Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCas Aki Motor Sebaiknya Berapa Lama?

    Cas Aki Motor Sebaiknya Berapa Lama?

    Temukan informasi lengkap mengenai durasi atau berapa lama cas aki motor pada artikel ini!

    News.OLX – Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik motor adalah memperhatikan keadaan aki (akumulator) di kendaraan roda dua ini. Hal ini tentu merupakan salah satu upaya untuk menjaga sumber listrik utama pada kendaraan ini bisa berfungsi baik.

    Namun, kita tidak bisa sembarangan melakukan pengisian daya, khususnya mengenai durasi atau berapa lama cas aki motor. Untuk itu, ketahuilah beberapa informasi penting terkait durasi hingga aspek penting lain mengenai sumber listrik ini!

    Berapa Lama Cas Aki Motor yang Baik?

    Saat memutuskan untuk melakukan pengisian daya, maka durasi atau berapa lama cas aki motor ini akan bergantung kepada beberapa faktor penting. Misalnya saja kapasitasnya serta tipe pengisian yang kamu lakukan.

    Untuk proses pengisian cepat, durasi untuk mengecas daya dengan daya 12 volt adalah selama 30  menit sampai satu jam saja. Sedangkan untuk pengisian secara normal, maka durasinya akan lebih lama, yaitu lima sampai sepuluh jam.

    Contohnya adalah jika milikmu bertipe aki maintenance free berkapasitas 7 Ampere dan memiliki tegangan 12 volt. Maka, untuk mengisi dengan mode normal, waktu pengisian untuk 0.7 Ampere dalam waktu lima hingga sepuluh jam.

    Sedangkan saat pengisian cepat, maka aliran listrik yang alat ini butuhkan adalah 3.5 Ampere dengan durasi charging sekitar satu jam. Lalu, untuk mode cepat dan normal besaran ampere yang dibutuhkan akan berbeda satu sama lain. Hal itu bisa kamu lihat pada kemasan aki.

    Dengan begitu, terlihat bahwa tidak semuanya bisa diisi dengan kapasitas ampere yang sama. Jadi, perhatikanlah kapasitas dan mode pengisian apa yang kamu pilih nantinya.

    Namun, dari kedua metode tersebut, sebaiknya pilih metode normal supaya pengisian daya berjalan maksimal. Jadi, pastikanlah untuk mengisinya ketika sedang senggang, sebab waktu yang dibutuhkan memang lebih panjang.

    Aki (3) (1)

    Tanda Aki Motor Harus Segera Dicas

    Beberapa pemilik motor merasa bahwa setelah performa kendaraannya menurun, hal yang harus dilakukan adalah mengganti  akumulator tersebut dengan perangkat baru.

    Padahal tidak harus selalu begitu, karena beberapa di antaranya masih bisa kamu pakai setelah dayanya diisi kembali.

    Hal pertama adalah mengecek jumlah bolt-nya. Apabila angkanya masih di atas 10 volt, maka akumulator ini masih bisa kamu cas.  Hal ini berlaku untuk akumulator kering ataupun basah.

    Lalu, jika memakai akumulator basah, silakan cek bagian dalam kaki atau komponen selnya. Pastikan area ini  masih belum berjamur. Karena jika sudah ditemukan jamur, kamu sebaiknya membeli yang baru saja.

    Dengan memperhatikan hal ini, maka kamu bisa lebih hemat biaya, karena tidak harus langsung mengganti dengan produk baru.

    Tips Agar Usia Pemakaian Aki Lebih Lama

    Selain rutin mengisi dayanya, kamu masih bisa berperan aktif untuk memperpanjang umur akumulator ini dengan berbagai cara.

    Pertama adalah dengan memastikan bahwa kabel-kabel pada akumulator ini sudah tersambung dengan baik. Pastikan juga bahwa area terminalnya tidak mengalami korosi sama sekali.

    Kedua, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dari akumulator, terutama dari debu dan kotoran yang bisa mengganggu performanya.

    Ketiga, ketika mesin kendaraan mati, hindarilah untuk memakai perangkat listrik tambahan  secara berlebihan. Hal ini adalah upaya untuk menghindari konsumsi daya berlebihan pada akumulator tersebut.

    Terakhir, ceklah tegangannya secara berkala. Apabila dibutuhkan, silakan lakukan penggantian.

    Dengan mengikuti instruksi terkait aki tersebut, maka ke depannya perangkat ini bisa berjalan lebih optimal dan tahan lama. Jika informasi ini membantumu, silakan cek juga lama OLX. Tidak hanya informasi umum, kamu juga bisa melakukan jual beli barang di sini. Silakan unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait