Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Google Bard, Benarkah Lebih Canggih dari ChatGPT?

    Mengenal Google Bard, Benarkah Lebih Canggih dari ChatGPT?

    Google Bard vs ChatGPT, mana yang memimpin dalam persaingan kecerdasan buatan? Cari tahu perbedaan keduanya di sini dan mana yang lebih canggih?

    News.OLX – Dewasa ini, keberadaan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) makin terasa dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang telah terbuka untuk mengadopsi teknologi ini untuk berbagai keperluan, mulai dari tugas-tugas sederhana sampai yang bersifat kreatif. Salah satu chatbot dengan pengguna terbanyak adalah Google Bard.

    Google Bard, yang pertama kali rilis pada Februari 2023 sebagai proyek eksperimen, merupakan chatbot buatan Google. Yang membedakan Bard dari Google Search adalah kapasitasnya dalam menghasilkan respons natural, alih-alih sekadar potongan informasi atau daftar link.

    Sejak peluncurannya, Bard, yang kini telah berganti nama menjadi “Gemini”, digadang-gadang lebih mutakhir daripada ChatGPT. Apa iya?

    Sekilas tentang Google Bard, Chatbot Terobosan Google

    Google Bard mampu menarik informasi dari internet sebagai tanggapan terhadap permintaan pengguna.

    Dengan kata lain, chatbot ini dapat melakukan pencarian langsung ke internet untuk mendapatkan informasi dan menyajikannya kembali kepada pengguna dalam bentuk kalimat atau paragraf yang lebih lengkap.

    Kamu bisa menggunakan Bard untuk berbagai hal. Berikut adalah beberapa fitur utamanya:

    • Merangkum teks atau web page
    • Membandingkan dua atau lebih item
    • Menyarankan produk, layanan, atau aktivitas tertentu
    • Menjelaskan suatu konsep atau topik secara rinci
    • Menghasilkan ide-ide kreatif untuk brainstorming
    • Menulis dan memahami kode serta melakukan debugging
    • Menyusun atau merancang teks sesuai permintaan pengguna

    Namun, seiring dengan kelebihan fitur-fitur di atas, Google Bard masih rentan membuat kesalahan. Oleh karena itu, pengguna harus menyadari bahwa hasil dari chatbot ini tidak selalu benar dan perlu verifikasi lanjutan.

    Google Bard vs ChatGPT, Mana yang Lebih Canggih?

    Google Bard

    Nama “ChatGPT” pasti sudah tidak asing lagi di telinga. ChatGPT adalah model bahasa generatif yang dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan riset kecerdasan buatan yang didirikan pada Desember 2015. Model ini dapat menangani tugas-tugas berbasis teks layaknya melakukan percakapan atau chat.

    Pada akhir tahun 2023, OpenAI mengumumkan sejumlah fitur baru untuk ChatGPT. Contohnya, kemampuan membuat bot custom.

    Ada perbedaan mendasar antara ChatGPT dan Google Bard, yaitu ChatGPT tersedia baik dalam versi gratis maupun berbayar, sementara Bard bisa diakses secara cuma-cuma oleh siapa saja.

    Fitur-fitur tertentu yang membedakan ChatGPT dari Bard, seperti menganalisis PDF, merancang bot custom, dan menghasilkan gambar AI melalui DALL-E, hanya tersedia untuk pengguna yang subscribe ke versi berbayarnya (ChatGPT Plus).

    Sementara itu, update terkini Bard, rilis pada akhir 2023, menjanjikan hasil pemrosesan yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik daripada mesin GPT-4 yang berada di belakang ChatGPT Plus. Artinya, Google mengisyaratkan bahwa chatbot-nya lebih unggul daripada GPT-4 dalam hal kecepatan dan kualitas output.

    Di samping itu, Google telah mengintegrasikan Bard dengan semua aplikasinya yang lain. Jadi, koneksi dengan ekosistem Google secara keseluruhan menjadi poin plus lainnya yang patut disoroti.

    Namun, baik ChatGPT maupun Bard pada dasarnya sudah mencapai tingkat mutu tinggi dalam aspek menghasilkan teks dan kode. Keduanya dapat menganalisis gambar sebagai prompt, pun mengakses internet untuk memperoleh informasi terkini.

    Jadi, sulit untuk menilai mana yang lebih canggih. Meski begitu, di akhir 2024 ini, berbagai spekulasi terdengar bahwa kedua model ini akan berkembang ke arah yang berbeda.

    ChatGPT kemungkinan akan merambah lebih banyak aplikasi, website, dan layanan pihak ketiga. Bukan cuma itu, OpenAI juga akan terus mengintegrasikan fitur baru supaya tetap selangkah di depan dalam ranah AI.

    Di sisi lain, Google Bard akan bertumbuh melalui aplikasi-aplikasi Google. Personalisasi yang lebih baik akan menjadi fokus utamanya di tahun ini agar dapat bersinar sebagai chatbot nomor satu pada 2025.

    Tahun 2024 saatnya upgrade gadget kamu! Jangan lewatkan penawaran eksklusif di OLX! Supaya impianmu makin cepat jadi kenyataan, segera download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. (REK/Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait