Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    InformasiIngin Liburan ke Bandung, Ini Pintu Masuk Tol Terdekat dari Jakarta

    Ingin Liburan ke Bandung, Ini Pintu Masuk Tol Terdekat dari Jakarta

    Temukan beberapa opsi pintu masuk tol terdekat dari Jakarta Bandung melalui artikel di bawah

    News.OLX – Untuk mempermudah perjalananmu menuju Bandung dari Jakarta, pastikanlah untuk memilih pintu masuk tol terdekat saat mengendarai mobil. Dengan memilih layanan dari pintu masuk tol Jakarta Bandung tersebut, perjalananmu akan lebih cepat, mudah, dan lancar.

    Untuk mengetahui beberapa alternatif pintu masuk tol Jakarta Bandung ini, cek informasinya di bawah!

    Pintu Masuk Tol Terdekat Jakarta Bandung

    Tol Cipularang (Cikampek, Purwakarta dan Cipularang) merupakan kawasan tol yang menghubungkan setiap pengendara dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya.  Area yang sudah berdiri resmi sejak tahun 2005 ini pun juga merupakan penghubung kedua daerah yang telah terkoneksi dengan tol Cikampek.

    Ada beberapa pilihan rute atau pintu masuk tol terdekat Jakarta Bandung yang bisa kamu lalui dengan mudah dan nyaman.

    1. Tol Japek Eksisting

    Untuk bisa berkunjung ke Bandung, kamu bisa memanfaatkan rute tol Dalam Kota ke tol Cikampek. Nama jalur ini dikenal dengan Japek (Jakarta-Cikampek) eksisting.

    Jalanan yang terbentang dari kawasan Cawang hingga Cikampek tersebut memiliki panjang mencapai 83 km. Di mana, setelah keluar dari pintu masuk tol Jakarta Bandung ini, kamu dapat segera beralih ke jalan tol Cipularang untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung.

    2. Tol Japek Elevated

    Pintu masuk tol terdekat yang terkenal sebagai tol Japek (Jakarta-Cikampek) elevated ini telah beroperasi sejak tahun 2019 lalu.

    Sekarang area ini pun berubah nama menjadi Jalan Layang MBZ (Mohammed Bin Zayed), namun masih membentang di antara Junction Cikunir hingga Karawang Barat.
    Jalur 38 km ini juga terhubung dengan tol Cipularang, salah satu tol utama yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

    3. Japek II Selatan

    Opsi masuk tol terdekat ini tengah dalam persiapan oleh negara dan akan diberi nama Japek (Jakarta-Cikampek) II Selatan. Kehadirannya adalah salah satu upaya agar kepadatan lalu-lintas di Jakarta-Cikampek bisa berkurang.

    Ketika jalan tol dengan panjang 62 km ini mulai beroperasi, maka waktu tempuh antara kedua daerah tersebut pun cukup cepat, yaitu sekitar satu jam saja.

    pintu masuk tol terdekat (1)

    Persiapkan Diri dan Kendaraan dengan Matang

    Mengingat bahwa mobilitas berkendara di jalan tol cukup berbeda dengan jalan biasa, maka pastikan kamu mempersiapkan diri dan kendaraan dengan matang. Hal ini bertujuan untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman.

    Persiapkanlah kendaraan dengan baik sebelum memulai perjalanan jauh ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sistem rem, tekanan udara dalam ban, kaca depan, lampu, hingga ketersediaan bahan bakar.

    Mempersiapkan diri dalam perjalanan cukup panjang ini juga tak kalah penting. Untuk menghindari kelelahan selama berkendara, pastikanlah telah beristirahat dengan cukup. Apabila di perjalanan merasa lelah, jangan ragu untuk beristirahat lebih dahulu. Sediakan juga makanan dan minuman untuk menambah energi.

    Seperti jalan raya, tol pun mempunyai simbol dan tanda  lalu lintasnya sendiri. Maka, pelajarilah semua simbol tersebut agar bisa membantu perjalananmu. Beberapa simbol dan rambu tersebut adalah petunjuk keluar-masuk, tanda gerbang, pembatas kecepatan, dan sebagainya.

    Selanjutnya, pastikan juga bahwa kamu berkendara pada jalur yang sesuai, ya. Sebab ada jalur khusus bagi kendaraan dengan kecepatan rendah dan tinggi. Biasanya posisi kanan untuk kecepatan rendah, sedangkan jalur kiri untuk kecepatan lebih tinggi.

    Tidak hanya itu, selama berkendara pastikan juga untuk mematuhi jarak aman, batas kecepatan, tidak memakai ponsel saat berkendara, dan lainnya.

    Dengan begitu, perjalan dari pintu masuk tol terdekat tersebut akan lebih aman. Jika kamu membutuhkan informasi lainnya, silakan cek di OLX, ya. Unduh juga aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait