Sabtu, Desember 2, 2023
Lainnya
    TipsMesin Mobil Kerap Mati Mendadak Saat Melintasi Rel Kereta, Apa Sebabnya?

    Mesin Mobil Kerap Mati Mendadak Saat Melintasi Rel Kereta, Apa Sebabnya?

    Ternyata ini penyebab mobil mati mendadak di rel kereta. Beberapa kasus yang Terjadi kemudian memicu kecelakaan lalu lintas di rel kereta api. 

    News.OLX – Penyebab mesin mobil mati di lintasan rel kereta seringkali dikaitkan dengan hal mistis. Padahal, sebenarnya ada alasan logis dan penelitian terkait mesin mobil yang mati di rel kereta. Hal ini dikarenakan tak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat hal ini yang turut memakan korban jiwa. 

    Ini Alasan mesin mobil kerap mati di lintasan rel kereta

    Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan mesin kendaraan kerap mati saat melintasi rel kereta api?

    Di lintasan rel kereta terdapat kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel ini memang tidak kompatibel dengan mesin mobil. Ketika kereta api akan melintas pada jarak 600 meter, kabel di rel akan menghasilkan emisi elektromagnetik. 

    Baca juga: 6 Kemungkinan Mobil Mogok Karena Tak Bisa Distarter Sampai Mesin Mati

    Arus listrik tersebut akan menghantarkan medan magnet yang tinggi dan mempengaruhi mesin mobil yang berada di dekatnya. Medan magnet ini lah yang akan membuat putaran mesin mobil tiba-tiba mati saat melintas di atas rel kereta api. 

    Secara logika, ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta kemudian bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas. Paparan emisi inilah yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati. 

    Dalam hal ini, Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi otak dari mobil menjadi berhenti bekerja. Akhirnya, mesin mobil mogok tidak bisa bergerak di perlintasan dan kecelakaan pun tidak bisa dihindari. 

    Baca juga: 4 Tips Mudah Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

    Pihak Kereta Api Indonesia (KAI) bahkan menyebutkan bahwa penyebab mobil macet di atas rel kereta api disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api bahkan dalam radius satu kilometer. 

    Itulah alasannya petugas menutup palang pintu bahkan ketika kereta belum terlihat sekalipun. Selain itu, disebutkan juga saat pengendara tidak memindahkan gigi mesin ke putaran lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil dapat mati akibat medan magnet dari lokomotif tersebut.

    Faktor psikis juga mempengaruhinya sebab dalam keadaan darurat saat melintasi jalur kereta api, pengemudi bisa merasa panik dan tidak dapat berpikir jernih. Terlebih jika pengemudi menggunakan mobil dengan transmisi manual. 

    Baca juga: Alasan Mobil Transmisi Otomatis Mogok Wajib Gendong Towing atau Derek

    Kondisi panik dan histeris dapat membuat perpindahan kopling serta gas menjadi tidak stabil. Sehingga, mesin mobil mati dan sulit dinyalakan saat melintasi rel.

    rel kereta 2

    Cara aman melintasi rel

    Selain informasi mengenai alasannya, berikut ini kami bagikan tips aman untuk melintasi rel kereta:

    1. Kurangi kecepatan saat mendekati perlintasan rel kereta api. Tidak perlu tergesa-gesa karena risiko melewati rel termasuk cukup tinggi, sehingga kamu perlu meningkatkan kewaspadaan. Lihat kiri kanan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kereta yang melintas saat kamu melewati rel. 
    2. Dahulukan kereta api yang akan melintas terlebih dahulu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 114 UU yang berbunyi:

    Baca juga: Ini Dia Komponen Mobil Penyebab Sulit Distarter dan Sering Mogok

    “Pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta api”.

    1. Jaga jarak dengan kendaraan di depan dan samping mu. Hal ini guna mengantisipasi keadaan darurat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. 
    2. Turunkan gigi mobil ke gigi 1 jika kamu menggunakan mobil manual dan melewati jalur perlintasan kereta api untuk mencegah mesin mobil mati saat berada di atas rel yang disebabkan oleh putaran mesin yang tidak stabil. 

    Baca juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter Berdasarkan 7 Penyebabnya

    Namun, jika kamu menggunakan mobil matic, lepaskan pegal gas dan biarkan mobil berjalan dan meluncur perlahan. 

    1. Jangan panik jika mobil kamu tiba-tiba mogok di tengah perlintasan kereta api. Segera cek panel instrumen untuk memastikan adanya masalah serta posisikan gigi transmisi di netral, tekan klakson, dan nyalakan ulang mesin. 

    Jadi, siapa yang sudah pernah merasakan kondisi ini? Semoga kedepannya tidak ada lagi yang merasakan hal serupa demi keamanan jantung para penumpang mobil. 

    Dapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia otomotif, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat hanya di OLX Member of ASTRA.

    Cari mobil bekas berkualitas incaranmu hanya di OLX dengan mengaksesnya lewat aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.  

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait