Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKamar Sempit, Jangan Salah Pilih Tempat Tidur!

    Kamar Sempit, Jangan Salah Pilih Tempat Tidur!

    Memiliki kamar sempit bukan berarti harus rela mengorbankan kenyamanan tidur. Kamar mungil pun bisa terasa lapang dan nyaman dengan pemilihan tempat tidur yang tepat.

    News.OLX – Memilih tempat tidur untuk kamar sempit memang gampang-gampang susah. Salah pilih, ruangan bisa terasa makin sesak dan pengap. Tapi jangan khawatir, dengan tips berikut, kamu bisa menemukan tempat tidur yang ideal untuk kamar sempitmu, tanpa mengorbankan kenyamanan tidur.

    1. Ukuran yang Pas

    Memilih tempat tidur untuk kamar sempit ibarat menyeimbangkan dua kebutuhan,  kenyamanan dan fungsionalitas. Di satu sisi, kamu ingin tempat tidur yang cukup luas untuk tidur dengan nyaman. Di sisi lain, kamu perlu memastikan ruangan tidak terasa sesak dan pengap.

    Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur luas kamarmu dengan cermat. Catat panjang, lebar, dan tinggi ruangan. Ini akan menjadi panduan utama dalam memilih ukuran tempat tidur yang ideal.

    Selanjutnya, pertimbangkan jumlah orang yang akan menggunakan tempat tidur. Jika kamu tidur sendiri, single bed (90×200 cm) atau double bed (120×200 cm) bisa menjadi pilihan. Untuk dua orang, queen bed (160×200 cm) adalah pilihan ideal.

    Lalu sisakan ruang sirkulasi di sekitar tempat tidur. Idealnya, kamu memiliki ruang minimal 60 cm di setiap sisi tempat tidur. Hal ini memungkinkan kamu bergerak dengan mudah dan membuka pintu lemari dengan nyaman.

    2. Pilih Model Minimalis

    Dengan pemilihan desain yang tepat, kamu bisa menciptakan kamar yang terasa luas dan lega. Salah satu kuncinya adalah memilih tempat tidur dengan model minimalis.Tempat tidur minimalis memiliki desain yang simpel dan tidak banyak detail. Desain ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Selain itu, tempat tidur minimalis juga mudah dipadukan dengan berbagai dekorasi dan furnitur lainnya.

    Beberapa tips dalam memilih tempat tidur minimalis, pilihlah tempat tidur dengan warna yang netral seperti putih, krem, atau abu-abu. Warna netral akan membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Hindari tempat tidur dengan banyak detail seperti ukiran, renda, atau dekorasi lainnya. Sebab, detail yang berlebihan akan membuat ruangan terasa sempit dan sesak.

    tempat-tidur

    3. Manfaatkan Ruang Bawah Tempat Tidur

    Kamar sempit seringkali membuat dilema, kamu butuh ruang penyimpanan yang cukup untuk barang-barang pribadi namun tetap ingin ruangan terasa lega dan tidak sesak. Untungnya, ada solusi cerdas untuk mengatasinya, yaitu memanfaatkan ruang bawah tempat tidur.

    Menyimpan barang di bawah tempat tidur dapat membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dan lega. Kamu dapat menjaga kamar agar terlihat lebih rapi dan teratur. Untuk memilih tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawahnya pastikan ketinggian tempat tidur memungkinkan kamu untuk menyimpan barang-barang di bawahnya dengan mudah. Ada berbagai jenis ruang penyimpanan bawah tempat tidur, seperti laci, keranjang, atau kotak. Pilihlah jenis yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

    4. Tempat Tidur Lipat

    Tempat tidur lipat hadir sebagai solusi cerdas untuk memaksimalkan ruang di kamar super mungil. Saat tidak digunakan, tempat tidur lipat dapat dilipat dan disimpan, menghemat ruang secara signifikan. Ruangan pun dapat digunakan untuk aktivitas lain, seperti belajar, bekerja, atau bersantai  Saat dibuka, tempat tidur siap untuk digunakan untuk tidur dengan nyaman.

    Ini ideal untuk kamar yang sangat sempit dan memiliki banyak fungsi, seperti kamar tidur sekaligus ruang kerja atau ruang tamu. Dengan memilih tempat tidur lipat yang tepat, kamu dapat menikmati tidur yang nyaman tanpa mengorbankan fungsi dan estetika ruangan.

    5. Ranjang Sorong

    Bagi keluarga yang memiliki rumah dengan ruang terbatas, kamar anak yang bisa mengakomodasi dua atau lebih anak seringkali menjadi tantangan. Untuk mengatasi masalah ini, ranjang sorong bisa menjadi solusi jitu. Ranjang sorong adalah tempat tidur bertingkat yang unik. Bagian bawah berbentuk laci yang dapat ditarik keluar, berfungsi sebagai tempat tidur kedua.

    Saat tidak digunakan, tempat tidur bawah dapat disorok ke bawah tempat tidur utama, sehingga menghemat ruang secara signifikan.  Bagi kamu yang mau menggunakan ranjang sorong, wajib mengukur ruangan dengan cermat untuk memastikan ukuran ranjang sorong sesuai. Jika memiliki anak yang masih kecil, pilih ranjang dengan pagar pembatas yang kokoh dan tangga yang stabil.

    6. Tempat Tidur Multifungsi

    Tempat tidur multifungsi adalah tempat tidur yang memiliki fungsi lebih dari sekadar tempat tidur. Jenis tempat tidur ini menggabungkan fungsi beberapa furnitur dalam satu, ideal untuk kamar yang sempit. Seperti namanya, tempat tidur multifungsi menyediakan solusi penyimpanan, ruang belajar, atau area bersantai dalam satu tempat.

    Contohnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan, meja belajar, atau sofa. Jika kamu memiliki anak yang membutuhkan ruang belajar di kamarnya, atau untuk dirimu sendiri yang sering bekerja dari rumah, tempat tidur jenis ini sangat cocok untukmu.

    Nah, bila kamu ingin mencari kontraktor, arsitek maupun desain interior, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait