Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMotor Sebaiknya Jangan Pakai Standar Samping Terlalu Lama, Ini Alasannya

    Motor Sebaiknya Jangan Pakai Standar Samping Terlalu Lama, Ini Alasannya

    Cek efek buruk memarkirkan motor dengan standar samping hingga tips parkir aman dengan standar tengah di sini!

    News.OLX – Salah satu kebiasaan parkir kebanyakan pemilik motor adalah menggunakan standar samping cukup sering dalam waktu yang lama. Meskipun ada standar tengah, namun tetap banyak yang menggunakan penopang samping ini karena lebih mudah dan cepat.

    Padahal, jika terlalu lama, akan ada efek buruk selalu pakai standar samping yang menanti.

    Efek Buruk Selalu Pakai Standar Samping bagi Motor

    Efek buruk selalu pakai standar samping yang pertama adalah bisa membuat motor yang kamu pakai lebih mudah jatuh saat terparkir.

    Terlebih jika memarkirkannya pada kontur jalan tidak merata. Akibatnya, kendaraan akan berubah sangat miring, sehingga akan mudah terjatuh ketika ada yang menyenggol kendaraan.

    Akhirnya, hal itu bukan sekadar merugikan motormu sendiri, tapi juga kendaraan lain di sekitar. Sebab, kendaraan-kendaraan itu akan tertimpa dan akhirnya bisa terjatuh ke samping.

    Efek negatif kedua adalah membuat posisi kendaraan lebih condong  ke bagian kiri dan tidak seimbang. Dengan begitu, akhirnya sisi kiri ban motor secara otomatis akan menjadi lebih cepat tergerus atau gundul.

    Karena hanya satu sisi ban yang menyentuh aspal lebih banyak, tekanan dalam ban pun akhirnya akan semakin berkurang.

    Efek negatif ketiga adalah suspensi pada motor akan lebih berat pada bagian kiri saja. Karena hal itu, komponen shock lebih mudah rusak dan lebih condong pada satu sisi saja.

    Terakhir, hal ini juga bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain ketika berkendara di jalan. Sebab, sangat banyak pengendara yang lupa menaikkan standar motornya setelah parkir. Ketika dibawa di jalan, hal ini akan membahayakan karena motor akan cenderung miring dan tidak stabil.

    Standar (1)

    Tips Parkir dengan Standar Tengah

    Melihat berbagai efek negatif di atas, sudah saatnya kamu beralih untuk melakukan parkir memakai bagian tengah tengah, sekali pun hanya memarkirkan kendaraan sementara saja.

    Namun, sayangnya beberapa orang, khususnya perempuan kerap merasa kesulitan saat haris memarkir dengan posisi ini. Sebab, prosesnya dianggap harus menggunakan tenaga kuat.

    Namun faktanya ternyata tidak demikian. Kamu masih bisa parkir tanpa tenaga besar, asalkan menggunakan teknik yang benar. Untuk memakai standar tengah, hal yang harus kamu andalkan hanyalah berat badan saja.

    Pertama, silakan letakkan motor di permukaan yang datar supaya kendaraan seimbang dan lebih ringan. Setelah itu, posisikan tubuhmu di sisi kiri kendaraan. Lalu, tangan kiri bertugas untuk memegang handle kiri. Pastikan jari siap pada tuas rem.

    Tangan kanan kamu harus bersiap pada behel jok belakang. Setelah itu, lepaskan standar samping, pastikan posisi kendaraan berdiri tegak, lalu luruskan roda bagian depan.

    Setelah itu, injaklah tuas tengah menggunakan kaki kananmu dan rasakan apabila kedua tuas bagian tengah telah berada di permukaan.

    Jika sudah, angkatlah kaki kiri perlahan ketika kaki kanan menginjak tuas tengah tadi. Hal ini bertujuan untuk menggunakan berat badan ketika menginjak tuas tengah tersebut.

    Manfaatkanlah tangan kiri untuk menarik handle kiri menuju belakang, lalu tangan kanan mendorong mempraktikan gerakan ke belakang.

    Apabila sudah berhasil, kamu dapat memposisikan motor sesuai arah yang dikehendaki. Namun pastikan tetap mengutamakan keamanan dengan memposisikan handle ke arah kiri dan kuncilah motor nya.

    Jika berhasil melakukan parkir dengan standar tengah, motor akan lebih stabil, membuat tempat parkir lebih efisien, serta memudahkan saat mengisi angin dan mengganti ban. Apabila informasi ini membantu, pastikan kamu cek juga info dan penawaran lain di OLX. Jangan lupa unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait