Jumat, Maret 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah, Cara Mengurus BPKB Hilang

    Mudah, Cara Mengurus BPKB Hilang

     Begini cara mengurus BPKB hilang.

    News.OLX – Cara mengurus BPKB hilang sekarang semakin gampang karena dari pihak aparat kepolisian dan pemerintah memberikan kemudahan untuk masyarakat agar yang bersangkutan dapat mengurus dengan tenang dan mengurangi rasa khawatir juga.

    Memang kehilangan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB merupakan kejadian yang membingungkan sekaligus membuat takut pemilik kendaraan karena dokumen ini adalah tanda pengenal yang sah dan penting bagi kendaraan.

    Untuk memudahkan kamu dalam menangani dokumen penting ini, berikut adalah tips dan trik cara mengurus BPKB yang hilang:

    Cara mengurus BPKB hilang

    1. Menyiapkan dokumen

    Cara mengurus BPKB hilang yang pertama adalah siapkan terlebih dahulu adalah dokumen pendukung untuk mengurus BPKB yang hilang. Berikut adalah ketentuan yang harus kamu siapkan :

    • Fotokopi identitas diri (KTP) atau yang dikuasakan beserta surat kuasa bagi yang menangani tidak sesuai dengan nama pemilik kendaraaan
    • STNK dan SIM pelapor atau pemilik kendaraan
    • Bukti atau kuitansi pembelian kendaraan asli apabila kendaraan belum balik nama.
    • Surat pernyataan kehilangan BPKB beserta materai dan tanda tangan pemilik kendaraan.
    • Surat keterangan kehilangan BPKB dari kepolisian terdekat.
    • BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari pihak kepolisian (BARESKIM).
    • Surat keterangan BPKB tidak dalam agunan kredit atau jaminan.
    • Surat bukti cek fisik kendaraan yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
    • Surat bukti telah melakukan pemasangan iklan kehilangan di 2 media massa.

    2. Mendatangi samsat terdekat

    Setelah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, cara mengurus BPKB hilang selanjutnya adalah mendatangi samsat yang terdekat dari tempat tinggal. Mintalah formulir permohonan kepada petugas samsat untuk dapat mengurus kehilangan BPKB.

    Setelah mengisi formulir permohonan, kamu dapat serahkan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan dan tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak samsat.

    3. Melakukan pembayaran

    Setelah pengurusan dokumen dan pengajuan permohonan selesai, pihak samsat akan mengarahkan langsung kepada pihak keuangan untuk membayar biaya pengurusan hilang BPKB.

    Menurut PP No. 76 Th. 2020 menyatakan bahwa biaya penerbitan ganti kepemilikan atau BPKB baru untuk kendaraan bermotor roda 2 dan 3 dikenakan biaya sebesar Rp. 225.000, sedangkan untuk roda 4 dikenakan biaya sebesar Rp. 375.000.

    cara mengurus bpkb hilang (1)

    Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus BPKB yang hilang

    Jika diakumulasikan secara keseluruhan, proses mengurus BPKB yang hilang memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 minggu.

    Lalu, saat pengurusan di samsat membutuhkan waktu sekitar satu bulan lebih. Hal itu dikarenakan pihak samsat harus mengecek validasi semua dokumen yang diajukan beserta mengurus berita acara agar kejadian BPKB hilang ini tidak disalahgunakan oleh pihak luar.

    Demikian bagaimana cara mengurus BPKB hilang. Memang membutuhkan waktu yang sangat lama, namun tenang saja pihak samsat memastikan data yang kamu ajukan tetap aman dan memastikan semuanya sah sesuai dengan peraturan yang berlaku

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait