksel ini akan mati sepenuhnya, sehingga mengurangi kebutuhan daya daripada latar belakang terang.

    4. Uninstall Aplikasi Boros Baterai

    Beberapa aplikasi dapat menyedot banyak daya baterai iPhone, misalnya, aplikasi seperti YouTube, Netflix, dan Spotify yang membutuhkan streaming konten multimedia dalam waktu lama. 

    Ada juga media sosial seperti Instagram dan TikTok yang memuat banyak gambar dan video. Dengan Battery Health, kamu bisa memilih aplikasi mana yang boros baterai dan mempertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut.

    5. Aktifkan low power mode

    Singkatnya, Low Power Mode dapat membatasi kinerja CPU iPhone. Ini akan memperlambat beberapa proses di latar belakang dengan tujuan untuk menghemat daya baterai.

    Kesimpulannya, menjaga kesehatan baterai iPhone wajib agar perangkat senantiasa berfungsi maksimal. Gunakan fitur Battery Health untuk memeriksa kapasitas dan performa baterai agar kamu tahu kapan sebaiknya mengganti baterai jika perlu.

    Mau upgrade gadget kamu? Beli sekarang, caranya yaitu cukup dengan download OLX di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan penawaran eksklusif. Buruan, jangan sampai kehilangan kesempatan emas ini. Gadget impianmu menunggu cuma di OLX!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait