Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBegini Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid

    Begini Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid

    Temukan informasi lengkap mengenai cara merawat baterai mobil hybrid agar selalu berada dalam keadaan optimal saat kamu kendarai.

    News.OLX – Setelah mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mengangkut mobil hybrid pulang, maka pastikanlah untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan ini dengan optimal.

    Dari sekian banyaknya komponen pada mobil ini, salah satu aspek yang harus kamu perhatikan adalah mengenai perawatan baterainya.

    Di bawah ini, sudah terangkum beberapa tips atau cara merawat baterai mobil hybrid yang baik dan benar.

    7 Tips Aman Merawat Baterai Mobil Hybrid

    1. Cara Merawat Baterai Mobil Hybrid  dengan Pengecekan Rutin

    Cara pertama adalah mengecek keadaan mobil secara rutin agar bisa melakukan evaluasi atas keadaan kendaraan. Beberapa hal yang bisa dicek antara lain kapasitas baterai temperatur, hingga tegangan.

    Selain pengecekan sendiri, pastikanlah untuk membawanya ke bengkel resmi untuk servis berkala. Di bengkel, teknisi bisa sekaligus cek bagian-bagian pada penggerak mobil listrik tersebut.

    2. Merawat Sistem Pendingin Baterai

    Fungsi dari sistem ini adalah memastikan agar suhu pada baterai tetap aman serta terhindar dari panas berlebih atau overheat. Agar komponen ini bisa bekerja optimal, maka lakukanlah pembersihan dari kerak ataupun kotoran. Sebab, keduanya bisa menghambat aliran udara pada kendaraanmu.

    3. Tidak Asal Mencuci Mesin

    Meskipun mobil ini juga memakai mesin konvensional, namun bukan berarti kamu bisa asal mencucinya layaknya mobil biasa. Ingatlah bahwa di dalamnya juga ada mesin atau motor listrik.

    Jika mencucinya sendiri tanpa paham teknik-teknik, maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan di komponen mesinnya, terutama pada komponen baterai dan motor listrik.

    Oleh karena itu, saat hendak mencucinya, silakan bahwa ke bengkel resmi dan berpengalaman saja.

    4. Jangan Asal Bongkar dan Modifikasi Mesin

    Melakukan pembongkaran dan modifikasi mesin agar kendaraan memiliki performa lebih optimal memang digemari oleh beberapa orang. Namun jika mobilmu bertipe hybrid, maka proses ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah tindakan, kinerja baterai dan mesin yang menjadi taruhannya.

    Sekalipun biasa memodifikasi mesin mobil konvensional, maka kali ini sebaiknya bawa saja mobilmu menuju bengkel resmi atau teknisi profesional. Dengan begitu, berbagai risiko di atas bisa dihindari.

    5. Mengecas Mobil dengan Benar

    Seperti mobil listrik, kamu juga harus memperhatikan pengecasan daya agar baterai mobil hybrid tetap awet dan berfungsi optimal.

    Karena menggunakan BMS (battery management system) yang bertugas mengelola pengosongan dan pengisian daya, maka kamu disarankan untuk mengecas ketika levelnya 20%.

    Lalu untuk mengurangi risiko degradasi yang cepat, pertahankanlah agar daya baterai selalu ada di rentang 20% hingga 80%.

    Tentu pertanyaannya, apakah baterai mobil hybrid harus dicharge layaknya mobil listrik atau battery electric vehicle (BEV)?

    Jawabannya tergantung dari jenis mobil hybrid itu sendiri. Mobil hybrid terbagi menjadi dua yaitu HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan PHEV (Plug-in Hybrid Vehicle).

    Jenis HEV merupakan mobil yang dipasang dengan baterai khusus sehingga pemiliknya tidak perlu lagi melakukan pengisian daya dari charging port.

    Putaran mesin dan proses pengereman yang terjadi akan membantu menciptakan tenaga yang nantinya disimpan ke dalam baterai. Jadi daya di dalamnya akan terus terisi ketika pemilik mobil menggunakannya berkendara.

    Sementara jenis PHEV memiliki desain baterai yang bisa di charger. Pengisian dayanya tetap sama seperti baterai pada HEV, namun bisa juga dilakukan dengan mencolokkannya ke charging port.

    6. Memperhatikan Suhu Baterai Mobil Hybrid

    Kinerja baterai mobil ini dapat terpengaruh oleh suhu sekitar atau lingkungan, sehingga faktor ini harus menjadi pertimbangan utama ketika berkendara.

    Untuk menjaga suhunya agar tetap stabil, hindarilah terlalu sering membiarkan kendaraan ini berada di suhu ekstrim, baik itu terlalu tinggi atau terlalu rendah.

    Jika sering terpapar, maka kinerja dan keawetan baterai pasti terganggu. Maka ketika sedang tidak kamu pakai,  parkirkanlah kendaraan pada tempat teduh dengan suhu sejuk.

    7. Menghindari Melintas di Kawasan Banjir

    Cara merawat baterai mobil hybrid yang terakhir ini akan cukup menantang bagi kamu yang tinggal di kawasan rawan banjir. Hindarilah banjir yang tingginya lebih setengah ban mobil.

    Jika pun terpaksa melalui daerah ini, maka segera lakukan pemeriksaan baterai dan sistem motor ke bengkel.

    Setelah tahu semua tips agar baterai mobil hybrid tetap awet, jangan lupa cek informasi lainnya di OLX. Tidak hanya dapat informasi umum, kamu juga bisa mencari berbagai produk menarik di sini. Jangan lupa unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store agar akses info lebih mudah.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait