Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mengatasi Mika Lampu Motor Berembun

    Cara Mengatasi Mika Lampu Motor Berembun

    Ini dia cara mudah mengatasi mika lampu motor yang berembun.

    News.OLX – Tahukah kamu bahwa menjaga kebersihan lampu motor sangat penting untuk menunjang keselamatan saat berkendara terutama pada kondisi malam hari. Jangan biarkan mika lampu motor kamu sampai berembun karena dapat mengganggu saat di perjalanan.

    Mika lampu motor memang sering berembun terutama saat musim penghujan. Biasanya hal ini terjadi karena disebabkan oleh perbedaan suhu antara udara di sekitar dan permukaan mika yang lebih dingin.

    Ketika udara yang lembab bersentuhan dengan permukaan mika yang dingin, uap air dalam udara tersebut dapat mengembun, menyebabkan embun pada mika lampu.

    Resiko jika mika lampu motor berembun

    Selain yang dijelaskan diatas jika mika lampu motor yang berembun dapat mengganggu saat kamu mengemudi di malam hari, jangan sampai kejadian itu dibiarkan terlalu lama karena dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada daerah tersebut.

    Selain itu, jika mika lampu motor yang berembun tidak langsung ditangani dapat mengakibatkan terjadinya hubungan arus listrik atau konslet. Sehingga kamu harus merogoh kocek lagi untuk mengganti lampu motor.

    lampu motor (1)

    Tips mengatasi mika lampu motor yang berembun

    Lebih baik jika kasus tersebut segera ditangani sebelum terlambat. Berikut adalah cara mudah dalam mengatasi permasalahan tersebut :

    1. Parkir kendaraan kamu di tempat yang kering dan memiliki sinar matahari yang cukup. Sebaiknya langsung lap motor kamu jika baru saja menghadapi hujan atau genangan air.
    2. Jika kamu menemukan embun sampai ke dalam mika motor, cukup nyalakan motor dan fokus untuk menyalakan lampu beberapa waktu hingga embun nya menghilang.
    3. Ketika menemukan kondisi embun sampai ke dalam mika lampu motor yang cukup banyak berbentuk seperti genangan, segera bongkar bagian tersebut dan lap menggunakan kain bersih yang kering.

    Selain itu, kamu juga bisa terapkan tips dan trik dibawah ini untuk menghindari embun pada mika lampu motor :

    1. Bersihkan mika lampu motor secara berkala. Disarankan untuk kamu rutin bersihkan mika lampu motor agar tetap bebas dari debu, kotoran, dan residu lainnya. Permukaan yang bersih dapat membantu mencegah pembentukan embun.
    2. Jangan lupa periksa dan perbaiki segel dan karet pada lampu motor. Pastikan bahwa mika lampu motor kamu terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran udara yang dapat menyebabkan embun.
    3. Panaskan mesin sebelum digunakan dan nyalakan lampu motor untuk beberapa saat. Pemanasan motor dapat membantu mengurangi perbedaan suhu antara udara dan permukaan mika lampu motor sehingga mengurangi kemungkinan embun.

    Pastikan untuk rutin mengecek keadaan mika lampu motor kamu terutama saat musim penghujan. Jika embun terus menjadi masalah, sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel atau mekanik motor terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait