Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    MotorMengenal Chopper, Ternyata Berawal dari Harley Davidson

    Mengenal Chopper, Ternyata Berawal dari Harley Davidson

    Motor chopper telah hadir sejak zaman perang dunia kedua yang berlangsung 1938-1945.

    News.OLX – Chopper sebenarnya bukan gaya modifikasi baru. Model ini sudah ngetren saat era perang dunia kedua. Di Indonesia, aliran Chopper semakin dikenal luas kalangan ketika Presiden Jokowi menggunakan motor tersebut dalam beberapa kegiatannya.

    Motor dengan aliran chopper memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para bikers yang menyukai gaya yang berbeda.

    Lantaran motor ini lebih simple dan ringkas dibanding motor standar.

    Sudah ada sejak perang dunia kedua

    Mengungkap asal usulnya, motor chopper telah hadir sejak zaman Perang Dunia Kedua yang berlangsung 1938-1945.

    Pada tahun 1960, popularitasnya melesat ketika tentara Amerika Serikat memperkenalkan modifikasi dari Harley-Davidson yang kemudian dikenal sebagai motor chopper. 

    Gaya bodi yang ramping dan gagah tercipta melalui penghilangan beberapa bagian yang dianggap kurang esensial, sebagai upaya menyaingi motor Eropa yang lebih ramping dan ringan.

    Veroland Kustom Builder dari Kick Ass Chopper yang bermarkas di Mampang Jakarta Selatan, pernah mengatakan chopper adalah menyederhanakan motor dengan memotong beberapa bagiannya.

    “Seperti fender belakang yang tidak dipakai, sok menjadi rigid dan sebagainya,” kata Vero beberapa waktu silam.

    Trend modifikasi chopper pun menyebar luas, mencapai Eropa dan Asia pada dekade 1990-an, termasuk di Indonesia. 

    Maka tidak heran, sesuai dengan pendapat Veroland, motor chopper dapat dikenali melalui beberapa ciri khas yang mencolok. Setang kemudi yang menjulur ke depan menjadi identitas yang paling khas. 

    Selain itu penggunaan tangki bensin yang minimalis, jok berdesain single-seater, dan perbedaan ukuran ban belakang yang lebih besar menambahkan sentuhan klasik pada motor ini.

    chopper (1)

    Tips modifikasi chopper

    Bagi kamu yang tergoda untuk mencoba modifikasi chopper, persiapannya bukan perkara sepele. Dana yang memadai menjadi langkah awal yang tak bisa diabaikan. 

    Selanjutnya, pemilihan motor yang akan dimodifikasi perlu diperhatikan. Riset mendalam melalui situs atau forum otomotif akan memberikan wawasan tentang motor-motor yang cocok untuk dimodifikasi menjadi chopper. 

    Selain itu, pastikan juga kamu memilih bengkel terpercaya yang memiliki pengalaman dalam modifikasi chopper menjadi langkah berikutnya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA! Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu di OLX, download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait