Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDaftar 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

    Daftar 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

    Apakah kamu pernah melintasi 7 tol terpanjang di Indonesia berikut ini?

    News.OLX – Jalan Tol di Indonesia merupakan salah satu infrastruktur penting yang menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia. Jalan tol berperan penting dalam meningkatkan konektivitas antar-wilayah, memperlancar arus transportasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

    Saat ini Indonesia sedang gencar membangun jalan tol antar provinsi. Jalan tol trans Sumatera misalnya, yang akan direncanakan rampung tahun 2024.

    Lantas, untuk saat ini, mana ruas tol yang terpanjang di Indonesia? Berikut adalah daftar 7 jalan tol terpanjang di Indonesia.

    1. Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung

    Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 189 kilometer. Tol ini menghubungkan Lampung dan Sumatera Selatan. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 2019 dan menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera.

    2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

    Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan jalan tol terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang mencapai 140,94 kilometer. Tol ini menghubungkan Lampung dan Sumatera Selatan. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 2019 dan menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera.

    3. Tol Pekanbaru-Dumai

    Tol Pekanbaru-Dumai merupakan jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia dengan panjang mencapai 131 kilometer. Tol ini menghubungkan Pekanbaru dan Dumai di Provinsi Riau. Tol Pekanbaru-Dumai diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual pada tahun 2020.

    4. Tol Cikopo-Palimanan

    Tol Cikopo-Palimanan atau biasa dikenal dengan Cipali merupakan jalan tol terpanjang keempat di Indonesia dengan panjang mencapai 116 kilometer. Tol ini menghubungkan Cikopo di Purwakarta sampai Palimanan di Cirebon. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 2015 dan menjadi bagian dari Tol Trans Jawa.

    5. Tol Balikpapan-Samarinda

    Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol terpanjang kelima di Indonesia dengan panjang mencapai 99 kilometer. Tol ini menghubungkan Balikpapan dan Samarinda di Kalimantan Timur. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 2021.

    6. Tol Jakarta-Merak

    Tol Jakarta-Merak merupakan jalan tol terpanjang keenam di Indonesia dengan panjang mencapai 98 kilometer. Tol ini menghubungkan Jakarta dan Pelabuhan Merak di Banten. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 1990.

    7. Tol Solo-Ngawi

    Tol Solo-Ngawi merupakan jalan tol terpanjang ketujuh di Indonesia dengan panjang mencapai 91 kilometer. Tol ini menghubungkan Solo dan Ngawi di Jawa Timur. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 2018.

    tol terpanjang di indonesia

    Alasan Pembangunan Jalan Tol

    Itu adalah 7 jalan tol terpanjang di Indonesia. Pembangunan jalan tol di Indonesia dilakukan oleh pemerintah untuk berbagai alasan. Berikut penjelasannya.

    1. Meningkatkan konektivitas antar-wilayah 

    Jalan tol dapat mempersingkat jarak tempuh dan waktu perjalanan antar-wilayah. Hal ini dapat meningkatkan konektivitas antar-wilayah dan memudahkan mobilitas masyarakat.

    2. Memperlancar arus transportasi

    Jalan tol dapat mengurangi kemacetan di jalan umum. Hal ini dapat memperlancar arus transportasi dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan.

    3. Mendorong pertumbuhan dan produktifitas ekonomi

    Jalan tol dapat membuka akses ke kawasan-kawasan ekonomi baru. Selain ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, jalan tol juga berfungsi untuk menekan biaya.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait