Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBolehkah Motor Listrik Terobos Banjir?

    Bolehkah Motor Listrik Terobos Banjir?

    Jika kamu pengguna motor listrik, begini cara menghadapi banjir menggunakan kendaraan tersebut.

    News.OLX – Motor listrik kini menjadi pilihan yang populer di tengah masyarakat, terutama karena fitur-fitur canggih yang disematkan padanya. Salah satu fitur penting yang dimiliki oleh motor listrik adalah ingress protection, yang membuatnya tahan terhadap air.

    Namun, meski telah dilengkapi dengan teknologi canggih, motor listrik tidak boleh sembarangan terobos banjir. Apa alasannya?

    Motor listrik dan ancaman banjir

    Motor listrik memang dirancang dengan fitur keamanan, termasuk tingkat perlindungan terhadap air. Namun, pengguna perlu memahami batasannya. Meskipun motor listrik dapat melewati genangan air yang tidak terlalu dalam, lebih baik menghindari banjir yang berlebihan.

    Astra Muhammad Sina, pemilik bengkel motor listrik EVCentrum, memberikan insight penting terkait dampak banjir pada motor listrik. Ia menjelaskan bahwa terlalu sering terkena air banjir dapat merusak komponen penting seperti hub-drive yang mengandung magnet, koil, dan dinamo.

    “Lingkar magnet di hub-drive karatan dan kumparan koil kotor. Ini bikin motor nggradak, bahkan mati total,” kata Sina, seperti dikutip Kompas.com Sina menekankan bahwa penggunaan motor listrik yang kurang benar dan kurang perawatan dapat menjadi penyebab kerusakan. Jika motor terlanjur terkena air banjir, beberapa langkah dapat diambil, seperti membersihkan magnet dan kumparan koil. Namun, untuk kerusakan yang lebih parah, perbaikan lebih lanjut mungkin diperlukan.

    “Kalau cuma karatan, magnetnya bisa digosok sampai bersih. Koil juga bisa dibersihkan dari kotoran, berdoa saja supaya dinamo enggak kena,” terang dia.

    motor listrik (1)

    Tips merawat baterai motor listrik

    Selain mengatasi risiko banjir, merawat baterai motor listrik juga sangat penting agar motor tetap berkinerja optimal dan umurnya lebih panjang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

    1. Hindari mengisi baterai di bawah 20 persen

    Menjaga tingkat daya baterai di atas 20 persen adalah praktik yang bijak. Mengisi daya saat baterai berada pada level ini membantu mencegah penurunan kapasitas baterai dan menjaga kesehatan sel-sel baterai.

    2. Isi baterai secara berkala

    Meski jarang digunakan, selalu pastikan untuk mengisi ulang baterai setidaknya dua atau tiga hari sekali. Hal ini membantu menjaga performa baterai tetap optimal dan menghindari masalah yang mungkin timbul akibat penggunaan yang sporadis.

    3. Jangan isi daya saat baterai panas

    Sebagai langkah pencegahan, hindari mengisi daya saat baterai masih dalam keadaan panas setelah penggunaan intensif. Tunggu hingga baterai mencapai suhu normal sebelum memulai proses pengisian daya.

    4. Parkir di tempat sejuk

    Suhu yang tinggi dapat memengaruhi umur pakai baterai. Oleh karena itu, selalu parkir motor listrik di tempat yang sejuk atau teduh untuk mencegah overheating baterai dan memastikan kesehatan sel-sel baterai.

    5. Gunakan charger orisinal

    Penggunaan charger dan kabel orisinal sangat penting. Charger yang tidak orisinal dapat memberikan daya yang tidak stabil dan berpotensi merusak baterai serta komponen lainnya. Selalu gunakan perangkat yang disertakan oleh produsen.

    6. Batas waktu pengisian daya

    Hindari meninggalkan motor terlalu lama dalam proses pengisian daya. Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan pemanasan berlebihan dan mengakibatkan penurunan performa serta umur pakai baterai.

    7. Tunggu motor dingin sebelum diisi daya

    Sebelum memulai proses pengisian daya, pastikan motor listrik dalam keadaan dingin. Hal ini membantu menghindari kondisi panas yang dapat merugikan sel-sel baterai dan memastikan pengisian daya yang optimal.

    Merawat baterai motor listrik dengan cermat bukan hanya untuk mempertahankan kinerja optimal, tetapi juga untuk memperpanjang umur pakai baterai.

    Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu dapat menjaga daya tahan baterai motor listrik, sehingga tetap dapat menikmati perjalanan tanpa kendala. Stay safe dan enjoy the ride!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait