Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni yang Wajib Dilakukan Setelah Motor Menerjang Banjir

    Ini yang Wajib Dilakukan Setelah Motor Menerjang Banjir

    Lakukan langkah-langkah ini jika motor baru saja menerjang banjir!

    News.OLX – Banjir memang menjadi musuh terbesar yang sering dihadapi oleh pemilik motor saat sudah memasuki musim hujan. Tak hanya banjir, motor pun juga harus waspada ketika menghadapi posisi dengan curah hujan yang tinggi.

    Agar tidak kerepotan ketika menghadapi masalah tersebut dan menghindari hal-hal buruk yang sering terjadi saat banjir, sebaiknya untuk kamu meningkatkan kewaspadaan sebagai pemilik motor agar kendaraan tetap terjaga di segala kondisi.

    Namun, jika motor kamu baru saja menerjang banjir, berikut ini adalah langkah-langkah yang sebaiknya diambil setelahnya :

    1. Rehatkan mesin sejenak

    Segera matikan mesin motor kamu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Hindari mencoba menyalakan mesin jika motor baru saja terendam air dalam kurun waktu yang lama.

    Kamu juga bisa mencabut kabel aki dari terminal untuk menghindari korsleting listrik. Ini penting untuk mencegah kerusakan pada sistem listrik motor.

    2. Tempatkan di area yang kering

    Jangan mencoba mengendarai motor lagi ketika kendaraan sudah mogok ketika baru saja melalui curah hujan yang tinggi atau dalam kondisi banjir. Ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan komponen lainnya.

    Sebaiknya untuk kamu tempatkan motor di area yang kering agar air yang sudah masuk ke dalam kendaraan bisa keluar. Biarkan motor untuk beberapa saat agar bisa kering sepenuhnya.

    banjir (1)

    3. Periksa beberapa komponen pada motor

    Biasanya saat motor habis menerjang banjir, beberapa komponen pasti akan langsung menjadi korban karena terkontaminasi oleh air. Beberapa diantaranya adalah oli, filter udara, rem dan bagian sistem kelistrikan.

    Kamu bisa periksa oli mesin terdahulu untuk memastikan tidak ada air yang masuk. Jika air masuk ke dalam mesin, segera kuras dan ganti oli mesin dengan yang baru. Segera periksa filter udara juga dan pastikan tidak terkontaminasi air. Jika filter udara basah, segera ganti.

    Sebelum mencoba menyalakan motor, kamu bisa periksa sistem kelistrikan seperti lampu, klakson, dan indikator. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Dan pastikan sistem rem berfungsi dengan baik. Karena setelah menerjang banjir, rem biasanya tidak bisa optimal.

    4. Bersihkan motor setelah menerjang banjir

    Salah satu hal yang jarang dilakukan oleh masyarakat adalah mencuci motor setelah menerjang banjir. Padahal hal ini sangat penting untuk menghilangkan lumpur dan kotoran yang menempel pada kendaraan.

    Sebaiknya saat membersihkan motor kamu lakukan secara hati-hati dan gunakan air bersih juga sikat lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang terkena air banjir.

    5. Segera bawa ke bengkel jika menemukan masalah

    Jika kamu tidak yakin tentang kondisi motor setelah banjir atau takut untuk membongkar motor, disarankan untuk membawa motor ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perawatan yang diperlukan.

    Ingatlah bahwa tindakan pencegahan seperti diatas tidak hanya untuk menjaga umur kendaraan, namun juga bisa membantu melindungi investasi kamu untuk motor secara berkelanjutan. Sehingga jangan sepelekan situasi darurat seperti banjir ya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait