Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Upgrade RAM Laptop? Ini 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan

    Mau Upgrade RAM Laptop? Ini 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan

    RAM laptop berfungsi menyimpan data sementara pada aplikasi berjalan. Agar tetap maksimal, butuh upgrade RAM laptop.

    News.OLX – RAM laptop adalah komponen yang berguna untuk menyimpan data sementara saat aplikasi atau fitur tertentu sedang berjalan. Fungsi pentingnya adalah mendukung kinerja perangkat kamu agar dapat bekerja maksimal menjalankan beberapa aplikasi.

    Nah, agar tetap dapat berfungsi maksimal, kamu mungkin butuh upgrade RAM laptop. Namun, hal ini tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum meningkatkan kapasitas RAM laptop.

    Perhatikan Sistem Operasi

    RAM laptop punya tipe sistem operasi yang berbeda, yakni 32 atau 64 bit. Perbedaan keduanya adalah besaran kapasitas register yang dapat ditangani prosesor dalam setiap perhitungan. 

    Sebagai contoh, jenis 64 bit pada Windows 10 jika mendapatkan upgrade RAM laptop, dapat membaca hingga batas limit memori hingga 128 GB. Sedangkan pada jenis 32 bit, maka batasnya hanya 4 GB. 

    Jika kamu menambah komponen yang tidak terbaca sistem operasi, maka akan sangat percuma.

    ram laptop (1)

    Ketahui Tipe RAM

    Kemudian, ketahui tipe perangkat yang akan kamu gunakan. Sebagai contoh adalah SODIMM DDR3 8 GB 800 Mhz, yakni berarti memori dengan kapasitas 8 GB dengan kecepatan mencapai 800 MHz. SODIMM sendiri khusus untuk laptop, sedangkan DIMM untuk PC. Jangan sampai kamu tertukar. 

    Sesuaikan dengan Kebutuhan

    Dalam upgrade RAM laptop, kamu harus memperhatikan kebutuhan. Jangan tergoda mengganti komponen dengan kapasitas lebih besar begitu saja. Perhatikan apakah kamu memang benar-benar membutuhkannya.

    Sebagai contoh, kamu memiliki pekerjaan harian untuk menyunting video. Maka kamu butuh penyimpanan minimal 8 GB. Kapasitas tersebut sudah cukup untuk membantu pekerjaan kamu secara standar. Maka, pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan yang tepat guna.

    Masa Garansi Laptop 

    Terakhir, kamu harus mempertimbangkan soal masa garansi perangkat kamu. Ketika kamu mengganti memori tersebut kemungkinan opsi garansi kamu akan menjadi hangus. Mengapa begitu? Karena perangkat kamu sudah dibuka, sehingga label untuk opsi tersebut sudah tidak bisa kamu klaim. 

    Jika kamu masih ragu dan berpikir bagaimana sebaiknya kamu menambah kapasitas untuk perangkat, konsultasikan kepada ahlinya. Kamu tidak selalu harus mengganti komponen tersebut ketika butuh perbaikan kualitas perangkat untuk mendukung kerja. 

    Namun, jika memang kamu butuh penggantian RAM laptop, kamu bisa mendapatkan produk berkualitas di di OLX. Temukan produk untuk mendukung kinerja perangkat kamu di sana. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait