Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    ReviewMana yang Lebih Baik, Setrika Biasa atau Setrika Uap?

    Mana yang Lebih Baik, Setrika Biasa atau Setrika Uap?

    Mending pilih setrika biasa atau setrika uap, ya?

    News.OLX – Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi membawa kita pada dua jenis setrika utama yaitu setrika kering dengan pengatur suhu dan setrika uap. 

    Di antara keduanya sama-sama memiliki keunggulan tersendiri, lantas kira-kira setrika jenis apa yang pantas untuk kamu gunakan? Yuk cek perbandingannya agar kamu tidak salah pilih!

    Setrika uap pakai tangki air

    Salah satu perbedaan utama antara setrika kering dan setrika uap adalah keberadaan tangki air pada setrika uap. 

    Tangki air ini menjadi sumber uap yang membedakan setrika ini dengan versi keringnya. Setrika kering tidak memiliki tangki air, sehingga tidak mampu menghasilkan uap. 

    Bagi mereka yang ingin menghindari risiko tetesan air pada pakaian, setrika kering menjadi pilihan yang lebih aman.

    Sebaliknya, setrika uap dengan tangki air memungkinkan penggunaan uap untuk meratakan dan melicinkan pakaian. 

    Uap ini efektif menghilangkan kerutan membandel pada berbagai jenis kain. Jadi, jika kamu menginginkan hasil setrikaan yang prima, setrika uap menjadi pilihan yang sangat layak.

    Setrika kering lebih butuh waktu

    Setrika uap memiliki fitur tambahan yang membuatnya unggul dalam hal penyetrikaan, yaitu lubang uap dan keluaran uap. 

    Beberapa setrika uap dilengkapi dengan ratusan lubang kecil yang menghasilkan uap dalam jumlah besar. Dengan adanya fitur ini, setrika uap tidak hanya meratakan kain secara fisik, tetapi juga dengan bantuan uap yang membantu mempercepat proses dan memberikan hasil yang lebih halus.

    Di sisi lain, setrika kering tidak memiliki lubang uap, sehingga tapak setrikanya tetap rata dan halus. Jadi untuk mencapai titik halus, setrika kering lebih memakan waktu lama.

    setrika uap (1)

    Fitur semprot setrika uap

    Setrika uap yang baik seringkali dilengkapi dengan opsi otomatis untuk menyemprotkan percikan air. Fitur ini memudahkan proses penyetrikaan dengan memberikan kelembaban ekstra pada pakaian. 

    Semprotan air yang halus ini membantu melunakkan serat kain dan memudahkan penghapusan kerutan tanpa perlu menyemprotkan air secara terpisah.

    Di sisi lain, setrika kering tidak memiliki fitur semprot ini. Pengguna harus mengandalkan semprotan pelicin pakaian atau menyemprotkan air secara manual untuk membasahi kain yang sulit disetrika.

    Setrika kering lebih mudah perawatan

    Setelah penggunaan, proses pembersihan menjadi faktor penting. Setrika kering memiliki tapak setrika yang datar, sehingga lebih mudah dibersihkan. 

    Lubang uap yang tidak ada membuatnya kurang rumit dalam hal perawatan. Kepraktisan ini menjadi kelebihan setrika kering, terutama bagi mereka yang tidak ingin repot-repot dalam merawat alat setrika mereka.

    Di sisi lain, setrika uap dengan banyak lubang uap memerlukan perhatian ekstra saat membersihkannya. 

    Lubang yang tersumbat dapat mengurangi efisiensi dan kinerja setrika. Oleh karena itu, pengguna setrika uap perlu lebih teliti dan cermat dalam menjaga kebersihan alat setrika mereka.

    Selain itu karena lebih ringkas dan minim fitur, setrika kering memiliki harga yang lebih murah dari setrika uap.

    Pilih mana?

    Soal pilihan, kamu bisa sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal dan cepat, maka setrika uap bisa menjadi pilihan yang tepat. 

    Kamu yang bekerja di industri fashion atau memiliki usaha laundry, mungkin akan lebih cocok dengan teknologi yang dimiliki setrika uap mengingat setrika jenis ini bekerja lebih cepat.

    Namun, jika hanya untuk keperluan rumah tangga, setrika biasa atau setrika kering sudah cukup. Apalagi jika mengingat setrika ini jenis ini lebih mudah dirawat.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait