Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Membuat Kolam Ikan di Rumah, Mudah!

    Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah, Mudah!

    Kolam ikan memang bisa menambah dekorasi pada rumah. Simak cara membuatnya di artikel ini!

    News.OLX – Di Indonesia, ada banyak sekali rumah yang memiliki kolam ikan di halamannya. Kebanyakan orang membuat kolam ini sebagai dekorasi rumah agar tampak lebih estetik.

    Nah, bila kamu juga ingin membuatnya di rumah, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Agar lebih jelas, simak cara membuat kolam ikan di rumah selengkapnya di bawah ini.

    Tahap Persiapan

    Sebelum kamu menggali tanah untuk kolam ikan, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan lebih dulu. 

    Kamu harus rencanakan lebih dulu seperti apa kolam yang ingin kamu buat agar prosesnya bisa lebih efektif dan efisien nantinya. Mulai dari lokasinya, seberapa dalam, ingin bentuk yang seperti apa hingga bahan apa yang mau kamu gunakan.

    Persiapkan Alat dan Bahan

    Bila sudah melakukan tahap persiapan, barulah kamu persiapkan seluruh alat dan bahan yang ingin kamu gunakan. Untuk alat sendiri, kira-kira ini yang kamu butuhkan:

    1. Cangkul
    2. Kayu papan
    3. Sekop 
    4. Spirit level tools
    5. Liner

    Peralatan ini bisa kamu improvisasi lagi sesuai dengan kebutuhan. Kemudian berikut perkiraan bahan-bahan yang kamu perlukan:

    1. Semen
    2. Pasir dan tanah
    3. Air
    4. Batu alam dan batu bata
    5. Pelapis logam (opsional)

    kolam ikan (1)

    Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah

    Untuk membuat kolam ikan, cara yang orang gunakan terkadang berbeda. Hal ini lantaran tiap orang akan memiliki perencanaan yang berbeda.

    Meski begitu, secara garis besar, berikut tahapan-tahapan pembuatan yang bisa kamu lakukan.

    1. Gali Tanah 

    Tahapan pertama yang harus kamu lakukan tentunya menggali tanah di area kamu ingin membuat kolam tersebut. Namun, sebelum menggalinya, ada baiknya kamu buat garis desain dari kolam yang kamu inginkan di tanah.

    Misalnya kamu ingin membuat desain yang bentuknya asimetris. Maka, kamu bisa menggambarnya lebih dulu di atas tanah. Setelah itu, barulah mulai gali sesuai dengan garis yang sudah kamu buat.

    2. Rapikan Bagian Sudut dan Ratakan Tanah 

    Setelah tanah selesai digali, selanjutnya kamu harus merapikan sudut-sudut kolam. Untuk merapikannya kamu bisa gunakan sekop kecil.

    Selain merapikan sudut-sudut kolam, ratakan pula tanah dasar serta bagian atas kolam dengan spirit level. Bila kamu tidak memiliki spirit level, kamu bisa gunakan kayu papan dan alat lainnya untuk melihat apakah tanah sudah rata atau belum.

    Jika belum, kamu bisa sesuaikan dengan menambah atau mengurangi tanah pada bagian yang belum rata.

    3. Lapisi Permukaan Tanah 

    Untuk melapisi permukaan tanah ini, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa gunakan liner saja atau juga menggunakan pelapis logam.

    Bila kamu ingin membuat kolam yang sederhana saja, kamu cukup lapisi dengan liner. Namun, bila kamu tidak ingin ada hewan yang bisa menembus liner, kamu bisa lapisi dulu dengan pelapis logam dan timbun dengan tanah lagi.

    4. Lihat Kedalaman Kolam Ikan 

    Sekarang, cobalah untuk lihat kedalaman dari kolam yang sudah kamu gali tersebut. Kira-kira sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum?

    Untuk melihatnya, kamu bisa isi sedikit air ke dalam kolam dan lihat bagaimana bentuk kolam yang sudah kamu buat. Lalu, lakukan revisi pada bagian yang belum memuaskan dan ratakan kembali tanah. Kamu juga bisa lapisi dengan semen atau keramik, jika ingin. 

    5. Tutup Pinggiran Kolam dengan Batu Bata 

    Sebagai langkah terakhir, kamu bisa tutup pinggiran kolam dengan batu bata. Gunakan pula semen untuk merekatkan batu bata agar tidak terjadi kebocoran.

    Bila sudah, kamu bisa mendekorasi kolam sesuai keinginan. Misalnya dengan menggunakan batu alam, tanaman atau menambah dekorasi seperti air mancur.

    Jangan lupa pula untuk mengatur bagian pengairannya agar ikan nantinya bisa mendapatkan banyak oksigen.

    Demikian cara membuat kolam ikan di rumah yang mudah dan sederhana. Kamu bisa sesuaikan dengan peralatan dan bahan-bahan yang kamu punya.

    Bila kamu ingin memasang batu alam atau membuat taman untuk menghiasi kolam, kamu bisa temukan jasa pemasangannya di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait