Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBikin Ruangan Sempit Tampak Luas dengan 7 Cara ini!

    Bikin Ruangan Sempit Tampak Luas dengan 7 Cara ini!

    Wujudkan hunian yang lebih luas dengan tips berikut ini!

    News.OLX – Terkadang, memilih hunian itu seperti jodoh, yang paling penting pas di hati walaupun ukurannya tidak luas. Memiliki hunian berukuran minimalis dan kecil bisa membuat rumah terasa sempit. Terlebih, jika dipenuhi dengan terlalu banyak perabot, pasti ruangan jadi terasa sesak, bukan?

    Namun, ukuran hunian yang minimalis bukan berarti mengesampingkan kenyamanan dan menjadi terasa lebih luas. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menata ruangan sempit ini agar terlihat lebih luas.

    Cara menata ruang sempit terlihat luas

    Kamu tak perlu bingung ataupun pusing bagaimana cara menata ruangan minimalis milikmu agar terlihat luas. Mari simak tips menata rumah sempit jadi terlihat lebih luas berikut ini!

    1. Pertimbangkan Konsep Ruangan Terbuka

    Jika kamu memiliki rumah dengan area luas terbatas, cobalah menggunakan konsep ruangan terbuka tanpa banyak penyekat  di dalamnya. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak ruangan dan sekat, justru akan membuat rumah jadi lebih sempit.

    Namun, bila kamu tetap ingin membatasi ruangan satu dengan yang lain, cukup gunakan perabot. Misalnya, kamu ingin memberikan batas antara dapur dan ruang tamu. Nah, kamu dapat menggunakan sofa atau rak sebagai pembatas.

    2. Gunakan perabot multifungsi

    Perabot multifungsi menjadi salah satu solusi untuk menata ruangan sempit. Sebab, kamu dapat memaksimalkan fungsi dari beberapa perabot hanya dengan satu furniture.

    Sebagai contoh, kamu dapat menempatkan sofa tidur untuk duduk dan bersantai. Selain itu, kamu juga bisa meja yang dilengkapi tempat penyimpanan pada ruang tamu.

    3. Tambahkan Cermin

    Penggunaan cermin rupanya mampu memberikan efek luas pada ruangan. Kamu bisa memilih cermin berukuran sedang hingga besar dengan warna senada tema ruangan untuk memberikan kesan yang harmonis.

    Agar lebih menawan, gunakanlah cermin dinding dengan gaya dekorasi unik.

    4. Manfaatkan penggunaan rak dinding

    Menambah lemari untuk menempatkan buku atau barang lainnya terkadang membuat ruangan terasa penuh. Kamu dapat memaksimalkan area dinding dengan memasang rak dinding. Sehingga, hunian pun tampak lebih rapi tanpa adanya barang berserakan.

    5. Pasang mezzanine

    Jika rumah kamu memiliki atap yang cukup tinggi, kamu dapat mempertimbangkan untuk membangun mezzanine di dalam rumah. Mezzanine ini nantinya dapat kamu gunakan untuk kamar tidur, ruang kerja, dan ruangan lainnya yang kamu butuhkan.

    Luas (1)

    6. Gunakan cat tembok dengan warna cerah

    Cat tembok dengan warna cerah seperti putih  dapat memberikan kesan lapang dan terang pada ruangan karena memantulkan cahaya. Selain itu, cat ini dinilai cukup netral sehingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis perabot.

    7. Hindari terlalu banyak hiasan dinding dan buat jendela

    Kamu suka memasang dekorasi dinding pada ruangan? Jika ya, sebaiknya hindari hal tersebut karena akan membuat ruangan terkesan penuh dan padat.

    Alih-alih menggunakan dekorasi dinding, pasanglah jendela agar sirkulasi udara jadi lebih segar dan membuat ruangan tampak lebih luas. Kemudian, kalau kamu tetap ingin menggunakan dekorasi dinding, pilihlah dekorasi berukuran kecil dengan desain minimalis supaya ruangan lebih menawan.

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat mengubah ruangan kecil menjadi ruangan yang terlihat lebih luas dan nyaman. Ingatlah untuk memilih furniture yang proporsional, menggunakan warna cerah, dan memaksimalkan cahaya alami.

    Hindari furnitur yang berlebihan, dinding yang terlalu gelap, dan perabotan yang tidak rapi. Manfaatkanlah rak dinding, cermin besar, dan pencahayaan yang baik untuk menciptakan ruangan yang menyenangkan dan fungsional.

    Tenang saja, berbagai perabotan yang unik dan menarik seperti di atas pun bisa kamu temukan di OLX. Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait