Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKunci Motor Smart Key Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

    Kunci Motor Smart Key Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

    Kunci motor smart key akan cepat rusak bila tidak dirawat dengan baik. Simak cara perawatannya di sini!

    News.OLX – Zaman sekarang, berbagai motor keluaran terbaru sudah tidak lagi menggunakan kunci motor yang biasa. Melainkan kebanyakan sudah menggunakan smart key yang punya fitur-fitur canggih untuk keamanan motor.

    Namun, meski canggih, kunci ini juga bisa cepat rusak bila tidak kamu rawat dengan baik. Karena itu, simak beberapa cara merawat smart key motor berikut ini.

    1. Simpan di Tempat yang Aman

    Bila kamu ingin kunci motor ini tetap awet, maka kamu harus menyimpannya di tempat yang aman dan terbebas dari guncangan. Hal ini karena guncangan keras juga bisa merusak komponen smart key

    Selain itu, hindari juga smart key motor kamu dari air dan terjatuh dengan keras. Bila terkena atau terendam air, komponen smart key bisa mengalami konslet.

    2. Selalu Lihat Baterai Smart Key

    Cara merawat smart key motor selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu melihat baterainya. Apakah masih bagus atau sudah mulai menurun?

    Hal ini penting lantaran kesehatan baterai yang tidak baik bisa mempengaruhi jangkauan remote. Sehingga, yang awalnya bisa mencari motor dari jarak 80cm, kini harus lebih dekat lagi.

    kunci motor (1)

    3. Matikan Remote Kunci Motor saat Tidak Digunakan

    Seharusnya, cara penggunaan remote yang tepat adalah hanya menghidupkannya saat akan menggunakan motor. Bila motor sudah berhenti dan tidak kamu gunakan lagi, sebaiknya matikan remote.

    Untuk mematikannya, kamu bisa tekan tombol remote selama 3 detik. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menjaga kesehatan baterai dan komponen di dalamnya. 

    4. Jangan Tekan Tombol Remote Terlalu Keras

    Selanjutnya, cara merawat kunci motor smart key tetap awet adalah dengan tidak menekan tombolnya terlalu keras. Ini sering terjadi pada banyak remote.

    Tidak sedikit orang yang kebiasaan menekan tombol terlalu keras. Alhasil, tombol pun menjadi rusak dan tidak bisa kamu tekan. Sehingga, ini tidak bisa kamu gunakan seperti semula lagi.

    5. Jauhkan Smart Key dari Alat Elektronik

    Smart key pada motor bekerja menggunakan sinyal. Nah, bila kamu letakkan kunci ini di dekat alat elektronik, ini akan menghilangkan sinyal pada remote.

    Hal ini karena adanya radiasi elektromagnetik yang dapat menghilangkan sinyal. Jika seperti ini, kamu tidak akan bisa menggunakan fiturnya untuk mencari motor di parkiran yang luas.

    Sekian cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kunci motor smart key agar tetap awet dan tahan lama.

    Bila kamu ingin mencari beberapa komponen terkait  smart key, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait