Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    InformasiDaftar Negara yang Gunakan Setir Mobil di Kanan

    Daftar Negara yang Gunakan Setir Mobil di Kanan

    INI daftar negara dengan setir mobil kanan serta alasannya.

    News.OLX – Indonesia merupakan salah satu dengan setir mobil di sebelah kanan. Namun, jika kamu melihat film atau video dari beberapa negara lain, beberapa di antaranya menggunakan setir di sebelah kiri.

    Hal tersebutlah yang terkadang membuat orang-orang harus memiliki SIM internasional. Jika penasaran mengenai alasan munculnya dua variasi tersebut serta negara dengan setir kanan, kamu berada di halaman informasi yang tepat. Simak semuanya dalam ulasan di artikel ini.

    Daftar Negara dengan Setir Kanan

    Berikut beberapa negara dengan setir kanan yang bisa kamu ketahui:

    1. Indonesia

    Aturan mengemudi dengan setir kanan di Indonesia adalah karena pengaruh dari penjajahan Inggris dan Belanda di negara ini. Meskipun Belanda telah pergi dan beralih ke setir kiri, Indonesia masih melanjutkan kebiasaan ini. Sebab, Jepang yang waktu itu menjajah juga menggunakan setir di sisi kanan.

    2. Brunei

    Brunei merupakan salah satu negara bekas jajahan Inggris. Hal ini mengakibatkan aturan mengenai mengemudikan mobil di di sisi kiri jalan dan RHD (Right Hand Driving) berlaku dan masih lanjut hingga sekarang.

    3. Inggris

    Seperti disinggung sebelumnya, Inggris adalah salah satu pelopor posisi setir di kanan. Aturan yang terpengaruh Romawi tersebut awalnya ditujukan pada prajurit kerajaan agar berjalan di sebelah kiri dan memakai pedang pada sisi kanan.

    Ini pun berlanjut dalam industri otomotifnya, yang bermula pada tahun 1903.  Setelah itu, pengaruhnya semakin menyebar, terutama di kawasan Asia dan Afrika.

    setir mobil (1) (1)

    4. Jepang

    Jepang mendapatkan pengaruh ini dari Inggris, namun bukan karena adanya penjajahan. Hal tersebut diawali karena kerja samanya dengan Inggris dalam proyek pembangunan kereta api.

    Saat itu prototipe kereta api dari Inggris menggunakan setir di sisi kanan. Hal itulah yang membuat setir kanan menjadi panduan atau referensi Jepang, termasuk pada setir mobilnya.

    5. Singapura dan Malaysia

    Aturan ini mempengaruhi Singapura ketika kedua negara ini bergabung dengan Malaysia. Akibatnya, pengaruh tersebut pun dibawa hingga keduanya berpisah.

    6. India

    India memang pernah dijajah Inggris, namun pengaruh setir mobil tersebut bukan karena faktor bekas jajahan, namun karena keadaan lalu lintas negaranya. Perbedaan pola lalu-lintas di setiap daerah membuat lalu lintas kacau ketika orang dari daerah berbeda menggunakan jalan yang sama.

    Alhasil, dibuat sebuah aturan atau kesepakatan baku, yang membuat lajur berkendara di kiri dengan setir kanan.

    7. Thailand

    Sama seperti Jepang, Thailand juga tidak pernah dijajah yang membuatnya memberlakukan aturan setir ini. Alasannya memang karena pengaruh Inggris, namun ini akibat hadiah mobil yang diterima Raja Thailand. Di  mana setir mobil berada di sisi kanan.

    Thailand pun akhirnya mengadaptasi kebiasaan berkendara ini ke negaranya hingga sekarang.

    8. Irlandia

    Letak geografisnya yang berdekatan dengan Inggris membuat negara ini juga terpengaruh mengenai sistem posisi setir. Selain itu, mayoritas penduduknya juga menggunakan tangan kanan, sehingga menjadi alasan penguat aturan ini.

    9. Selandia Baru

    Negara ini merupakan bekas jajahan Inggris pada masa 1800-an, di mana pengaruh yang masih tertinggal adalah mengenai lajur dan posisi setir.

    10. Australia

    Negara yang bersebelahan dengan Selandia Baru ini juga dijajah Inggris pada era 1770 sampai 1901, sehingga otomatis mengikuti aturan setir dan masih terbawa hingga sekarang.

    Jika informasi mengenai negara yang memakai setir mobil kanan di atas sudah memenuhi keingintahuanmu, jangan lupa cek OLX untuk dapatkan penawaran terbaik untuk mobil, spare part, atau aksesoris untuk mobilmu. Unduh juga aplikasinya di Google Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait