Selasa, Maret 5, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKenali Bahaya Kecelakaan yang Mengintai di Jalanan Menurun

    Kenali Bahaya Kecelakaan yang Mengintai di Jalanan Menurun

    Jalanan menurun jadi salah satu rute yang rawan kecelakaan. Untuk itu, kamu harus lebih waspada saat melaluinya!

    News.OLX – Kecelakaan lalu lintas adalah ancaman serius yang selalu mengintai setiap pengendara di jalan raya. Dan kecelakaan bisa terjadi dimana saja tak kenal tempat dan waktu. Ketika berada jalanan yang lurus, berkelok atau tanjakan.

    Bahkan di kondisi tertentu, bahaya kecelakaan dapat meningkat berkali-kali lipat dan salah satunya ketika menghadapi jalan menurun. Banyak kasus kecelakaan yang terjadi saat di jalanan menurun dan bahkan menghilangkan nyawa.

    Berikut ini adalah beberapa bahaya kecelakaan yang mungkin muncul di jalanan menurun :

    1. Jalan yang licin

    Permukaan jalan yang basah atau licin karena hujan, cuaca dingin, atau daun basah dapat menyebabkan kendaraan kehilangan traksi. Ini bisa mengakibatkan kendaraan selip atau susah dikendalikan yang dapat menyebabkan kecelakaan.

    2. Penglihatan terbatas

    Yang biasa ditemui ketika jalan menurun terutama di dataran tinggi adalah adanya kabut tebal. Bahkan saat kondisi hujan pun di dataran tinggi biasanya beserta dengan kabut yang pasti mengganggu penglihatan kita saat berkendara.

    Dalam menghadapi kondisi tersebut, tidak hanya pengemudi sulit melihat jalan, namun juga dengan keterbatasan pandang membuat pengendara tidak peka terhadap lalu lintas di sekitar dan tanda-tanda lalu lintas yang ada.

    Keterbatasan inilah yang menjadi salah satu alasan meningkatnya risiko kecelakaan di jalanan menurun.

    3. Jalan berlubang

    Ketika kamu sedang berkendara di jalanan yang lurus, berkelok atau menanjak, pasti mudah sekali menemukan lubang di jalan. Tetapi, saat jalanan menurun lubang di jalan ternyata tidak bisa terlihat dengan jelas sekalipun.

    Jalanan yang rusak dengan banyak lubang dapat menyebabkan kerusakan kendaraan dan juga bahaya kecelakaan jika pengemudi tidak dapat menghindarinya.

    4. Banjir

    Jika jalanan tergenang air karena hujan deras atau banjir, pengemudi mungkin tidak dapat melihat perbedaan ketinggian jalan atau halangan yang ada di depannya. Selain itu, air yang dalam dapat menyebabkan kerusakan serius pada kendaraan.

    kecelakaan (2)

    5. Kurangnya pencahayaan

    Terkesan sepele, namun kasus ini tidak bisa dilihat sebelah mata saja. Sering ditemui kendala pada jalanan menurun adalah kurangnya pencahayaan dari lampu jalan.

    Jika kamu menemui jalanan yang kurang terang atau tidak memiliki penerangan jalan yang memadai terutama pada malam hari, resikonya adalah pengendara sulit untuk melihat tanda-tanda, pejalan kaki, atau kendaraan lain sehingga beresiko kecelakaan.

    Setelah kamu memahami bahaya-bahaya kecelakaan yang mengintai saat jalanan menurun, untuk mengurangi resiko tersebut, berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

    • Jangan mengemudi saat mengantuk atau lelah agar tetap bisa fokus dan waspada saat di jalan.
    • Usahakan untuk mengemudi dengan hati-hati dan perlahan.
    • Jaga jarak aman antara kendaraan kamu dan kendaraan lain di depan.
    • Waspadai perubahan jalan dan tanda lalu lintas arah di jalan menurun.
    • Pastikan mobil dalam kondisi yang prima sebelum perjalanan, terutama jika ingin menghadapi cuaca yang ekstrem.
    • Hindari untuk menggunakan kecepatan yang tinggi untuk mengurangi penggunaan rem yang berlebihan agar tidak terjadi rem blong.

    Selalu penting untuk berhati-hati dan berpikir dua kali saat mengemudi di jalanan yang berbahaya. Keselamatan kamu dan orang lain adalah prioritas utama.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait