Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mengurus, Syarat, dan Biaya Mutasi Mobil

    Cara Mengurus, Syarat, dan Biaya Mutasi Mobil

    Berapa biaya mutasi mobil dan bagaimana proses melakukannya? Cek detailnya di sini!

    News.OLX – Biaya mutasi mobil dan proses melakukannya sering dianggap kompleks. Padahal tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok!

    Hanya saja, kamu akan diminta untuk menyiapkan beberapa surat-surat dan dokumen sebelum melakukan mutasi mobil. Selain itu sangat penting adalah memastikan bahwa kondisi mobil berada dalam keadaan prima.

    Lantas, seperti apa cara mengurus, syarat, proses melakukan, dan biaya mutasi mobil? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini.

    Cara mutasi mobil

    Pertama-tama, perlu diketahui bahwa proses mutasi mobil paling sesuai dilakukan ketika seseorang telah pindah ke lokasi yang berbeda.

    Jika tidak, dapat timbul berbagai masalah administratif, seperti pembayaran pajak mobil atau perpanjangan STNK yang dapat menjadi cukup rumit.

    Persiapan mutasi mobil

    Sebelum memulai proses mutasi, penting untuk memahami jenis mutasi yang akan dilakukan. Terdapat dua jenis mutasi, yakni mutasi dalam satu daerah (provinsi) atau mutasi ke daerah lain.

    Mutasi dalam satu daerah hanya memerlukan penggantian alamat, sementara mutasi ke daerah lain melibatkan perubahan alamat dan nomor polisi mobil.

    Setelah itu, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti STNK, BPKB, KTP, dan kwitansi pembelian mobil. Pastikan pula untuk melakukan servis pada mobil agar kondisinya optimal.

    biaya mutasi mobil (1)

    Proses mutasi mobil

    Proses mutasi mobil berlangsung cukup singkat. Kunjungi kantor Samsat, lakukan pemeriksaan fisik kendaraan, serahkan semua dokumen kepada petugas, dapatkan formulir pemeriksaan fisik, isi formulir, dan serahkan kembali. Bersama petugas, lakukan pengecekan nomor mesin dan rangka.

    Selanjutnya, fotokopi seluruh dokumen di gerai yang tersedia di kantor Samsat. Serahkan salinan dokumen kepada petugas di loket pemeriksaan fisik. Lalu, bayar pajak atau biaya lain yang belum terlunasi di bagian fiskal.

    Apabila tidak ada masalah, kamu akan diberikan kartu induk. Kemudian bawa ke bagian mutasi untuk mendapatkan surat jalan yang memungkinkan proses mutasi di domisili baru.

    Proses tidak berhenti di situ. Kamu akan diminta untuk membayar pajak mobil secara online dan urus mutasi mobil di kantor Samsat domisili baru dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

    Biaya mutasi mobil

    Biaya mutasi mobil dihitung berdasarkan rumus tertentu. Biaya mutasi masuk mobil (BBN) sebesar 1% dari harga beli mobil. Selain itu, terdapat biaya-biaya lain, seperti biaya fisik, administrasi, dan sebagainya.

    • Biaya Mutasi Masuk (BBN): Rp. 2 juta
    • Cek Fisik: Gratis
    • Biaya Fiskal: Rp. 250 ribu
    • Admin Gudang Kartu Induk: Rp. 10 ribu
    • Admin Mutasi Keluar: Rp. 50 ribu
    • Admin Mutasi Masuk: Rp. 375 ribu
    • Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK: Rp. 400 ribu
    • Penerimaan Negara Bukan Pajak BPK: Rp. 100 ribu

    Berapa lama proses mutasi mobil?

    Waktu yang dibutuhkan untuk proses mutasi mobil dapat bervariasi, tergantung pada kecepatan petugas yang terlibat. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 1-2 minggu setelah pembayaran biaya mutasi.

    Namun, apabila terdapat kendala terkait dokumen atau data, waktu yang diperlukan bisa lebih lama. Oleh karena itu, pastikan semua dokumen telah lengkap untuk memastikan kelancaran proses mutasi.

    Tips agar mutasi berjalan lancar

    Sebagai tambahan, diberikan beberapa tips yang dapat meningkatkan kelancaran proses mutasi mobil.

    Pertama, penting untuk menjaga dengan cermat semua dokumen terkait kendaraan, serta disarankan untuk membuat salinan cadangan sebagai langkah pencegahan yang bijak.

    Selanjutnya, disarankan untuk membawa uang dengan nominal yang sesuai agar proses pembayaran di loket dapat berlangsung dengan efisien, dengan memperhatikan kebutuhan uang receh untuk transaksi-admin kecil yang mungkin dibutuhkan.

    Selanjutnya, sebelum mengunjungi kantor Samsat, disarankan untuk melakukan pengecekan informasi terkini terkait aturan dan prosedur mutasi pada situs resmi mereka atau dapat memperoleh informasi langsung dari petugas yang berwenang.

    Selain itu, sangat penting untuk tetap memantau secara aktif seluruh tahapan proses mutasi setelah penyerahan dokumen, guna memastikan tidak terjadi kelewat tahap atau terjadi kendala lainnya yang dapat memperlambat proses mutasi.

    Selanjutnya, sangat ditekankan untuk tidak menunda pembayaran pajak mobil agar menghindari potensi denda atau sanksi tilang yang dapat diterapkan apabila pembayaran pajak terlambat.

    Seiring dengan perkembangan teknologi, memanfaatkan fasilitas pembayaran pajak secara online dianggap sebagai opsi yang praktis dan efisien.

    Dengan memperhatikan dan mengimplementasikan tips-tips tambahan ini, diharapkan proses mutasi mobil dapat berjalan dengan lancar dan efektif, serta mencegah potensi masalah yang mungkin timbul selama proses tersebut.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait