Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    ReviewIni 7 Perbedaan Piano dan Keyboard

    Ini 7 Perbedaan Piano dan Keyboard

    Selain bentuknya, apalagi yang membedakan piano dan keyboard?

    News.OLX – Piano dan keyboard adalah dua alat musik yang identik. Keduanya dimainkan dengan cara menekan tuts dan dengan kebutuhan skill bermusik yang sama. 

    Namun tahukah kamu jika piano dan keyboard adalah dua instrumen musik yang berbeda? Berikut 7 perbedaan antara keyboard dan piano.

    1. Jenis instrumen

    Perbedaan pertama yang mencolok adalah jenis instrumennya. Piano termasuk dalam kategori alat musik akustik, sedangkan keyboard masuk dalam alat musik elektrik. 

    Piano mengandalkan resonansi senar untuk menghasilkan suara. Sementara keyboard bekerja secara elektrik dengan memanfaatkan sirkuit yang diprogram.

    2. Cara kerja

    Tahukah kamu bahwa Piano menghasilkan suara dari senar? Ketika tuts piano ditekan, palu kecil di dalam piano akan memukul senar dan menggerakkannya hingga menghasilkan suara. Sementara keyboard bekerja secara elektrik. Keyboard mengeluarkan suara melalui sirkuit elektrik yang diatur untuk merespons tekanan pada tuts.

    piano (1)

    3. Jumlah tuts

    Perbedaan fisik yang mencolok adalah jumlah tuts. Piano memiliki jumlah tuts tetap, yaitu 88, sementara keyboard memiliki variasi jumlah tuts, rata-rata berkisar antara 61 hingga 77. Jumlah tuts ini mempengaruhi rentang nada dan kemampuan ekspresi pemain.

    4. Ukuran dan berat

    Piano memiliki ukuran yang lebih besar, baik Grand Piano maupun Upright Piano. Grand Piano adalah Piano dengan posisi kotak senar yang ditidurkan. Sementara Upright Piano memiliki kotak akustik berdiri yang lebih hemat tempat. Meski begitu keduanya memiliki bahan dasar kayu yang berat dan sulit dipindahkan.

    Dibandingkan dengan itu, keyboard lebih ringan dan lebih praktis dalam hal ukuran dan mobilitas. Perbedaan ini membuat keyboard lebih mudah dipindahkan dan cocok untuk penggunaan yang lebih fleksibel.

    5. Suara yang dihasilkan

    Suara yang dihasilkan Piano berasal dari senar yang murni dihasilkan dari tuts yang ditekan. Sementara keyboard memiliki beragam mode dan suara, termasuk kemampuan untuk menghasilkan efek yang berbeda, dimulai dari suara yang bisa dibikin bended atau melengkung. 

    Selain itu keyboard juga bisa menghasilkan suara ‘triad chord’ meski hanya menekan satu tuts, dan masih banyak lagi. Semakin advanced keyboard semakin banyak pilihan mode dan teknologinya.

    6. Pedal

    Piano memiliki 3 pedal buildin yang memiliki fungsi masing-masing. Baik Grand Piano maupun Upright Piano memiliki fungsi pedal yang berbeda, kecuali keduanya memiliki pedal sustain (kanan).

    Sementara keyboard pada dasarnya tidak memiliki pedal yang sudah terpasang. Namun kamu dapat menambahkan pedal yang terpisah dengan cara mencolokkan ke port yang sudah disediakan.

    7. Harga dan perawatan

    Baik Grand piano maupun Upright piano memiliki harga yang mahal. Piano memiliki bahan dasar kayu dengan mekanik yang kompleks. Ibarat mobil, piano juga harus di-setting rutin, minimal 6 bulan sekali atau paling lama 1 tahun sekali.

    Tujuan utamanya agar nada senar tetap in-tune. Seperti mesin, biaya setting piano juga akan semakin mahal jika piano tidak disetting dalam waktu yang lama.

    Sementara itu, rata-rata keyboard memiliki harga yang beragam. Untuk kelas pemula bisa didapat dengan harga 1 jutaan, membuatnya lebih mudah diakses, terutama untuk pemula.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Kamu juga bisa cari berbagai barang bekas dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait