Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Anggap Enteng, Ini Pentingnya Merawat Aki Mobil

    Jangan Anggap Enteng, Ini Pentingnya Merawat Aki Mobil

    Perawatan aki mobil seringkali diabaikan, padahal dengan merawatnya secara rutin, bisa mencegah kerusakan tak terduga.

    News.OLX – Salah satu faktor utama yang memengaruhi keandalan dan umur panjang mobilmu adalah elemen yang sering diabaikan oleh kebanyakan pengemudi, yaitu aki mobil. Pemeliharaan rutin dari komponen penting ini memastikan perjalanan yang lancar dan mencegah terjadinya kerusakan tak terduga. Sebelum kamu terjebak di pinggir jalan dengan aki yang mati, penting untuk mengetahui betapa pentingnya pemeliharaan rutin aki mobil.

    Mengapa Merawat Aki Mobil Sangat Penting?

    Aki mobil seperti jantung mobil, memberikan daya untuk berbagai komponen seperti sistem starter, lampu, dan audio. Jika tidak dirawat aki bisa membuat mobil mogok sehingga menyusahkan. Secara alami aki akan menurun kemampuannya seiring waktu. Melakukan pemeriksaan rutin terhadap aki mobil memiliki beberapa manfaat penting, antara lain:

    1. Mengukur Kesehatan Aki

    Pemeriksaan rutin dapat membantu kamu mengetahui kondisi kesehatan aki secara menyeluruh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

    • Memeriksa level air aki (untuk aki basah)
    • Memeriksa terminal aki dan membersihkannya dari kerak
    • Mengukur tegangan aki dengan voltmeter

    2. Memprediksi Kapan Penggantian Diperlukan

    Dengan mengetahui kondisi kesehatan aki secara berkala, kamu dapat memprediksi kapan penggantian aki mungkin diperlukan. Hal ini membantu kamu mempersiapkan anggaran dan waktu untuk melakukan penggantian aki sebelum terjadi kerusakan tak terduga yang dapat mengganggu perjalananmu.

    3. Mencegah Kerusakan Tak Terduga

    Aki yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan berbagai kerusakan tak terduga, seperti:

    • Mobil mogok: Aki yang tekor dapat menyebabkan mobil mogok dan tidak bisa dihidupkan.
    • Masalah kelistrikan: Aki yang lemah dapat menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan mobil, seperti lampu redup, audio tidak berfungsi, dan power window macet.
    • Komponen elektronik rusak: Aki yang tidak terawat dapat merusak komponen elektronik lain di mobil, seperti ECU dan alternator.

    aki-mobil

    Apa yang Perlu Dilakukan untuk Merawat Aki Mobil?

    Penting untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap aki mobil untuk menjaga kesehatannya. Salah satu pemeriksaan yang paling penting adalah mencari tanda-tanda kerusakan atau korosi. Biasanya, tanda-tanda ini terlihat seperti bubuk putih atau kehijauan yang muncul pada terminal aki. Jika korosi tidak dibersihkan secara rutin, bisa menyebar dan memengaruhi koneksi antara aki dan sistem kelistrikan mobil.

    Korosi pada terminal aki dapat menyebabkan koneksi yang lemah, yang berdampak pada performa mobil secara keseluruhan. Untuk menjaga aki dalam kondisi optimal, penting untuk membersihkan terminal secara rutin dan menggunakan cairan anti-korosi.

    Pastikan juga terminal aki terpasang dengan kencang. Koneksi yang longgar dapat mengakibatkan aliran listrik yang tidak stabil, mengganggu fungsi komponen elektronik, dan bahkan membuat mobil tidak dapat dihidupkan.

    Selain itu, perlu memeriksa level daya aki secara rutin untuk mencegah aki menjadi kosong. Perawatan aki mobil tidak hanya berfokus pada aki itu sendiri, tetapi juga pada komponen lain di sekitarnya. Misalnya, penting untuk secara rutin memeriksa baki aki untuk memastikan keamanannya dan mencegah karat.

    Meskipun perawatan aki mobil mungkin terlihat merepotkan, ini sebenarnya bisa menghemat biaya dalam jangka panjang. Bayangkan jika terjadi mogok di jalan dan kamu harus membayar derek atau penggantian aki darurat. Biaya-biaya ini jauh lebih tinggi daripada biaya perawatan rutin yang kecil.

    Selain itu, aki yang tidak terawat dapat membuat komponen mobil lain seperti alternator dan starter motor bekerja lebih keras. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan dini pada komponen tersebut, yang pada akhirnya akan mengakibatkan biaya perbaikan yang mahal. Oleh karena itu, menjaga aki mobil dalam kondisi baik sangat penting untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu dan biaya tambahan yang tidak diinginkan.

    Seberapa Sering Aki Perlu Diperiksa dan Diganti?

    Frekuensi pemeriksaan dan penggantian aki mobil sangat bergantung pada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor ini mencakup usia kendaraanmu, kondisi jalan yang sering dilalui, serta kondisi cuaca di wilayah tempat mobilmu beroperasi. Secara umum, disarankan untuk memeriksakan aki secara profesional setidaknya sekali dalam setahun. Hal ini dapat dilakukan secara bersamaan saat mobilmu menjalani servis rutin di bengkel terpercaya.

    Selain itu, umur pakai aki mobil juga dapat bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan dan lingkungan. Meskipun umumnya aki mobil dapat bertahan antara 3 hingga 5 tahun, faktor seperti cuaca ekstrem, seringnya melakukan perjalanan pendek, atau penggunaan aksesoris elektronik yang berlebihan saat mesin dimatikan dapat memperpendek umur aki. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin menjadi sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda kelemahan pada aki dan menghindari risiko mogok di jalan jika aki telah mendekati atau melewati batas usia tersebut.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait