Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMasuk Musim Hujan, Lakukan ini Untuk Merawat Karet Wiper Mobil

    Masuk Musim Hujan, Lakukan ini Untuk Merawat Karet Wiper Mobil

    Musim Hujan! Jaga visibilitas saat berkendara di musim hujan dengan merawat wiper mobil.

    News.OLX Wiper mobil merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menyapu air hujan dari kaca mobil. Saat musim hujan tiba, wiper mobil akan bekerja lebih keras untuk membersihkan kaca mobil.

    Oleh karena itu, penting untuk merawat wiper mobil secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips merawat wiper mobil agar tetap awet dan berfungsi maksimal.

    wiper mobil (1)

    1. Angkat wiper saat parkir

    Saat parkir mobil di tempat terbuka, pastikan untuk mengangkat wiper agar tidak menempel langsung ke kaca mobil. Hal ini untuk mencegah karet wiper meleleh akibat panas matahari.

    Panas matahari dapat menyebabkan karet wiper menjadi keras dan kehilangan elastisitasnya. Karet wiper yang keras akan sulit menyapu air hujan dengan bersih dan dapat meninggalkan goresan pada kaca mobil.

    2. Bersihkan karet wiper secara rutin

    Setelah berkendara di bawah hujan, bersihkan karet wiper dari kotoran dan debu yang menempel. Kamu bisa menggunakan air sabun atau cairan pembersih wiper khusus.

    Kotoran dan debu yang menempel pada karet wiper dapat membuat karet wiper menjadi kasar dan tidak dapat menyapu air dengan bersih. Untuk membersihkan karet wiper, kamu bisa lakukan dengan mudah.

    Pertama, basahi karet wiper dengan air bersih dan oleskan sabun cair atau cairan pembersih wiper khusus ke karet wiper. Kemudian, gosok karet wiper dengan gerakan melingkar.

    Setelah semua bagian digosok, saatnya untuk membilas karet wiper dengan air bersih. Lalu terakhir kamu bisa mengeringkan karet wiper dengan lap lembut.

    3. Gunakan cairan pembersih wiper yang tepat

    Cairan pembersih wiper yang tepat dapat membantu menjaga karet wiper agar tetap lembut dan tidak cepat rusak. Gunakan cairan pembersih wiper yang mengandung silikon.

    Cairan pembersih wiper yang mengandung silikon dapat membantu melindungi karet wiper dari sinar matahari dan kotoran.

    4. Ganti karet wiper secara berkala

    Karet wiper memiliki masa pakai sekitar 1-2 tahun. Jika karet wiper sudah mulai aus atau rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Adapun ada beberapa tanda-tanda bahwa karet wiper sudah harus diganti. Pertama, karet wiper sudah mulai tipis atau retak.

    Selain itu, karet wiper tidak dapat menyapu air dengan bersih dan meninggalkan goresan pada kaca mobil juga menjadi pertanda komponen tersebut sudah mulai soak.

    Penggantian karet wiper merupakan suatu keharusan, khususnya ketika musim penghujan tiba. Soalnya, wiper merupakan komponen penting yang dapat membantu menjaga visibilitas saat berkendara di musim hujan.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait