Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Keliru, Ini Bedanya Dapur Bersih dan Dapur Kotor

    Jangan Keliru, Ini Bedanya Dapur Bersih dan Dapur Kotor

    Dapur bersih dan dapur kotor memiliki fungsi yang berbeda, lho. Lihat perbedaan keduanya di sini!

    News.OLX – Kalau kamu perhatikan, pada beberapa rumah tersedia dua jenis dapur, yaitu yang bersih dan kotor. Umumnya, yang bersih terletak di dalam rumah. Sedangkan, untuk yang kotor terletak di bagian belakang rumah.

    Lantas, sebetulnya apa yang membuat keduanya ini berbeda? Untuk menjawabnya, kamu bisa simak perbedaan antara dapur bersih vs dapur kotor berikut ini.

    1. Posisi Dapur

    Perbedaan pertama yang mencolok antara dapur bersih vs dapur kotor adalah letaknya di dalam rumah kamu. 

    Seperti pada pembahasan di awal, clean kitchen umumnya terletak di bagian dalam rumah. Beberapa rumah bahkan meletakkannya bersebelahan dengan living room.

    Sedangkan, dirty kitchen umumnya terletak di ruang tersendiri atau bisa juga di bagian belakang rumah.

    2. Fungsinya di Rumah 

    Beberapa dari kamu mungkin bingung, mengapa dalam satu rumah harus memiliki dua jenis dapur ini? Bukankah keduanya sama-sama untuk memasak?

    Meskipun keduanya sama-sama untuk kepentingan makanan, tetapi fungsi utama keduanya sangatlah berbeda, lho. Clean kitchen sesuai namanya berfungsi sebagai tempat memasak yang tidak berat.

    Misalnya seperti memanaskan makanan, membuat minuman, memotong buah-buahan dan sebagainya. 

    Sedangkan, dirty kitchen fungsinya untuk seluruh kegiatan masak-memasak yang utama untuk sehari-hari. Nah, karena kegiatan memasak sehari-hari pastilah kotor, maka disebut sebagai dirty kitchen.

    dapur 2

    3. Peralatan Memasak yang Ada

    Perbedaan mencolok lainnya dari dapur bersih vs dapur kotor adalah peralatan memasak yang tersedia. 

    Karena clean kitchen hanya untuk aktivitas memasak yang santai, maka peralatan yang tersedia pun tidak begitu banyak. Hanya yang simple seperti pan, kompor, airfryer, juicer, toaster dan sebagainya.

    Sedangkan, dirty kitchen memiliki peralatan memasak yang sangat lengkap. Mulai dari aneka panci, wajan, kompor, pisau, kukusan, oven, kulkas, ulekan dan sebagainya.

    4. Desain 

    Mengingat fungsi keduanya yang sangat berbeda, maka desain yang dimiliki pun sangatlah berbeda. Dirty kitchen umumnya memiliki desain yang lebih simple, seperti tampilan kitchen pada umumnya.

    Hal ini karena fungsinya yang untuk memasak makanan sehari-hari. Selain simple, biasanya materialnya dipilih yang mudah untuk kamu bersihkan. Pengaturan sirkulasi udaranya pun juga lebih baik.

    Namun, clean kitchen memiliki desain yang lebih estetik karena fungsinya selain untuk memasak ringan, ini juga lebih sebagai dekorasi. Karena itu, desainnya lebih memperhatikan estetika.

    Sekian penjelasan tentang perbedaan antara dapur bersih dan kotor. Memiliki kedua jenis kitchen ini sebetulnya bukanlah kewajiban. Apalagi untuk rumah dengan luas yang terbatas.

    Meski begitu, bila luas rumah cukup untuk membuat dua kitchen, sebaiknya lakukan. Karena ini dapat membantu kamu untuk mengorganisir hal-hal terkait dengan kitchen dengan lebih baik.

    Nah, bila kamu ingin membuat clean dan dirty kitchen di rumah, kamu bisa cari jasa kontraktor dan interior desain di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait