Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBiar Awet dan Tahan Lama, Begini Cara Merawat Proyektor

    Biar Awet dan Tahan Lama, Begini Cara Merawat Proyektor

    Proyektor bisa berumur pendek kalau penggunaannya buruk.

    News.OLX – Kamu tidak bisa menggunakan proyektor secara asal-asalan, lho. Hal ini lantaran penggunaan yang buruk bisa memperpendek umur alat yang satu ini. Bahkan, meski masih baru sekalipun.

    Oleh karena itu, kamu harus paham cara merawat proyektor yang tepat supaya dapat memperpanjang umurnya. Ada berbagai tips perawatan yang bisa kamu coba seperti dalam pembahasan di bawah ini.

    1. Matikan dengan Baik

    Mau setinggi apapun spesifikasinya, kalau kamu tidak bisa menggunakan proyektor dengan baik tetap akan berujung pada kerusakan. 

    Agar lebih awet, pastikan kamu menghidupkan dan mematikan alat ini sesuai tahapan yang seharusnya. 

    Jangan langsung mencabut kabel dari stop kontak, tekan tombol “Power” lebih dulu dan tunggu hingga lampu indikatornya padam. Dengan begitu, mesin dan aliran listriknya bisa terhindar dari kerusakan.

    proyektor (1)

    2. Hindari Proyektor dari Guncangan saat Menyala

    Cara merawat proyektor lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari guncangan saat sedang menyala.

    Ini penting karena bila terjadi guncangan, lampu LCD pada alat ini bisa rusak karena sensitivitasnya yang tinggi. Karena itu, ada baiknya jangan kamu angkat atau pindahkan ke mana pun saat sedang menyala, ya.

    3. Rutin Bersihkan Bagian Lensa

    Sama seperti kamera, lensa pada alat ini pun juga bisa bermasalah kalau tidak kamu bersihkan secara rutin. 

    Misalnya seperti cahaya yang meredup, ketajaman gambar dan kontras warna yang menurun. Bila ini terjadi, tentu akan sangat mengganggu tampilan layar, bukan?

    Karena itu, jangan abai soal ini, ya. Kamu bisa bersihkan lensanya dengan pembersih kaca mata, kuas lembut atau alat lainnya. Yang pasti, jangan sampai kamu menggunakan alat yang bisa menggores lensa, ya.

    4. Rutin Bersihkan Airflow Proyektor

    Selain lensa, airflow atau saluran udara pada alat ini pun juga harus kamu bersihkan secara rutin, lho. Karena kalau ada banyak debu yang menempel dan bersarang di dalam airflow, ini bisa membuat mesin cepat panas.

    Mengapa begitu? Hal ini karena debu yang berada di dalam akan menyumbat airflow dan membuat udara tidak keluar dengan baik.

    Jadi, kalau kamu ingin alat ini awet dan bertahan lama, sebaiknya rutin bersihkan kedua bagian ini, ya.

    5. Simpan di Tempat yang Aman

    Cara merawat proyektor terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyimpannya di tempat yang aman dan kering. Seperti yang kamu ketahui, alat yang satu ini memiliki lensa yang sangat sensitif terhadap udara lembab.

    Kalau tersimpan di ruangan yang lembab, lensa bisa rusak dan gambar yang dihasilkan pun tidak jernih lagi. 

    Karena itu, ada baiknya kamu selalu menyimpannya di dalam tas yang cukup tebal. Sehingga, alat ini bisa terhindar dari udara lembab, debu serta air.

    Proyektor memang jadi salah satu alat elektronik yang butuh perhatian khusus kalau ingin awet dan tahan lama. Mengingat komponen di dalamnya sangat sensitif terhadap debu, air dan guncangan. Untuk itu, pastikan kamu merawatnya dengan tepat! 

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Selain itu, kamu juga bisa, lho, mencari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait