Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Pakai Gemini AI, Model AI milik Google Pesaing ChatGPT

    Cara Pakai Gemini AI, Model AI milik Google Pesaing ChatGPT

    Gemini AI diklaim jauh lebih pintar dibandingkan dengan ChatGPT. Ini faktanya.

    News.OLX – Google meluncurkan model kecerdasan buatan terbaru mereka, Gemini AI, pada 6 Desember lalu. Gemini AI diklaim jauh lebih pintar dibandingkan dengan ChatGPT. 

    Menurut CEO dan Co-Founder Google DeepMind, Demis Hassabis, Gemini AI dianggap sebagai model kecerdasan buatan terbesar dan tercanggih yang pernah dibangun oleh tim Google.

    “Tujuan tim kami adalah membangun model AI generasi baru yang tidak hanya cerdas sebagai perangkat lunak, tetapi juga berfungsi sebagai asisten manusia. Dengan diperkenalkannya Gemini, Google mendekatkan diri pada visi tersebut,” Demis.

    Gemini dijelaskan sebagai model yang paling canggih dan umum yang pernah dibangun oleh Google.

    Gemini AI dibuat dengan berbagai kemampuan, termasuk kemampuan menggeneralisasi dan memahami secara halus, beroperasi secara menyeluruh, dan mampu menggabungkan berbagai jenis informasi seperti teks, kode, audio, gambar, dan video. 

    Model ini memiliki tiga varian, yaitu Gemini Ultra (paling cerdas dan luas), Gemini Pro (mencakup berbagai tugas), dan Gemini Nano (untuk tugas tertentu dan dapat digunakan di perangkat seluler).

    Meskipun memiliki nama-nama yang terdengar seperti layanan premium, saat ini Gemini AI dapat diakses secara gratis. 

    Google menyediakan Gemini Pro dan Nano secara gratis untuk semua pengguna, sementara Gemini Ultra rencananya akan dirilis tahun 2024 ini. Belum diketahui apakah versi tertinggi ini akan dikenakan biaya atau tidak.

    chatgpt (5)

    Cara pakai Gemini AI

    Gemini AI dapat diakses melalui platform AI Google Bard yang telah dirilis sebelumnya. Pengguna dapat mengakses Gemini AI Pro dengan masuk ke situs Google Bard dan login menggunakan akun Google mereka. 

    Setelah itu, mereka dapat memberikan perintah atau pertanyaan kepada Google Bard mengenai berbagai topik, mulai dari membuat puisi, email, kode, surat, hingga terjemahan. Model ini juga diharapkan dapat membuat video, foto, dan bahkan suara.

    Selain itu, bagi pengguna ponsel Google Pixel, khususnya Pixel 8 Pro, mereka dapat menggunakan Gemini Nano tanpa koneksi internet. 

    Pengguna hanya perlu mengaktifkan Smart Reply untuk mendapatkan balasan cerdas yang didukung oleh Gemini Nano. 

    Caranya adalah dengan mengaktifkan AiCore melalui menu Pengaturan > Opsi Pengembang > Pengaturan AiCore > Aktifkan Aicore Persistent.

    Dengan perkenalan Gemini AI, Google ingin memberikan pengalaman baru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang lebih canggih dan mendekati kemampuan manusia.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait