Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    ReviewMengenal Apa itu Inden serta Plus Minusnya

    Mengenal Apa itu Inden serta Plus Minusnya

    Mau beli mobil tapi disuruh inden sama sales-nya? Memang, apa sih inden itu?

    News.OLX – Inden atau dalam KBBI indentasi adalah konteks bisnis atau pembelian barang yang mengacu pada kegiatan memesan barang yang belum ada atau belum tersedia dalam stok. Inden biasanya sering ditemui saat kamu ingin membeli rumah atau kendaraan.

    Ketika kamu melakukan inden, sebenarnya sebagai pembeli kamu akan memesan barang tersebut kepada penjual, dan penjual akan mengusahakan untuk menyediakan barang tersebut sesuai pesanan.

    Sehingga, posisi inden ini kamu harus membayar barang yang belum menjadi kepemilikan terlebih dahulu dan kamu tidak dapat nikmati atau miliki secara langsung sehingga harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

    Namun, inden di zaman sekarang lebih banyak dinikmati oleh kalangan muda karena perusahaan biasanya akan menawarkan benefit yang lain sebagai ganti ruginya. Jika kamu masih bingung, berikut ini adalah penjelasan singkat kelebihan dan kekurangan dari inden:

    Kelebihan Inden

    1. Harga yang ditawarkan lebih murah

    Alasan mengapa proses inden masih diminati oleh masyarakat adalah harga yang ditawarkan oleh perusahaan jauh lebih murah dibandingkan dengan jika barang sudah ada di depan mata.

    Sehingga, kamu sebagai konsumen dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk berhemat atau berinvestasi juga untuk barang tersebut.

    2. Dapat memilih barang secara spesifik

    Dengan melakukan inden, kamu sebagai konsumen dapat memilih barang dengan spesifikasi tertentu sesuai keinginan, bahkan jika barang tersebut tidak tersedia secara langsung.

    3. Peluang mendapatkan penawaran khusus

    Biasanya, pada beberapa perusahaan akan menawarkan diskon atau penawaran tambahan kepada konsumen yang melakukan inden, sebagai insentif untuk meningkatkan penjualan dan memberikan rasa aman juga kepada pelanggan.

    4. Jaminan ketersediaan barang

    Dengan melakukan inden, kamu sebagai pelanggan dapat memastikan ketersediaan barang yang diinginkan di masa depan, terutama jika barang tersebut memiliki permintaan tinggi.

    Sehingga kamu akan mendapatkan kesempatan juga untuk menyesuaikan barang yang kamu inginkan karena perusahaan akan pasti memenuhi permintaan kamu terhadap barang tersebut.

    apa itu inden (1)

    Kekurangan inden

    1. Harus menunggu untuk kurun waktu yang lama

    Salah satu kekurangan terbesar dari proses inden ini adalah waktu penantian yang sangat lama. Proses pengadaan barang dan pengiriman dapat memakan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan, dan kamu sebagai pelanggan harus bersabar menunggu barang tiba.

    2. Risiko perubahan harga

    Jika kamu harus menunggu lama, otomatis akan mempengaruhi harga barang karena dapat berubah selama periode tersebut. Konsumen yang telah melakukan inden mungkin harus menghadapi kenaikan harga yang tidak terduga atau harga jual yang menurun.

    3. Ketidakpastian kualitas

    Pada beberapa kasus, pelanggan tidak dapat memeriksa langsung barang yang mereka inden, dan resiko terbesarnya adalah kualitas barang yang diterima bisa tidak sesuai dengan harapan.

    4. Ada kemungkinan gagal saat pengadaan

    Untuk kasus yang fatal, meskipun pelanggan telah melakukan inden, ada kemungkinan bahwa perusahaan tidak dapat memenuhi pesanan karena masalah persediaan atau kendala lainnya.

    Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum memutuskan untuk melakukan inden dalam pembelian barang yang kamu inginkan.

    Karena setiap pilihan pembayaran pasti kamu sebagai konsumen harus siap menerima resiko juga apalagi jika harus mengeluarkan waktu yang cukup lama dengan biaya yang tidak sedikit juga.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait