Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Tepat

    Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Tepat

    Salah satu fungsi relay KLAKSON adalah meningkatkan keamanan dengan suara klakson yang lebih lantang

    News.OLX – Mengetahui cara pasang relay klakson pada mobil merupakan langkah penting untuk memastikan klakson kembali berfungsi optimal.

    Dalam keadaan darurat hal ini penting, supaya mampu kembali memberikan isyarat yang jelas kepada pengguna jalan lain, dan meningkatkan keselamatan berkendara.

    Lantas, bagaimana cara pasang relay klakson mobil dengan tepat?

    cara pasang relay klakson (1)

    Cara pasang relay klakson mobil

    Agar tidak salah pasang, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Siapkan alat yang dibutuhkan

    Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan kamu telah menyiapkan peralatan seperti socket relay, kabel tebal, fuse box, terminal konektor, dan ring terminal.

    2. Pasang relay pada sistem tegangan negatif

    Proses pemasangan dimulai dengan memasang relay pada sistem tegangan negatif. Kaki relay (nomor 30) terhubung ke kutub positif aki, sementara kaki relay (nomor 87) terhubung ke kutub positif klakson mobil. 

    Pastikan penggunaan kabel yang sesuai dengan kebutuhan.

    Alternatifnya, jika menggunakan sistem tegangan positif, langkah-langkah pemasangan hampir mirip dengan sistem tegangan negatif. 

    Kaki relay (nomor 30) dihubungkan ke kutub positif aki, dan kaki relay (nomor 87) terhubung ke kutub positif klakson, dengan tambahan pemasangan kaki relay (nomor 87 dan 85) pada kabel klakson mobil.

    Memahami letak kode sekring klakson mobil menjadi penting dalam proses pemasangan relay. Pastikan ketelitian sebelum membeli relay, memeriksa nomor yang tertera pada kaki relay untuk memastikan kesesuaian.

    Manfaat pasang kabel relay

    Pemasangan relay klakson pada mobil memberikan beberapa manfaat, antara lain mengurangi hambatan pada arus listrik, meningkatkan keamanan dengan suara klakson yang lebih lantang, menguji arus listrik mobil, dan memperpanjang usia komponen elektromagnetik serta saklar mobil.

    Dengan memahami cara pasang relay klakson yang benar, kamu dapat memastikan klakson beroperasi secara optimal, memberikan isyarat yang jelas, dan meningkatkan keselamatan berkendara.

    Proses pemasangan yang tepat akan memberikan manfaat jangka panjang bagi sistem listrik mobil kamu.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait