Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Mobil Listrik Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp40 Milyar

    5 Mobil Listrik Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp40 Milyar

    Keberadaan mobil listrik, saat ini sudah semakin populer. Banyak orang mulai membeli hingga beralih ke mobil listrik yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar ini.

    Mobil listrik sendiri bahkan digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan karena ramah lingkungan. Hal ini dibarengi dengan pesatnya perkembangan teknologi yang diaplikasikan pada dunia otomotif. Sehingga fitur-fitur yang disematkan mobil listrik biasanya lebih canggih dari mobil bermesin konvensional.

    Ada beberapa jenis mobil listrik yang saat ini beredar di pasaran. Mulai dari electric vehicle (EV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

    Saat ini sudah cukup banyak sekali mobil listrik yang dihadirkan oleh berbagai raksasa otomotif dunia, baik dari Asia, Eropa dan Amerika. Dari beberapa pabrikan otomotif dunia tersebut, mereka saling berlomba untuk memberikan produk mobil listrik terbaiknya.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Sampai saat ini harga dari mobil listrik masih lebih mahal dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional. Bahkan untuk mobil listrik tertentu, harganya dibanderol sangat mahal, bisa mencapai Rp40 milyar.

    Berikut 5 daftar mobil listrik termahal di dunia yang bisa Anda simak:

    Lotus Evija

    Lotus Evija
    Lotus Evija (Lotus)

    Lotus Evija merupakan mobil listrik yang mulai diperkenalkan sejak tahun 2019 oleh pabrikan otomotif Inggris bernama Lotus. Menariknya, mobil ini hanya dibuat 130 unit saja di seluruh dunia, tentu jumlah yang sangat sedikit.

    Sudah mulai diproduksi masal sejak Agustus 2020, bentuk dari mobil sangat khas dengan gaya mobil hypercar dari Eropa. Sebagai mobil listrik yang bisa dipastikan cukup langka karena hanya dibuat 130 unit saja di dunia tentu membuat harga mobil ini semakin melambung.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Lotus Evija dibekali dengan baterai lithium-ion dengan kapasitas 70kWh. Menggunakan baterai ini Evija dapat menempuh jarak hingga 400 Km. 

    Lotus Evija menggunakan motor listrik pada masing-masing rodanya dengan daya 375 kW. Total dari tenaga yang dihasilkan ini mencapai 1.500 kW (2.011 hp dan 1.704 Nm).

    Mobil listrik ini menggunakan roda magnesium dengan diameter 510 mm. Lotus mengklaim Evija dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik.

    Bahkan untuk dari 0 hingga 300 km/jam hanya dalam 9,1 detik. Mobil ini memiliki batas kecepatan hingga 349 km/jam. Paling menarik dari mobil ini adalah pengisian dayanya yang menggunakan ultra fast charging yang hanya butuh waktu 18 menit saja untuk sampai penuh.

    Kelebihan 

    • Memiliki desain hypercar yang sangat sporty dan bodi aerodinamis
    • Dibekali dengan berbagai fitur lengkap seperti yang dimiliki berbagai jenis mobil hypercar lainnya. Selain itu menggunakan material terbaik dalam pembuatan mobil ini.
    • Hanya dibuat 130 unit saja di dunia yang akan menjadikan mobil ini langka.
    • Tenaga yang besar dan akselerasi yang cepat karena memiliki empat motor listrik pada setiap rodanya.
    • Pengisian daya yang sangat cepat hanya butuh waktu 18 menit sampai penuh.

    Kekurangan

    • Memiliki harga yang sangat mahal.
    • Lotus Evija tidak legal untuk melaju di jalanan umum

    Harga

    Sebagai mobil listrik dengan desain hypercar serta hanya dibuat 130 unit saja, mobil ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Untuk memilikinya Anda harus menyiapkan dana hingga Rp40 milyar.

    Rimac Nevera

    Rimac Nevera
    Rimac Nevera (Wikipedia)

    Untuk mobil listrik termahal di dunia selanjutnya ada Rimac Nevera, mobil ini dibuat oleh pabrikan otomotif asal Kroasia bernama Rimac. Diperkenalkan sejak Agustus 2021, mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak 150 unit saja. Selain itu mobil ini sudah dijual sejak pertengahan tahun 2022.

    Orang pertama yang mendapatkan mobil listrik ini adalah Nico Rosberg yang merupakan juara dunia Formula 1 pada tahun 2016. Ia menerima pengiriman mobil nomor 1 dari 150 pada pada Agustus 2022 .

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Mobil listrik Rimac Nevera ini dibekali dengan motor listrik pada masing-masing rodanya. Jika digabungkan, motor ini dapat menghasilkan total 1.427 kW (1.914 hp) dan torsi 2.360 Nm. 

    Nevera diduga memiliki kemampuan berakselerasi dari 0–97 km/jam dalam waktu 1,85 detik. Pencapaiannya ini membuatnya menjadi mobil listrik tercepat di dunia. 

    Menurut Rimac Automobili, akselerasinya dari 0–161 km/jam dalam waktu 4,3 detik, 0–299 km/jam dalam waktu 9,3 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi 412 km/jam.

    Untuk baterainya mobil ini menggunakan 120 Kw baterai berjenis lithium. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dayanya hingga 80% hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Daya jelajahnya pun cukup jauh, yaitu mencapai 647 km dalam sekali pengisian daya.

    Kelebihan

    • Daya jelajah mobil listrik yang jauh hingga mencapai 600km lebih.
    • Memiliki desain layaknya hypercar yang sporty dan mewah.
    • Memiliki fitur paling mutakhir yang biasa disematkan pada mobil hypercar.
    • Hanya diproduksi 150 unit saja di dunia, menjadikannya mobil listrik yang langka.
    • Mendapat predikat mobil listrik tercepat di dunia.

    Kekurangan

    • Harga yang dibanderol untuk satu unit mobilnya sudah sangat mahal.
    • Karena sangat cepatnya akselerasi mobil perlu keahlian dalam mengemudi mobil ini sehingga tidak terjadi tabrakan.

    Harga

    Rimac Nevera, mobil listrik buatan Kroasia yang hanya dibuat 150 unit saja di seluruh dunia ini dibanderol dengan harga Rp38,9 milyar.

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Listrik? Simak Kelebihan dan kekurangannya!

    Hispano Suiza Carmen Boulogne

    Hispano Suiza Carmen Boulogne
    Hispano Suiza Carmen Boulogne (hispanosuizacars)

    Hispano-Suiza pabrikan otomotif yang berada di Barcelona, Spanyol memperkenalkan mobil listrik yang diberi nama Hispano-Suiza Carmen Boulogne pada tahun 2021. Mobil listrik ini dibuat sebagai tanggapan atas mobil listrik super cepat lainnya dari Lotus dan Rimac.

    Mobil hypercar yang menggunakan listrik ini dibuat secara spesial dan terbatas. Selain itu mobil ini dibangun pada rangka karbon yang dilapisi bodi aluminium. Hingga saat ini, Hispano-Suiza Carmen Boulogne baru diproduksi sebanyak 19 unit dari 2019 hingga 2021. 

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Seperti mobil listrik Lotus Evija maupun Rimac Nevera, Hispano Suiza Carmen Boulogne ini juga menggunakan motor listrik pada rodanya. Bedanya ia hanya menggunakan dua motor listrik saja.

    Motor listriknya ini memiliki daya 819,3 kW yang mampu menghasilkan tenaga 1.099 hp dan 1.114 ps. Mobil dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 2,7 detik, dan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 290 km/jam. 

    Baterai yang digunakan pada mobil listrik ini adalah baterai lithium-polymer 80 kWh 750V.

    Kelebihan

    • Mobil listrik ini sangat langka yang saat ini hanya ada 19 unit dan 5 unit dalam tahap perencanaan.
    • Akselerasi mobil yang sangat cepat.
    • Fitur yang mumpuni dan mewah seperti yang dimiliki mobil hypercar pada umumnya.

    Kekurangan

    • Harga mobil listrik yang sangat mahal.
    • Merek mobil Spanyol belum terlalu familiar di negara Asia

    Harga

    Hispano-Suiza Carmen Boulogne ini dijual dengan harga Rp30,8 milyar.

    Nio EP9

    Nio EP9
    Nio EP9 (Nio)

    Merupakan hypercar dengan tenaga listrik yang diproduksi di Nio, perusahaan otomotif asal China. Dibantu oleh tim Formula E, Nio EP9 memiliki tampilan layaknya mobil balap. 

    Sampai saat ini diketahui bahwa mobil ini telah diproduksi sebanyak 80 unit. Dari 6 unit yang dibuat ini awalnya dibeli oleh para investornya. 

    Selanjutnya untuk unit lain yang sudah selesai diproduksi ini belum terdengar kabar bahwa mobil ini sudah keluar dari China. Bahkan sampai saat ini mobil listrik Nio EP9 ini belum legal untuk melaju di jalanan umum.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Mobil listrik yang memiliki tampilan layaknya hypercar ini memiliki motor dan transmisi sendiri pada setiap rodanya. Setiap motornya dapat mengeluarkan tenaga 250 kW (335,25 hp).

    Total tenaga yang dihasilkan pun mampu mencapai 1 MW (1.341 hp; 1.360 PS). Nio EP9 memiliki sistem penggerak all-wheel drive, dan individual-wheel drive. Mobil ini memiliki sistem vektor torsi canggih yang dapat menyesuaikan output daya ke setiap roda.

    Baterai EP9 dapat bertahan hingga 427 km sebelum perlu diisi ulang. Pengisian ulang membutuhkan waktu 45 menit, dan penggantian baterai membutuhkan waktu 8 menit karena baterai harus dilepas saat diisi ulang.

    Konstruksi sasis mobil semuanya terbuat dari serat karbon, dan didasarkan pada peraturan Prototipe FIA ​​Le Mans. Eksteriornya juga terbuat dari bahan yang sama.

    Mobil ini dapat dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,7 detik, 200 km/jam dalam 7,1 detik, dan 300 km/jam dalam 15,9 detik. Selanjutnya mobil tersebut dapat mencapai kecepatan tertinggi 313 km/jam.

    Kelebihan

    • Nio EP9 memiliki tampilan layaknya hypercar mewah yang aerodinamis.
    • Akselerasi yang sangat cepat dengan ditunjang fitur canggih.
    • Pengisian baterai yang cepat dan praktis.

    Kekurangan

    • Belum legal untuk melaju di jalanan.
    • Harganya yang sangat mahal.
    • Belum ada mobil listriknya yang sudah terjual selain di negara China.

    Harga

    Sebagai mobil listrik yang bisa dibilang cukup eksklusif, Nio EP9 juga bisa dibilang langka. Karena keberadaan unitnya saat ini masih cukup terbatas. Namun untuk mendapatkan mobil listrik ini Anda harus mengeluarkan dana hingga Rp22 milyar.

    Baca juga: Dibanderol Rp 1,245 Miliar, Apa Saja Keunggulan Mobil Listrik Lexus UX300e

    Drako GTE

    Drako GTE
    Drako GTE (caranddriver)

    Sebuah pabrikan otomotif yang bermarkas di Silicon Valley Amerika, Drako Motors mengumumkan ke publik mengenai mobil listrik hasil buatannya pada tahun 2019. Satu tahun kemudian, mobil ini akhirnya diproduksi untuk dijual dan hanya dibuat 25 unit saja. 

    Dibandingkan dengan mobil listrik mahal lainnya, keberadaan Drako GTE ini sudah dipastikan adalah yang paling langka. Selain itu model dari mobil ini yang merupakan sedan empat pintu terasa menjadi mobil mewah yang siap menemani aktivitas menelusuri jalanan.

    Spesifikasi dan kapasitas baterai

    Seperti halnya mobil listrik termahal lainnya. Drako GTE memiliki motor listrik pada setiap rodanya. Masing-masing motor listrik ini memiliki daya 225 kW. \

    Total tenaga yang dihasilkan pun mencapai 1.200 hp, torsi maksimumnya adalah 8.800 Nm. Sedangkan kecepatan maksimumnya adalah 332 km/j.

    Untuk baterainya memiliki kapasitas hingga 90 kWh memungkinkan jangkauan hingga 402 kilometer dengan sekali pengisian daya.

    Kelebihan

    • Drako GTE merupakan mobil listrik yang paling langka karena hanya ada 25 unit saja.
    • Dibekali dengan fitur paling mutakhir yang dimiliki sportcar pada umumnya.
    • Daya jelajahnya yang jauh dalam satu kali pengisian daya.

    Kekurangan

    • Harganya yang sangat mahal

    Harga

    Untuk mendapatkan mobil listrik bernama Drako GTE Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp18 milyar.

    Itulah ulasan mengenai 5 mobil listrik termahal di dunia. Dari beberapa mobil tersebut, kebanyakan masih menjadi mobil khusus yang tidak legal untuk melaju di jalanan. Sehingga hanya dapat dipakai di lintasan balap saja.

    Nah, kalau soal membeli mobil bekas, jangan lupa untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait