Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliPahami Fungsi dan Pentingnya Dokumen Faktur Pembelian Motor

    Pahami Fungsi dan Pentingnya Dokumen Faktur Pembelian Motor

    Dalam proses pembelian motor baru dan bekas, pihak pembeli harus memastikan mendapatkan faktur pembelian. Berikut adalah fungsi dan peran penting dokumen faktur pembelian.

    News.OLX – Faktur pembelian motor adalah salah satu dokumen penting yang harus kamu jaga setelah membeli kendaraan. Lembaran kertas yang terlihat sederhana ini ternyata sangat penting dan memiliki banyak fungsi.

    Di dalamnya, kamu akan menemukan beberapa informasi penting, seperti nama pembeli, harga, toko, nomor rangka, nomor mesin, dan sebagainya. Oleh karena itu, penyedianya biasanya adalah pihak dealer atau penjual motor.

    Lalu, beberapa fungsi dan pentingnya dari faktur pembelian tersebut, di antaranya:

    1. Faktur Pembelian Menjadi Bukti Sah Kepemilikan Kendaraan

    Peranan penting dan fungsi pertama dari faktur ini adalah sebagai bukti sah bahwa motor tersebut merupakan milikmu. Sebab pihak yang mengeluarkannya hanyalah dealer atau penjual.

    Dengan begitu, saat mengurus STNK dan BPKB, prosesnya akan lebih mudah. Sebab sudah ada bukti bahwa motor tersebut dimiliki oleh si pemegang faktur.  

    2. Bukti Legalitas

    Fungsi ini berkaitan dengan poin sebelumnya, di mana bukti legalitas sebuah motor ditunjang oleh beberapa dokumen resmi. Di antaranya adalah STNK, BPKB, serta faktur pembelian ini.

    Jadi, sekali pun kamu membeli motor bekas, pastikanlah bahwa si pemilik memberikan faktur tersebut agar nanti proses pengurusan dokumen bisa diterima pihak berwenang.

    Begitu juga saat hendak menjual motor, pembeli biasanya akan meminta kamu menyerahkan faktur agar legalitasnya terjamin dan menghindari risiko membeli kendaraan curian.

    Oleh karena itu, setelah melakukan transaksi jual beli, simpanlah kertas ini dengan sebaik-baiknya.

    3. Persyaratan Kredit Kendaraan Bekas

    Di zaman sekarang sudah ada perusahaan multifinance atau pembiayaan yang mendukung proses kredit untuk transaksi kendaraan bekas.

    Jika kamu ingin menawarkan penjualan motor bekas secara kredit kepada perusahaan ini, maka pasti pihak perusahaan akan mewajibkan kamu untuk melampirkan faktur ini. Sebab, salah satu persyaratan untuk pengajuan kredit tersebut ialah faktur ini.

    Sebab faktur pembelian tersebut, berguna sebagai tolak ukur untuk kelayakan penerimaan permintaan kredit tersebut. Pihak kreditur pun dapat memastikan mengenai keamanan ketika melakukan transaksi.

    Jika persyaratan ini tidak kamu penuhi, maka proses pengajuan kredit tersebut bun bisa gagal dan tidak mendapatkan persetujuan dari perusahaan.

    4. Faktur Pembelian Mempermudah untuk Pembayaran Pajak

    Faktur Pembelian

    Meskipun bukan menjadi fungsi utama, tapi kehadiran faktur pembelian dapat membantumu untuk lebih mudah melakukan penghitungan pajak kendaraan. Ketika memperhitungkan pajak motor yang harus dibayar, kamu bisa mengecek faktur dan cek bagian harga jual atau beli motor.

    Dari data tersebut, kamu bisa segera melakukan kalkulasi lebih tepat, sehingga tidak perlu mencari informasi harga lain lagi.

    5. Mempermudah Pengajuan Pindah Alamat dan Mutasi Kendaraan

    Mutasi kendaraan cukup penting ketika kamu hendak berpindah domisili ataupun membeli motor bekas dari tempat lain. Saat mengurus proses ini, kamu harus melampirkan beberapa dokumen, termasuk faktur pembelian.

    Gunanya adalah untuk memastikan bahwa motor secara sah memang merupakan milikmu. Sebab, di dalamnya telah tercantum data pribadi dan motor pemilik. Ketika tidak bisa melampirkannya, maka pengajuan mutasi akan sulit disetujui oleh instansi terkait.

    Melihat pentingnya peran faktur pembelian tersebut, maka sudah sepantasnya kamu menjaga kertas ini dengan baik.

    Namun jika sudah terlanjur hilang, silakan urus kembali faktur baru melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) tepercaya. Sebelum datang ke sini, kamu harus menyiapkan STNK dan BPKB asli agar prosesnya dibantu. Mengurusnya pun harus mengeluarkan uang lagi, yaitu Rp300 ribu – Rp800 ribu.

    Cek informasi penting lainnya melalui OLX. Download aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait