Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    InformasiPenjelasan Mengenai Mobil JDM Artinya

    Penjelasan Mengenai Mobil JDM Artinya

    JDM artinya apa? Ini pengertian sebenarnya dan beberapa contoh mobil JDM.

    News.OLX – Kalau kamu penggemar otomotif, maka kamu pastinya tidak asing lagi dengan istilah JDM. Tapi, istilah ini seringkali mengundang kerancuan, dan tak sedikit orang yang sebenarnya kurang memahami JDM artinya apa.

    JDM menyulut kesan gambaran Nissan Skyline GT-R dan Toyota Supra yang melibas jalan-jalan di Tokyo. Sebagian orang mungkin membayangkan mobil-mobil yang dulu tenar di film Fast and Furious. Banyak pula yang mengira JDM artinya sembarang mobil pabrikan negeri Sakura.

    Namun, apa arti kata JDM sehubungan dengan otomotif?

    JDM Artinya Apa?

    JDM adalah singkatan dari Japanese Domestic Market. Jadi, JDM artinya mobil yang dipabrikasi khusus untuk diperdagangkan di Jepang, dan bukan untuk diekspor ke pasar mancanegara seperti Indonesia.

    JDM umumnya mengacu pada mobil, tetapi juga bisa berarti onderdil atau aksesori mobil yang khusus untuk pasar Jepang.

    Bentuk salah paham paling umum adalah bahwa JDM artinya semua kendaraan yang berasal dari Jepang. Faktanya, ini sama sekali tidak benar. JDM lebih spesifik bermakna kendaraan yang dikembangkan dengan tujuan untuk diedarkan di dalam Jepang, bukan di tempat lain.

    Banyak sekali mobil Jepang yang dipasarkan di Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Jadi, sekadar buatan Jepang tidak lantas menjadikan sebuah kendaraan sebagai JDM.

    Beberapa mobil Jepang yang biasanya disangka sebagai JDM malah dirakit oleh perusahaan mobil Jepang di pabrik yang tersebar di luar negeri, seperti di Indonesia. Nah, Toyota Avanza yang beredar di tanah air jelas bukan kendaraan JDM.

    JDM artinya (1)

    Contoh Mobil JDM, dari yang Mini sampai yang Mewah

    Mobil JDM yang sesungguhnya adalah mobil yang tidak pernah terjual di luar Jepang. Kebanyakan kendaraan JDM berupa mobil “Kei”.

    Kendaraan kecil dan ringan yang irit BBM ini sesuai dengan regulasi khusus seputar dimensi fisik, ukuran mesin, dan tenaga yang berlaku di Jepang, supaya pemiliknya sanggup membayar pajak dan asuransi.

    Di sejumlah daerah di Jepang, kepemilikan mobil Kei juga mengeliminasi keharusan bagi sang pemilik untuk menyediakan lahan parkir yang memadai. Misalnya, Honda N Box adalah contoh mobil JDM yang juga merupakan mobil Kei.

    Faktanya, hingga Desember 2023, Honda N Box tercatat sebagai mobil terlaris di Jepang, di mana lebih dari 2,5 juta unit telah terjual sejak awal peluncurannya. Namun, orang-orang non Jepang mungkin jarang mengetahui soal mobil ini.

    Ada juga contoh kendaraan JDM berukuran lebih besar yang tidak selaras dengan standar mobil Kei. Contohnya, Toyota Century adalah jenis kendaraan JDM yang berfungsi sebagai alternatif dari limusin premium seperti Mercedes Benz atau BMW.

    Meski S-Class atau 7-Series boleh jadi simbol kemewahan di sini, Toyota Century adalah representasi status sosial di negara asalnya.

    Sekarang kamu sudah tahu makna JDM. Ingat, JDM artinya mobil apa pun kendaraan buatan Jepang yang hanya beredar di Jepang, bukan barang ekspor. Kesimpulannya, kendaraan JDM sudah pasti buatan Jepang, tetapi mobil keluaran pabrik Jepang belum tentu JDM.

    Tapi, kamu juga bisa merombak mobil lokal agar tampil ala JDM, kok, asal menggunakan spare part yang tepat. Coba temukan onderdil orisinil di OLX. Download aplikasi OLX sekarang di Google Play Store atau App Store supaya kamu makin mudah menyeleksi iklan-iklan di OLX!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait