Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Tanda Kamar Mandi di Rumah Kamu Terserang Jamur

    Ini Tanda Kamar Mandi di Rumah Kamu Terserang Jamur

    Jangan abai dengan jamur yang tumbuh di kamar mandi rumah kamu!

    News.OLX – Tempat yang lembab memang menjadi favorit kuman dan jamur. Di area rumahmu, tentunya kamar mandi menjadi tempat paling favorit karena area lembab di dalam rumah.

    Sebagian besarnya memang tidak berbahaya, tetapi beberapa jenis patogen bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa tempat di kamar mandi yang kerap menjadi sarang kuman dan jamur bila tidak dirawat.

    1. Tempat perlengkapan mandi

    Bila kurang terawat, dikhawatirkan tempat perlengkapan kamar mandi yang kotor akan menjadi sarang kuman. Bukan tidak mungkin bila kuman itu berpindah atau mencemari perlengkapan mandi, seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan lainnya dan menyebabkan penyakit.

    2. Wastafel

    Saat menggunakan wastafel kamu sebenarnya melakukan berbagai aktivitas pembersihan tubuh di tempat yang satu ini. Saat mencukur jenggot, membersihkan wajah, mencuci muka, dan lain-lainnya.

    Tentunya, kotorannya akan jatuh dan berkumpul di wastafel. Bisa dibayangkan bila wastafel tak dirawat, kuman atau jamur akan senang berdiam di sana dan bisa menyebabkan kamu sakit.

    Kamar mandi (1)

    3. Peralatan mandi

    Benda-benda seperti sikat gigi, alat cukur, spons, puff, handuk, dan lain-lain perlu dirawat dan dijaga kebersihannya. Sikat yang jarang dibersihkan akan berubah menjadi sarang kuman, demikian juga dengan handuk dan berbagai perlengkapan lainnya.

    Bila tidak dibersihkan akan mudah menjadi sarang penyakit dan dapat menginfeksi seluruh keluarga, termasuk anak. Anak yang sering sakit, pertumbuhannya tidak akan optimal dan berisiko mengalami stunting. Tentunya kita tidak berharap ini terjadi.

    4. Benda kamar mandi

    Sikat toilet, gayung, karpet kamar mandi, dan lainnya adalah benda yang wajib dibersihkan secara rutin dan teratur. Karpet kamar mandi, misalnya, karpet anti slip di kamar mandi bisa menjadi rumah yang nyaman bagi kuman dan jamur.

    Bila tidak dibersihkan, karpet ini bisa menjadi bau, basah, dan lembap. Demikian juga dengan gayung dan sikat toilet, agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri, harus dibersihkan secara berkala.

    5. Lantai dan dinding

    Lantai atau dinding kamar mandi yang kurang dibersihkan akan berjamur, kotor, dan licin. Kondisi itu jelas berbahaya karena dapat membuat seseorang mudah terjatuh dan tergelincir.

    Tidak hanya itu, bagian kamar mandi yang tidak terawat menjadi sarana bibit penyakit berkembang biak. Ingat, dinding dan lantai mungkin saja terkena cipratan air seni, bilasan saat membersihkan tinja, serta kotoran lainnya.

    Bila tak dibersihkan, dikhawatirkan bisa menyebabkan berbagai penyakit pencernaan, seperti diare, tifus, dan lain-lain.

    Tanda kamar mandi berjamur

    Ketika menggunakan keramik di kamar mandi, artinya harus siap “berperang dengan satu musuh besar” yakni jamur. Sebab, jamur sangat mudah tumbuh di area kamar mandi karena sifatnya yang lembap.

    Oleh karena itu, hal ini perlu segera diatasi agar tak menimbulkan masalah kesehatan. Lantas, seperti apa tanda-tanda dari keramik di kamar mandi yang sudah ditumbuhi jamur?

    1. Keramik kamar mandi kamu telah tumbuh jamur adalah muncul garis-garis merah dan oranye pada permukaan keramik. 
    2. Terdapat lendir hijau kehitaman yang mulai muncul di sekitar ubin.
    3. Tak hanya dijumpai pada permukaan, jamur pun juga bisa tumbuh di balik keramik. Sebab, dia berkembang biak sangat cepat dengan melepaskan spora ke udara. Kelembaban, panas, dan bahan organik seperti debu atau kulit manusia menyediakan lingkungan terbaik bagi jamur untuk tumbuh.

    Jadi, setiap kali kamu menggunakan air hangat di kamar mandi, baik untuk mandi atau sekadar mencuci tangan dan muka, artinya berkontribusi pada habitat yang disukai jamur.

    Jamur akan muncul dalam waktu 48 jam setelah spora dilepaskan dari organisme yang ada ketika suhu di dalam ruangan memungkinkan. Infeksi Jamur pada permukaan terlihat dengan mata telanjang dan dapat dihilangkan dengan bantuan produk pembersih.

    Namun, spora yang tak terlihat menyebabkan kerusakan paling parah. Karena itu, kamu harus rutin membersihkan kamar mandi dan memastikan area tersebut memiliki ventilasi yang cukup untuk mengurangi kelembapan agar jamur tidak dibiarkan berkembang.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait