Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    InformasiIndonesia Juara AFC eAsian Cup 2023, Kalahkan Jepang

    Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023, Kalahkan Jepang

    Sumber foto: antaranews.com

    Setelah sukses menang dari Jepang pada AFC AFC eAsian Cup 2023 di Qatar, Indonesia berhasil membawa tropi.

    News.OLX – Bangsa Indonesia dibuat bangga oleh prestasi Timnas eFootball yang baru saja memenangkan posisi pertama dalam kompetisi  AFC eAsian Cup Qatar 2023 lalu. 

    Pada kompetisi yang berlangsung saat 5 Februari 2024 dinihari WIB tersebut,  tim esport Indonesia bertarung sengit dengan Jepang.

    Pada pertandingan dengan skor akhir 2-0 tersebut timnas diwakili oleh Akbar Paudie, Elga Cahya Putra, serta Rizky Faidan. Skor akhir tersebut berhasil timnas rebut setelah melakukan laga best of three atau menemukan dua laga kemenangan lebih dulu.

    Bukan Pertemuan Pertama

    Pada leg pertama, Elga dan Faiden yang turun ke pertandingan berhasil menundukkan Jepang  1-1 melalui sudden death penalty  dan unggul dengan 3-2. Lalu mereka memastikan posisi kemenangan karena di leg kedua unggul dengan skor 1-0.

    Adu antara kedua negara ini pun bukan merupakan pertemuan pertama, karena sebelumnya Indonesia dan Jepang sudah berusaha saling mengalahkan saat fase grup pada Grup D.

    Pada saat fase grup AFC eAsian Cup tersebut timnas bisa menaklukan Negeri Matahari Terbit tersebut dengan skor 5-1 pada leg pertama. Lalu, pada leg kedua perwakilan Indonesia menerima kekalahan, karena skornya 1-2.

    Meskipun kalah pada leg kedua fase grup, para perwakilan Indonesia masih bisa lanjut mengikuti fase gugur. Hal tersebut karena statusnya sebagai juara di Grup D akibat berhasil menang dari Vietnam sebanyak dua kali, masing-masing skornya 5-0 serta 1-0.

    AFC (1)
    Sumber foto: bisnis.com

    Hanya Kalah Satu Kali

    Pada laga   AFC eAsian Cup Qatar 2023 prestasi Indonesia terbilang mentereng jika melihat statistiknya dari masa fase grup sampai ke tahap final. Di mana kekalahan Skuad Garuda hanya satu kali saja. Seperti yang kamu baca sebelumnya, kekalahan tersebut berlangsung ketika fase grup saat bertanding dengan Jepang.

    Setelah kekalahan tersebut, perwakilan Indonesia dalam AFC tersebut selalu sukses menaklukan semua lawan. Pada babak 16, mereka sukses menghajar Korea Selatan sebanyak dua kali, di mana skornya adalah 2-0.

    Lanjut ke perempat final, anak bangsa yang membanggakan tersebut berhasil menundukkan Uni Emirat Arab yang juga kalah dua kali. Di pertandingan semifinal, Thailand yang kerap menjadi musuh bebuyutan pun dibuat tunduk karena harus menelan pil kekalahan dengan skor 1-0 dan 2-1.

    Barulah di babak final, bendara Indonesia berhasil naik podium berkat kemenangan atas Negara Matahari Terbit tersebut.

    Ketiganya Merupakan Jebolan IFeL

    Tiga anak bangsa yang menjadi perwakilan di Qatar tersebut adalah para jebolan dari ajang IFeL atau Indonesia Football e-League.

    Rizky Faidan merupakan sosok yang sukses memenangi ajang tersebut sebanyak tiga kali pada ajang 2020, 2021, serta 2022. Gelar tersebut ia dapatkan dari dua klub berbeda. Di tahun 2020 dan 2021 ia mewakili PSS Sleman, lalu di tahun 2022 lalu mewakili Bali United. Sekarang ia bertanding mewakili Persik Kediri.

    Sementara itu, di tahun 2023 Elga Cahya Putra berhasil merebut gelar di pertandingan tersebut sebagai perwakilan Borneo FC. Lalu, di ajang yang sama pada tahun 2021, Elga sukses memenangkan posisi runner up kedua. Sampai sekarang, Elga pun masih menjadi bagian esports dari Borneo FC.

    Terakhir adalah Mohammad Akbar Paudie yang di tahun 2021 lalu memenangkan posisi runner up pertama dengan menjadi bagian Persiraja Banda Aceh. Lalu, sekarang ia menjadi perwakilan esport Bhayangkara FC.

    Melihat prestasi anak bangsa dalam ajang AFC tersebut, tentu membuatmu bangga. Jika tertarik ikut ke bidang ini, kamu bisa cek berbagai perlengkapan bermainnya di OLX. Unduh juga aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store agar transaksi lebih efektif.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait